Tentang Kami

Portal Informasi Seputar Sapi dan Kerbau: Dunia Sapi

Mengapa membahas sapi ?

"Satu pertanyaan yang sederhana namun memiliki jawaban yang sulit dipahami. Sapi memang tergolong hewan yang mendunia. Hampir tidak ada manusia di dunia yang tidak mengenal sapi. Namun demikian, terdapat banyak pandangan mengenai hewan ini."

Sebagian orang memandang sapi "hanyalah" salah satu jenis hewan, yang keberadaannya hanya untuk untuk dipelihara, disembelih dan kemudian dimakan. Sebagian lagi menganggap sapi "bukan hanya hewan", tetapi mahluk hidup yang menjadi bagian dari kehidupan manusia, yang memiliki perasaan dan pikiran.

Bahkan bagi umat Hindu, sapi dianggap sebagai anugerah yang sangat berharga dan penyangga alam yang memberikan kehidupan kepada manusia, karena  sapi menyediakan bagi mereka makanan dan minuman dari daging dan susu, serta pakaian dan tempat berteduh dari kulitnya. Oleh karena itu, sapi harus disucikan, dihormati, dan dilimpahi kasih sayang, karena umat Hindu menganggap diri mereka memiliki hutang budi pada sapi.

Disamping segudang manfaat yang diperoleh guna mempermudah kehidupan, sapi ternyata juga tergolong hewan yang "menyulitkan"manusia. Berbagai kalangan pernah dipusingkan gara-gara sapi, mulai dari rakyat kecil yang teriak karena harga daging sapi tidak terjangkau, peternak yang merasa dirugikan oleh masuknya daging dan sapi impor, pejabat negara sekelas presiden yang harus turun gunung mengurus tata niaganya, bahkan ada yang menjadi penghuni "Hotel Prodeo" karena bermain-main dengan sapi.

Luar biasa bukan ?. Itu sebabnya "sapi" adalah topik menarik untuk dibicarakan.