Program Tol Laut Jokowi Mempermudah Pengiriman Sapi

Armadanya Didesain Khusus Untuk Mengurangi Kerugian Akibat Stress Pada Saat Pengiriman.

Seperti dikutip dari pidato Presiden Jokowi, 5 April 2016 "Tol Laut untuk apa? Sekali lagi ini mobilitas manusia, mobilitas barang. Harga transportasi yang lebih murah, biaya logistik yang lebih murah, dan akhirnya kita harapkan harga-harga akan turun”.

Para pengusaha sapi di Kabupaten Kupang salut terhadap program tersebut karena dapat merubah pola pengiriman sapi dari Kabupaten Kupang ke DKI Jakarta dan Kalimantan yang selama ini menggunakan sistem kargo.

Dengan sistem kargo, sapi saling berhimpitan didalam kapal. Resikonya, mulai dari penurunan berat (susut) akibat stres, patah kaki, bahkan kematian.

Berbeda dengan program tol laut yang mulai dioperasikan sejak November 2015, menggunakan armada satu kapal ternak dan lima kapal ternak lainnya di September 2018 dengan desain khusus untuk memberi kenyamanan pada sapi, karena leluasa bergerak didalam kapal.

Administrasi pengiriman juga lebih tertib, dengan menggunakan rekomendasi dari Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, kemudian dibawa ke provinsi, lalu ke Kantor Satu Atap untuk ambil sampel darah, baru masukan ke karantina.

Namun, ada masalah baru yang harus dihadapi. Selama ini berat sapi yang diminta dari daerah tujuan berkisar antara 150-200 kilogram, hal ini akan memberatkan daerah. Jika ini terus dilakukan maka populasi akan berkurang.

Sumber: tribunnews.com

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

  • Cara Memilih Lahan untuk Membuka Usaha Peternakan Sapi di Indonesia Cara Memilih Lahan untuk Membuka Usaha Peternakan Sapi di Indonesia
    Pemilihan lahan atau kawasan peternakan yang tepat bisa mengoptimalkan pemeliharaan dan mempermudah berbagai akses yang berkaitan dengan penyediaan pangan dan distribusi penjualan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih lahan atau kawasan terbaik bagi usaha penggemukan sapi atau peternakan sapi di Indonesia.
    Read more...
  • Pentingnya Sanitasi Kandang Untuk Mencegah Sapi Terinfeksi Penyakit Ngorok Pentingnya Sanitasi Kandang Untuk Mencegah Sapi Terinfeksi Penyakit Ngorok
    Penyakit ngorok pada sapi tergolong berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Pada dasarnya ada banyak jenis penyakit yang dapat menjangkit hewan ternak. Jika Anda menggeluti dunia peternakan, tentu istilah penyakit ngorok sama sekali tidak asing di telinga Anda. Penyakit yang satu ini kerap menyerang hewan seperti ternak sapi, kerbau, babi, domba, kambing, dan bahkan kuda (kendati tidak sesering pada sapi).
    Read more...

Produk

  • Mengenal Alergi Susu Sapi pada Bayi Mengenal Alergi Susu Sapi pada Bayi
    Dalam beberapa kondisi atau situasi, seringkali bayi disarankan untuk mengkonsumsi susu formula yang terbuat dari susu sapi. Nah, ada beberapa bayi yang mungkin menunjukkan reaksi penolakan dari tubuhnya terhadap susu sapi. Banyak orang kemudian menyebut bayi tersebut alergi susu sapi. Ternyata, penolakan tubuh terhadap susu sapi bisa berupa alergi dan…
    Read more...
  • Cantik Alami dan Awet Muda Berkat Susu Sapi Cantik Alami dan Awet Muda Berkat Susu Sapi
    Ternyata susu sapi murni tak hanya bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, susu sapi murni juga bisa digunakan oleh para wanita agar cantik alami dan awet muda. Sejak jaman dahulu, susu sapi murni dipercaya sangat ampuh untuk mendapatkan penampilan cantik alami dan awet muda, utamanya dalam hal kelembutan dan kelembapan…
    Read more...

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh