Program Tol Laut Jokowi Mempermudah Pengiriman Sapi

Program Tol Laut Jokowi Mempermudah Pengiriman Sapi
04 Feb
2019

Armadanya Didesain Khusus Untuk Mengurangi Kerugian Akibat Stress Pada Saat Pengiriman.

Seperti dikutip dari pidato Presiden Jokowi, 5 April 2016 "Tol Laut untuk apa? Sekali lagi ini mobilitas manusia, mobilitas barang. Harga transportasi yang lebih murah, biaya logistik yang lebih murah, dan akhirnya kita harapkan harga-harga akan turun”.

Para pengusaha sapi di Kabupaten Kupang salut terhadap program tersebut karena dapat merubah pola pengiriman sapi dari Kabupaten Kupang ke DKI Jakarta dan Kalimantan yang selama ini menggunakan sistem kargo.

Dengan sistem kargo, sapi saling berhimpitan didalam kapal. Resikonya, mulai dari penurunan berat (susut) akibat stres, patah kaki, bahkan kematian.

Berbeda dengan program tol laut yang mulai dioperasikan sejak November 2015, menggunakan armada satu kapal ternak dan lima kapal ternak lainnya di September 2018 dengan desain khusus untuk memberi kenyamanan pada sapi, karena leluasa bergerak didalam kapal.

Administrasi pengiriman juga lebih tertib, dengan menggunakan rekomendasi dari Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, kemudian dibawa ke provinsi, lalu ke Kantor Satu Atap untuk ambil sampel darah, baru masukan ke karantina.

Namun, ada masalah baru yang harus dihadapi. Selama ini berat sapi yang diminta dari daerah tujuan berkisar antara 150-200 kilogram, hal ini akan memberatkan daerah. Jika ini terus dilakukan maka populasi akan berkurang.

Sumber: tribunnews.com

Di tag dibawah

Artikel terkait

Semua Tentang Sapi

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Info lengkap klik DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.  Simak Perjuangan Komunitas Peternak tertua di Indonesia ini.
 

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI