idarzh-CNenhi

Harga Satu Ton Jerami Padi Untuk Pakan Sapi di Lampung Selatan, Berkisar Antara Rp750.000 Hingga Rp.1.000.000

Jerami padi adalah jenis limbah pertanian yang umumnya dibakar pada saat petani ingin membersihkan lahannya. Padahal, jerami padi masih mempunyai harga atau nilai ekonomi, karena dibutuhkan oleh peternak dan usaha penggemukan sapi. Permintaan akan limbah pertanian ini akan meningkat saat musim kemarau.

Suryono, seorang warga asal Kecamatan Sidomulyo, Lampung, mencoba memanfaatkan peluang tersebut. Bersama dengan lima orang peternak sapi, ia memanfaatkan limbah pertanian tersebut menjadi sumber penghasilan. Para petani juga diuntungkan karena merasa terbantu ketika ingin membersihkan lahannya.

Hebatnya, wilayah perburuan jerami padi mulai dari Lampung Selatan hingga Lampung Timur. Karena yang disasar adalah wilayah-wilayah yang masih menggunakan cara gepyok untuk merontokkan padi. Cara lama ini menghasilkan jerami yang masih utuh, sehingga mudah untuk didistribusikan kepada para pemesan. Beda dengan model panen menggunakan mesin (combine harvester), yang menghancurkan jerami.

Jerami padi ini akan dibeli oleh para pemilik usaha peternakan sapi (feedlot) dengan harga Rp750.000 hingga Rp1.000.000. Cukup menguntungkan, mengingat jerami padi dari areal persawahan bisa diperoleh secara gratis. Para pencari jerami hanya menyediakan modal tenaga dan kendaraan untuk mengangkut jerami ke lokasi pemesan.

 

Sumber: www.cendananews.com

Semua Tentang Sapi