Loading...

Pupuk Hayati Cair Rp25.000 Per Botol Isi 1000ml

Hati-hati memilih pupuk tanaman, pupuk hayati atau disebut juga sebagai biofertilizer fungsinya berbeda dengan pupuk organik. 

Berdasarkan Permentan No.2 tahun 2006, yang dimaksud dengan pupuk organik adalah sekumpulan material organik yang terdiri dari zat hara (nutrisi) bagi tanaman, di dalamnya bisa mengandung organisme hidup atau pun tidak. Sedangkan pupuk hayati adalah sekumpulan organisme hidup yang berfungsi untuk memperbaiki kesuburan tanah.

Pupuk organik bisa saja mengandung organisme hidup ataupun sebaliknya, pupuk hayati berisi material organik. Namun, tidak semua pupuk organik yang mengandung mikroorganisme hidup dikatakan sebagai pupuk hayati, kecuali kondisi mikroorganismenya memenuhi syarat kualitas tertentu.

 

1. FUNGSI PUPUK HAYATI

Organisme hidup yang terkandung didalam pupuk hayati sangat bermanfaat sebagai pembangkit kehidupan tanah (soil regenerator), penyubur tanah dan penyedia nutrisi tanaman (Feeding the soil that feed the plant). Mikroorganisme tersebut bekerja dengan cara sebagai berikut:

  1. Menambat nitrogen dari udara dan Kalium dari tanah dan melarutkan fosfat  hingga dapat dengan mudah diserap oleh tanaman. 
  2. Memperbaiki tanah dari segi fisik, kimia dan biologi.
  3. Menguraikan sisa-sisa zat organik untuk dijadikan nutrisi tanaman.
  4. Mengeluarkan beberapa zat pengatur tumbuh (hormon) yang diperlukan oleh tanaman.
  5. Meningkatkan mikroorganisme yang akan melawan  organisme patogen, untuk mencegah hama tanaman.


2. CARA MENGETAHUI KUALITAS PUPUK HAYATI

Beradasarkan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian, kualitas pupuk hayati bisa dilihat dari parameter berikut:

  • Jumlah populasi mikroorganisme yang terkandung didalamnya harus terukur. Jika tidak, pupuk hayati tersebut tidak akan memberikan pengaruh pada pertumbuhan tanaman.
  • Kandungannya terdiri dari mikroorganisme yang memiliki efek positip pada tanaman, contohnya jenis Rhizobium yang bisa menambat nitrogen, atau Aspergillus niger sebagai pelarut fosfat.
  • Bahan pelarutnya bisa menjamin organisme tetap hidup dan tumbuh selama proses produksi, penyimpanan, distribusi, hingga pupuk siap digunakan.
  • Wadah dari pupuk hayati tersebut harus bisa membuat mikroorganisme dalam keadaan dorman (mati suri) agar bisa memperpanjang siklus hidupnya. Apabila mikroorganisme dalam pupuk telah mati, pupuk tersebut tidak bisa dikatakan sebagai pupuk hayati.


3, JENIS-JENIS PUPUK HAYATI

Ada 2 jenis pupuk hayati dilihat dari kandungan mikroorganismenya, yaitu yang mengandung mikroorganisme tunggal dan mikroorganisme majemuk. Pupuk dengan mikroorganisme tunggal hanya mengandung satu jenis mikroba yang memiliki satu fungsi, semisal mikroba dari jenis Rhizobium sebagai penambat nitrogen. Sedangkan pupuk dengan mikroorganisme majemuk biasanya memiliki lebih dari tiga jenis mikroba.

Di negara-negara maju yang banyak digunakan adalah pupuk hayati jenis tunggal. Sedangkan di Indonesia umumnya dari jenis mikroorganisme majemuk, berberbentuk cair dan padat (tepung). Untuk yang berbentuk cair, merek-merek yang terkenal diantaranya Karya Subur, EM4 dan M-Bio. Sedangkan yang berbentuk padat antara lain Evagrow dan Solagri.

 

4. PENGGUNAAN PUPUK HAYATI

Sangat efektif diaplikasikan pada tanah yang memiliki kandungan organik tinggi. Pupuk hayati akan menciptakan kondisi yang baik bagi mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang.

Pada tanah yang miskin kandungan organik, mikroorganisme yang terdapat dalam pupuk hayati tidak dapat bertahan hidup. Oleh sebab itu penggunaan pupuk hayati pada tanah yang miskin kandungan organik, sebaiknya dikombinasikan dengan penggunaan pupuk kompos, pupuk hijau, pupuk kandang atau pupuk organik lainnya.

 

5. HARGA PUPUK HAYATI

Di pasaran, biasanya pupuk hayati dijual dengan harga yang lebih tinggi dari pupuk organik biasa. Bahkan jenis pupuk yang berupa biang atau disebut juga agen hayati dijual dengan harga yang sangat mahal, karena pupuk tersebut bisa diperbanyak dengan mudah.

 

Duniasapi.com menjual Pupuk Hayati Cair dengan merk KARYA SUBUR, yang telah terbukti bermanfaat untuk semua jenis tanaman. Pupuk ini dibuat dari bahan-bahan alami yang terjamin kualitasnya karena menggunakan bahan-bahan organik yang diproses dibawah pengawasan para ahli.

Pupuk hayati cair KARYA SUBUR bukanlah pupuk cair biasa karena telah mendapat legalitas dari Departemen Pertanian dengan nomer: L245/HAYATI/DEPTAN-PPI/X/2008, dengan keunggulan sebagai berikut:

  1. Mengandung unsur hara makro dan mikro dari bahan alami dan humus.
  2. Terbukti dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas tanaman.
  3. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit.
  4. Memperbaiki tekstur dan struktur tanah.
  5. Mempercepat masa panen

 

Komposisi dari pupuk hayati cair SUMBER SUBUR adalah mikroorganisma Pelarut Phospate 6.650.000 cfu/g dan Azospirrilum 1.000.000 cfu/g Tersedia dalam kemasan botol isi 1.000 ml.

Untuk keamanan dan kenyamanan jika ingin membelinya, produk diatas dan beberapa pupuk lainnya telah kami upload di TOKOPEDIA. Untuk melihatnya silahkan KLIK-> DUNIA SAPI

 

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

 

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Dr. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., Pakar Ternak Yang Banyak Mendapat Piagam Penghargaan Dari Universitas Padjadjaran Bandung

Salah satunya adalah Piagam Penghargaan atas Kemampuan dan Prestasi Akademik, Pengabdian sebagai Dosen dalam Melaksanakan Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Masyarakat Ilmiah, Sehingga Patut Dinyatakan sebagai :”Peserta Karya Ilmiah Terbaik I Kelompok Eksakta Tingkat Universitas Padjadjaran. Sesuai dengan Kputusan Rektor Universitas Padjadjaran tanggal 9 September 2004 Nomor:1241/J06/Kep/KP/2004. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.