idarzh-CNenhi

Memelihara Budaya dengan Festival Gerobak Sapi

Gerobak sapi adalah salah satu alat transportasi masyarakat Indonesia khususnya Jawa yang menjadi budaya. Untuk melestarikannya, Dinas Pariwisata Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan Festival Gerobak Sapi.

Kegiatan budaya ini umumnya dilakukan di luar daerah Jogja, namun diluar kebiasaan diadakan di kota, yaitu di kompleks Candi Banyunibo, Minggu (29/9/2019). Event ini juga berbarengan dengan gelar potensi desa budaya Kabupaten Sleman. Demikian yang dikatakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho.

Hebatnya lagi, event ini mendapat dukungan dari dana keistimewaan atau danais DIY 2019. Umar Priyono selaku staff ahli gubernur yang datang mewakili gubernur DIY mengatakan bahwa festival  budaya seperti ini harus dipelihara dan sering diadakan. Menurutnya kegiatan ini selain dapat memelihara budaya namun juga mencegah identitas budaya hilang.

Ratusan gerobak sapi dan para bajingan (istilah bahasa Jawa untuk menyebut pengendara gerobak sapi) tampak terlihat memenuhi area Candi Banyunibo. Berbagai kegiatan pun digelar, mulai lomba custom gerobak sapi, lomba balap festival gerobak sapi, dan karnaval gerobak sapi.

Sumber: kumparan.com

  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...