Sapi Ayrshire

Sapi Ayrshire
03 Jul
2016

"Meskipun termasuk jenis ternak sapi yang dapat menghasilkan susu, sapi perah ras Ayrshire ternyata lebih menguntungkan bila menjadi sapi potong."

Dalam dunia peternakan, ada dua jenis sapi yang diternakkan, yaitu sapi perah dan sapi potong. Tidak hanya itu, sapi perah sendiri juga terdiri dari beragam ras, baik ras murni maupun ras peranakan (yaitu ras yang tercipta oleh perkawinan silang antar dua ras murni sebelumnya). Salah satu ras ternak sapi yang dapat menghasilkan susu adalah Sapi Perah Ayrshire.

Apa itu ternak sapi perah ras Ayrshire? Jika melihat foto sapi tersebut, Anda bisa melihat bahwa sapi ras ini berkulit putih pucat, namun dengan campuran warna dan bercak-bercak coklat (kadang juga coklat kemerahan atau amber) pada bagian kepala, leher, dan sebagian tubuhnya. Kadang ada juga sapi perah yang bercak-bercak merahnya cenderung lebih gelap, bahkan sampai hitam. Pada gambar sapi itu, Anda juga bisa melihat bahwa bagian ujung ekornya menyerupai surai kuda.

Bagaimana cara membedakan sapi perah ras Ayrshire dengan sapi jenis Freisian Holstein? Ukuran bercak-bercak pada tubuh sapi Ayrshire lebih kecil. Sapi yang mulai diimpor dari Skotlandia dan mulai dikembangbiakkan sejak tahun 1882 ini juga termasuk sapi yang dianggap paling ideal dan proporsional secara fisik daripada ras-ras sapi perah lainnya.

Lihat saja punggung mereka yang lurus dan tanduk mereka yang melengkung ke atas dan terarah ke luar. Leher mereka juga lebih pendek dan kulit mereka pun lebih tebal, mungkin juga mengingat asal mereka dari Skotlandia yang pastinya lebih dingin, terutama di daerah dataran tinggi atau high lands.

Mengapa mengembakbiakkan ternak sapi perah ras Ayrshire butuh kesabaran? Sapi jenis ini termasuk aktif dan mudah gelisah, sehingga cenderung sulit dijinakkan. Jadi, jangan harap sapi ini akan betah berdiam terlalu lama di dalam kandang.

Peternak harus sering-sering menggembalakan ternak sapi yang satu ini. Enaknya, karena sapi ini terbiasa hidup di dataran tinggi berumput, staminanya baik bila diajak merumput. Cuma jangan sampai lepas, karena akan susah menangkap dan mengumpulkan sapi-sapi ini kembali. Maklum, namanya juga sapi yang aktif.

Meskipun termasuk sapi yang dapat menghasilkan susu, sapi perah ras Ayrshire ternyata lebih menguntungkan bila menjadi sapi potong. Mengapa demikian? Ternyata karena kualitas daging sapi ini dapat dijadikan vealers, terutama karena warna dagingnya yang lebih merah menggiurkan daripada daging sapi Jersey dan Guernsey. Selain itu, kualitas produksi susunya ternyata masih di bawah kualitas produksi susu dari sapi perah Brown Swiss.

Berhubung ternak sapi perah ras Ayrshire termasuk sapi yang lebih senang bergerak dan merumput daripada diam di kandang, berat badan sapi jantan mencapai sekitar 800 kilogram hingga 1150 kilogram. Berat sapi betina sekitar 625 kilogram, sementara anak sapi jenis ini beratnya sekitar 35 kilogram hingga 45 kilogram saat baru lahir.

Mengembangbiakkan sapi perah ras Ayrshire membutuhkan stamina yang juga kuat, terutama mengingat mereka susah sekali diam dan sulit untuk dijinakkan. Jangan sampai mereka lepas dari pengawasan saat menggembalakan mereka agar tidak kerepotan.

Selanjutnya di kategori ini: « Sapi Perah Hissar Sapi Hereford »

Program Pendidikan & Pelatihan

Semua Tentang Sapi

  • Penyakit "TRYPANOSOMIASIS" Penyakit "TRYPANOSOMIASIS"
    "Cukup banyak masyarakat di Indonesia yang beternak sapi, tetapi belum banyak yang benar-benar menjadikannya sebagai suatu peluang bisnis."

ANEKA OLAHAN DAGING SAPI

Bursa Produk Peternakan