Program "EXPERIENTIAL LEARNING" Untuk Anak Sekolah

"Program DIKLAT Untuk Anak Sekolah Dengan Metode EXPERIENTIAL LEARNING".

Anak usia dini membutuhkan upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan fisik maupun psikis. Tujuannya adalah mempersiapkan anak untuk menghadapi hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Kuncinya terletak pada  materi pembelajaran yang berorentasi kepada kebutuhan anak–anak.

Salah satu metode yang paling efektif adalah dengan bermain dan melakukan kegiatan yang menarik. Pada saat bermain anak diajak untuk menemukan, memanfaatkan, dan mengambil kesimpulan mengenai benda dan lingkungan di sekitarnya. Sedangkan melakukan kegiatan yang menarik dapat membangkitkan minat dan bakat anak.

Kami memiliki program pendidikan dan pelatihan bertema "ternak untuk anak" dengan konsep Experiential Learning, yang dirancang dan dilaksanakan oleh para tokoh peternakan, para ahli dari Balai Penelitian Ternak dan para trainer berpengalaman. Tidak sekedar field trip, outbond, atau pelatihan, program ini menggabungkan antara kegiatan luar ruang, aneka permainan dan pendidikan yang intensif dan komprehensif.

 

Tujuan, Metode dan Manfaat Program

Tujuan dari program ini adalah membangun mental kepribadian, menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan melalui permainan, kegiatan dan pengalaman dengan aneka jenis hewan ternak. Survey membuktikan bahwa anak-anak yang dapat merawat hewan dan mencintai mahluk hidup lain, lebih mempunyai empati dan rasa tanggung jawab yang besar.

Pertama-tama, kepada para siswa-siswi akan diberikan pendidikan dasar pembentukan mental dan kepribadian. Dilanjutkan dengan pengetahuan umum mengenai berbagai jenis dan cara budidaya aneka jenis ternak seperti sapi, kambing, itik, ayam, dan kelinci.

Kedua, para siswa-siswi  akan diberikan pengalaman, melalui permainan yang menarik untuk membangun karakter positif. Kemudian diperkenalkan dengan  berbagai kegiatan yang dilakukan oleh peternak, dengan melihat, mendengar, mencoba, dan membuktikan secara langsung, agar bisa mengambil manfaatnya.

Diharapkan nantinya pada anak-anak ini akan tumbuh rasa kasih sayang, tanggung jawab dan empati yang sangat mereka butuhkan saat mereka dewasa. Karena dimasa depan, merekalah yang akan menjadi seorang pemimpin, yang tidak hanya mengandalkan logika, melainkan juga dengan kebaikan hati dan perasaan yang telah ditanamkan sejak usia kanak-kanak. Tentunya hal itu menjadi harapan para pendidik dan orang tua.

 

Target Peserta

  • Siswa-siswi Sekolah Dasar (minimal kelas 3)
  • Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama
  • Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas

 

Materi Program

Program yang kami buat materinya disesuaikan dengan tingkat pendidikan siswa, terdiri dari:

  • Aneka Permainan Edukatif  yang menarik.
  • Sejarah dan Manfaat Hewan Ternak.
  • Hewan Ternak Dan Pengembangan Kepribadian.
  • Pengenalan Jenis-jenis Kegiatan Pada Sebuah Peternakan. 
  • Pentingnya Penelitian dan Pengembangan Hewan Ternak.
  • Bermain dan Belajar Bersama Aneka Jenis Ternak Kambing, Itik, Ayam dan Kelinci Di Demplot (Untuk Siswa Sekolah Dasar).
  • Pengenalan Aneka Jenis Ternak di Demplot, dan Berkunjung Ke Kandang Ternak Sapi dan Kambing + Peragaan Kegiatan Peternakan Tingkat Pemula (Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama).
  • Pengenalan Aneka Jenis Ternak di Demplot, dan Berkunjung Ke Kandang Ternak Sapi dan Kambing + Peragaan Kegiatan Peternakan Tingkat Mahir (Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas).


Durasi Waktu, Hari  dan Tempat Pelaksanaan Program

Durasi : +/- 9 Jam (08.00 - 17.00)
Hari :

Senin/ Selasa/ Rabu/ Kamis/ Jum'at (sesuai permohonan)

Tempat :

Balai Penelitian Ternak, Jl. Veteran III, Ciawi, Bogor

 

Biaya Pelatihan

Siswa Sekolah Dasar : Rp250.000,- / orang
Siswa Sekolah Menengah Pertama : Rp260.000,- / orang
Siswa Sekolah Menengah Atas : Rp270.000,- / orang

 

Catatan :

  • Minimal jumlah peserta adalah 50 orang (gratis 1 cup susu pasteurisasi untuk setiap peserta)
  • Biaya sudah termasuk ruang pendidikan dan perlengkapan.
  • Biaya belum termasuk konsumsi dan transportasi peserta pelatihan.
  • Biaya belum termasuk biaya pajak (apabila dibutuhkan).
  • Biaya belum termasuk materi customized yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta (apabila dibutuhkan)
  • Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui telpon/Whatsapp Messenger: 087839370699 (Sony) atau 0811112227 (Abrianto)