Program Tol Laut Jokowi Mempermudah Pengiriman Sapi

Armadanya Didesain Khusus Untuk Mengurangi Kerugian Akibat Stress Pada Saat Pengiriman.

Seperti dikutip dari pidato Presiden Jokowi, 5 April 2016 "Tol Laut untuk apa? Sekali lagi ini mobilitas manusia, mobilitas barang. Harga transportasi yang lebih murah, biaya logistik yang lebih murah, dan akhirnya kita harapkan harga-harga akan turun”.

Para pengusaha sapi di Kabupaten Kupang salut terhadap program tersebut karena dapat merubah pola pengiriman sapi dari Kabupaten Kupang ke DKI Jakarta dan Kalimantan yang selama ini menggunakan sistem kargo.

Dengan sistem kargo, sapi saling berhimpitan didalam kapal. Resikonya, mulai dari penurunan berat (susut) akibat stres, patah kaki, bahkan kematian.

Berbeda dengan program tol laut yang mulai dioperasikan sejak November 2015, menggunakan armada satu kapal ternak dan lima kapal ternak lainnya di September 2018 dengan desain khusus untuk memberi kenyamanan pada sapi, karena leluasa bergerak didalam kapal.

Administrasi pengiriman juga lebih tertib, dengan menggunakan rekomendasi dari Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, kemudian dibawa ke provinsi, lalu ke Kantor Satu Atap untuk ambil sampel darah, baru masukan ke karantina.

Namun, ada masalah baru yang harus dihadapi. Selama ini berat sapi yang diminta dari daerah tujuan berkisar antara 150-200 kilogram, hal ini akan memberatkan daerah. Jika ini terus dilakukan maka populasi akan berkurang.

Sumber: tribunnews.com

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Ukuran dan Kapasitas Ideal Kandang Sapi Potong Ukuran dan Kapasitas Ideal Kandang Sapi Potong
    "Artikel kali ini akan membahas tentang model kandang sapi potong yang ideal bagi peternak sapi potong. Topik tentang perkandangan sapi potong selalu menarik untuk dibahas, karena sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha peternakan Anda."
    Read more...
  • Sapi Sumba Ongole Sapi Sumba Ongole
    "Indonesia memiliki beberapa jenis sapi lokal yang biasa dimanfaatkan sebagai sapi potong ataupun sapi pekerja. Salah satu jenisnya yang populer adalah sapi Sumba Ongole (SO). Sapi yang termasuk jenis zebu atau berpunuk ini banyak dikembangbiakkan oleh usaha peternakan sapi di pulau Sumba, Nusa Tenggara Barat. Oleh karena itu, jenis sapi Ongole ini lebih dikenal dengan sebutan sapi Sumba Ongole."
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

  • Sapi Hereford Sapi Hereford
    Jenis ternak sapi subtropis yang berasal dari daratan Eropa ini sejatinya adalah sapi potong keturunan bos Taurus yang dikembangbiakkan di daerah Hereford, dekat Lembah Severn River, Wales, Inggris Raya.
    Read more...

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...