Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Inilah Pupuk Organik Kotoran Sapi Kualitas Terbaik Yang Paling Banyak Dicari

Kompos adalah istilah untuk menyebut sisa bahan-bahan organik (umumnya berupa sampah) yang telah mengalami proses pelapukan karena adanya interaksi antara mikroorganisme (bakteri pembusuk) yang bekerja di dalamnya. Oleh sebab itu, pupuk kompos juga disebut sebagai pupuk organik.

Ada banyak sekali bahan untuk pembuatan kompos, kotoran sapi adalah salah satunya. Kotoran sapi mengandung unsur hara berupa nitrogen 0,33%, fosfor 0,11%, kalium 0,13%, kalsium 0,26%. Pupuk organik yang mengandung kotoran sapi adalah contoh bahan pembenah tanah yang  baik dan alami daripada bahan pembenah buatan/sintetis.

Walaupun pada umumnya pupuk organik mengandung hara makro N, P, K rendah, tetapi mengandung hara mikro dalam jumlah cukup untuk pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik kotoran sapi sebenarnya mudah dibuat hanya dengan bahan dan alat sederhana. Intinya adalah mencampur kotoran sapi dengan bahan-bahan lain seperti sekam padi dan dekomposer seperti stardec, serta molases yang dilarutkan dengan sejumlah air.

Kemudian lat-alat yang diperlukan hanyalah tempat yang teduh, cangkul dan sekop untuk membolak-balik bahan yang dicampurkan , kemudian terpal untuk menutup adukan bahan tersebut.

Namun bagi anda yang tinggal di perkotaan ada beberapa masalah yang sering timbul jika membuat pupuk organik kotoran sapi sendiri yaitu:

  • Sulitnya mencari kotoran sapi sebagai bahan utama.
  • Bau yang ditimbulkan pada saat proses pembuatan berlangsung, cukup mengganggu lingkungan.
  • Jangka waktu pembuatan cukup lama, minimal 3 minggu hingga pupuk kompos kotoran sapi dapat digunakan.

Jika anda adalah pecinta tanaman hias, tentu lebih memilih menggunakan waktu untuk merawat tanaman dengan membeli jadi pupuk organik kotoran sapi daripada membuatnya sendiri. Pupuk organik jenis ini memang mudah sekali diperoleh di sentra-sentra penjualan tanaman hias.

Namun demikian, dengan ratusan merk yang tersedia tentunya sulit sekali menentukan mana pupuk kompos kotoran sapi yang terbaik. Untuk mudahnya, coba perhatikan apakah diproduksi oleh perusahaan yang jelas asal-usulnya, bagaimana dengan ijin edar dari dinas terkait, dan yang tak kalah penting adalah pupuk organik itu sendiri apakah telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Ciri-ciri pupuk organik kotoran sapi baik untuk tanaman adalah:

  • Warnanya coklat kehitaman.
  • Aromanya tidak menyengat, lebih menyerupai seperti bau tanah atau bau humus hutan.
  • Apabila dikepal, akan mudah menggumpal, namun mudah hancur hanya dengan sedikit tekanan.

Salah satu merk Pupuk Organik yang paling banyak dicari karena telah terbukti kualitasnya adalah merk "KARYA SUBUR" dan "SUMBER SUBUR". 

Bukan produk kaleng-kaleng, karena diproduksi oleh perusahaan  yang terdaftar serta memiliki ijin edar dari instansi terkait. Untuk mendapatkannya, silahkan pilih lokasi yang terdekat dengan rumah anda:

 

I. DEPOKTelp. 08118381124

-  Komplek Permata Duta Blok E. 1/8, RT.005/RW.12, Sukmajaya, Depok Timur. 

 

II. KOTA BOGOR

1. Ciomas - WA Only 081388809990 

- Jl. Ciomas Raya No.346D, Ciomas Rahayu, Bogor (Sebelah Alfamidi)
Jl. Teratai I, No.1, Perumahan Bumi Panggugah, RT.04/RW.10, Ciomas, Bogor.
- Jl. Merpati Blok EE. 6, No.12A, Perumahan Taman Pagelaran, Padasuka, Ciomas, Bogor
- Jl. Kalimaya Raya N0.13A, Pondok Kencana, Padasuka, Ciomas, Bogor

 

2. Tajur - Telp. 0811112227

-   Jl. Babadak No,69, Sindangrasa, Tajur, Bogor. 

 

3. Indraprasta - Telp. 081321122227

-  Jl. Janaka 2, Nomer 13, Tegalgundil, Bogor.