Ir. Pius P. Ketaren, M.Sgr.Sc, PhD.

Ir. Pius P. Ketaren, M.Sgr.Sc, PhD.
15 Jun
2017

"Ahli Ternak Ayam"

Sebelum diangkat sebagai Peneliti di Balai Penelitian Ternak pada tahun 1977, yang bersangkutan bekerja sebagai pegawai Kartika Poultry Farm di Ciawi pada tahun 1970-1973, sebagai pegawai P.T Hidon Poultry Breeding Farm di Bogor dari tahun 1974-1977. Jabatan yang pernah diembannya antara lain adalah:

  • Kepala Sub Balai Penelitian Ternak Sei Putih dari tahun 1984-1987.
  • Pemimpin Proyek Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan pada tahun 1991-1992.
  • Koordinator Penelitian di Balai Penelitian Ternak pada tahun 1998-1999.
  • Koordinator Pembinaan Sumber Daya Manusia dan IPTEK di Balai Penelitian Ternak pada tahun 2001-2002.
  • Koordinator Penelitian di Balai Penelitian Ternak pada tahun 2006-2007.
  • Ketua Komisi Penelitian di Balai Penelitian Ternak pada tahun 2006-2007.
  • Anggota Komisi Penelitian di Balai Penelitian Ternak pada tahun 2010.

Disamping tugasnya sebagai peneliti, yang bersangkutan juga aktif membimbing mahasiswa S1, S2, dan S3 di Institut Pertanian Bogor, Universitas Pajajaran Bandung, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Juanda, Ciawi, Bogor, dan Universitas Bung Karno Jakarta. Memberikan pelatihan nutrisi ternak pada peternak, penyuluh, pegawai dinas lingkup departemen Pertanian, dan pegawai swasta sejak tahun 2004 sampai sekarang. Melakukan kerjasama penelitian peternakan dengan lembaga negara dan swasta di dalam dan di luar negeri.

Sebagai peneliti, yang bersangkutan aktif mempublikasikan karya ilmiah dari hasil penelitiannya lebih dari 100 makalah dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai penulis tunggal, utama, dan co-author dalam jurnal ilmiah, majalah, surat kabar, dan prosiding di dalam dan di luar negeri. Aktif menghadiri pertemuan ilmiah yang diselenggarakan di dalam negeri dan di luar negeri.

 

PENDIDIKAN

1. Philosophy Doctor (PhD), Department of Biochemistry and Nutrition, Queensland University, University of New England, Armidale, Australia. Thesis: Requirements and Availability of Phosphorus for Growing Pigs. 
2.  Master of Agriculture Science (M. Agr. Sci), Department of Agriculture, University of Queensland, St. Lucia, Brisbane, Queensland, Australia. Thesis: A study of Cassava Root Meal as an ingredient in Poultry Rations with ParticularReference to its Cyanogenic Glucosides.
3.  Sarjana Peternakan (Ir. 1974), Fakultas Peternakan (Ir), Institut Pertanian Bogor, Indonesia. Thesis: Pengaruh Tingkat Enersi Ransum terhadap Jumlah Konsumsi dan Pertumbuhan Ayam Petelur.

 

PENGALAMAN KERJA

1. 1970-1974 : Manajer Kartika Poultry Farm, Ciawi, Bogor.
2. 1975-1978 : Manajer Produksi, Pembibitan Ayam HyLine, PT. Hyline Indonesia (Hidon), Sukamahi, Ciawi, Bogor.
3. 1978-2012 : Peneliti Nutrisi Unggas, Balai Penelitian Ternak, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian, Jakarta, Indonesia.
4. 1993-1997 : Konsultan Nutrisi, Perusahaan Pembibitan, Produksi Telur dan Daging  (PT. Hyline Indonesia-Hidon). Jakarta, Indonesia.
5. 1997-1998 : Konsultan Nutrisi, Peternakan Burung Unta, Gunung Sindur, Bogor, Indonesia.
6. 1998-2008 : Konsultan Nutrisi, Pengembangan Ubi Jalar dan Babi, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua-Kerjasama Balitnak dengan ACIAR, Australia.
7. 2000-2011 : Pengajar pada Pelatihan Nutrisi Itik di Balai Penelitian Ternak, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor, Indonesia.
8. 2008-2012 : Penanggung Jawab Pengembangan Peternakan di Desa Juhut, Pandeglang, Banten, Indonesia. 
9. 2013-2014 : Konsultan USAID, Proyek Penelitian Peternakan Unggas di Indonesia.
10. 2014-sekarang : Konsultan Penelitian dan Pengembangan Karya Pendidikan Konggregasi Suster FMM, Indonesia.


PENGHARGAAN

1. 2009 : Penulis Terbaik, Jurnal Ilmu dan Ternak dan Veteriner, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta, Indonesia.
2. 2011 : Penghargaan Ketahanan Pangan Indonesia, Kementerian Pertanian, Jakarta, Indonesia.



Tokoh & Berita

Semua Tentang Sapi

  • Perlakuan Pada Sapi Perah Jantan Sebagai Penghasil Daging Perlakuan Pada Sapi Perah Jantan Sebagai Penghasil Daging
    "Sapi perah jantan yang kurang berkualitas sebagai pemacek umumnya dimanfaatkan sebagai penghasil daging."
  • Jenis Sapi Limosin Jenis Sapi Limosin
    "Sapi Limosin adalah sapi yang banyak dikembangkan di kawasan Australia. Bentuknya yang besar, panjang, dan berdaging membuat sapi ini digandrungi para peternak dunia. Di Indonesia sendiri, sapi limosin banyak diternakkan di berbagai daerah untuk mencukupi kebutuhan daging dalam negeri yang terus meningkat setiap tahunnya. Untuk informasi lengkap tentang cara ternak…
  • Alat Pengawet Susu Dengan Metode Kejut Listrik Alat Pengawet Susu Dengan Metode Kejut Listrik
    Pertama dan satu-satunya di Indonesia

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

ANEKA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN

IMG 3165

KLIK DISINI

 

 

KOMUNITAS PETERNAK

PPSKI Meminta Kepada Presiden Yang Nanti Terpilih Untuk Membela Peternak Dalam Negeri

jokowi 1

Baca Selengkapnya...

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI