Loading...

Kaldu Probiotik Sapi Rp11.000 Per Pack

Kaldu Sapi adalah salah satu bahan yang umum digunakan untuk membuat kuah sop agar memiliki cita rasa yang gurih. Anda bisa membuat kaldu sapi sendiri dirumah, menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan antara lain:

  • 300 gram daging sapi
  • 25 siung bawang putih
  • 1 butir bawang bombay, cincang kasar
  • 10 butir ketumbar
  • 100 gram wortel (potong-potong)
  • 1 batang daun bawang/prei (potong-potong)
  • garam secukupnya

Langkah pertama adalah menghaluskan semua bahan-bahan tersebut dengan menggunakan food processor tanpa menambahkan air. Beri 1 atau 2 sendok makan minyak goreng jika bahan sulit dihaluskan. Setelah semua bahan tercampur rata kemudian masak dengan menggunakan wajan anti lengket, sambil diaduk-aduk untuk mengurangi air yang terdapat didalamnya. Hasilnya adalah kaldu sapi berbentuk pasta yang siap digunakan.

Jika ingin disimpan. taruh pasta kaldu sapi  dalam wadah yang steril kemudian masukkan ke dalam kulkas agar bisa bertahan selama 1 bulan,  atau freezer untuk jangka waktu lebih lama.

Selain temperatur penyimpanan, saya tahan dari kaldu sapi berbentuk pasta ini juga dipengaruhi oleh kandungan garam yang terdapat didalamnya. Semakin banyak garam yang digunakan, maka pasta kaldu sapi ini akan semakin awet.

Cara pengawetan lainnya adalah dengan dibuat menjadi kaldu bubuk. Pada saat proses pemasangan dan telah berubah menjadi pasta, ratakan diatas loyang kemudian panggang sekitar 30 menit pada suhu 1500C atau sampai agak kering.

Cek dan bolak balik sesekali, jangan sampai gosong. Jika sudah hampir kering, keluarkan lalu blender hingga menjadi bubuk. Lalu panggang kembali hingga benar-benar kering. Pastikan jangan sampai gosong. Kemudian di blender sekali lagi, maka kaldu bubuk siap disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Kaldu bubuk bisa bertahan hingga 3 bulan penyimpanan.

Selain untuk digunakan sendiri, kaldu bubuk cita rasa sapi juga bisa dijual seperti Kaldu Probiotik Halawa, bumbu kaldu yang sehat, alami, dan bebas pengawet, sekaligus asli benar-benar kaldu, buka perasa kaldu. 

Halawa dibuat dari daging sapi dan ayam asli yang diolah dengan beragam rempah dan bumbu khas nusantara tanpa MSG, kemudian ditambahkan probiotik. 

Tidak ada penambahan bahan pengawet makanan, pewarna makanan, maupun perasa sintetis untuk menguatkan rasa daging sapi dan rasa daging ayam karena:

  1. Menggunakan bahan daging asli, sudah cukup memberikan rasa kaldu yang kuat.
  2. Pengolahan dan racikan yang tepat, sudah cukup membuat produk bertahan lama tanpa pengawet sintetis.
  3. Bahan yang segar dan berkualitas juga menhadirkan warna produk alami tanpa perlu pewarna makanan.

Kaldu Probiotik Halawa dapat dibeli di TOKO PRIBUMI, Bukalapak.com

Selanjutnya di kategori ini: « Media Tanam Rp7.000 Per Pack

This Cow Lives in A Landfill

At the garbage dump on Piyungan, Bantul, Jogjakarta, there are many cows and goat stroll around and eat the trash. Based on the observation, organic and non-organic trashes in the landfill become the main menu of those animals everyday. Edi Suryadi, the lecturer of the faculty of Animal Husbandry in Gadjah Mada University said to the people that they don’t need to buy any cow which was farmed in the dirty environment because those animals might be contaminated by diseases. Read More...