Loading...
iden

5 Tradisi Unik Idul Adha Yang Mengunakan Sapi

Idul Adha berkaitan erat dengan sapi. Hal ini lantaran sapi menjadi hewan mayoritas yang di qurbankan selain kambing. Nah, bicara soal sapi tak melulu soal kondisinya sebagai hewan ternak, tetapi juga soal kuliner berbahan sapi. Di Indonesia begitu kaya akan kuliner sapi. Uniknya kuliner-kuliner tersebut hadir dengan keunikan rasa dan budayanya masing-masing, termasuk saat Idul Adha. Berikut ini adalah beberapa tradisi Idul Adha unik yang ada di berbagai penjuru Indonesia.

 

 

1. MEUGANG, BERSANTAP DAGING SAPI ALA RAKYAT ACEH

Tradisi bersantap daging saat Idul Adha dan Idul Fitri dari Aceh ini sudah berlangsung turun-temurun sejak berabad silam. Tradisi ini sudah dilakukan sejak jaman Sultan Iskandar Muda, yang berkuasa pada 1607 – 1636. Sejak itu, warga Aceh tidak pernah kelewatan melakukan Meugang setiap akan datangnya hari raya. Meugang adalah memasak daging sapi dan menikmatinya bersama semua keluarga dan kerabat, beserta anak yatim-piatu.

Biasanya sehari atau dua hari sebelum hari raya, mereka akan berbelanja daging sapi ke pasar dan mengolahnya menjadi masakan-masakan tradisional, seperti kare kameng, sie reuboh, dan sie puteh. Masing-masing daerah di Aceh memiliki masakan tradisionalnya sendiri-sendiri.

 

 

 

2. TRADISI TORON, MUDIK KHAS SUKU MADURA

Mudik setiap hari raya memang bukan suatu hal baru. Namun, toron atau mudik saat Idul Adha bagi orang Madura adalah hal yang sungguh sangat unik. Bagi orang Madura, Idul Adha bahkan lebih meriah daripada Idul Fitri. Mereka akan berduyun-duyun pulang ke kampung halaman mereka di empat kabupaten yang ada di Pulau Madura, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Orang Madura yang merantau ke berbagai daerah di Jawa ini akan bersuka-cita merayakan Idul Adha di tanah kelahirannya.

Sebelum ada Jembatan Suramadu, para pemudik ini akan memadati Pelabuhan Tanjung Perak. Mereka menunggu kapal yang akan menyeberangkan ke Kamal, Bangkalan. Dengan adanya Jembatan Suramadu, tradisi mudik ini berlangsung dengan lebih mudah. Selain untuk berkurban, masyarakat Madura juga memanfaatkan waktu toron ini untuk bersilaturahmi ke saudara-saudara. Sehari setelah Idul Adha biasanya juga akan digelar acara makan-makan aneka hidangan seperti olahan daging sapi dan menu lainnya.

 

 

 

3. MAROSOK, TRADISI JUAL BELI  SAPI KHAS ORANG MINANGKABAU

Marosok adalah tradisi jual beli hewan khas Minang, yang akan semakin marak saat menjelang Idul Adha. Marosok adalah tradisi jual beli  dalam diam. Transaksi biasanya dilakukan di pasar-pasar ternak di Sumatera Barat. Pembeli dan penjual melakukan transaksi dengan isyarat tangan. Tangan kedua belah pihak dimasukkan ke penutup, entah sarung, kopyah, atau lainnya, agar tak ada orang lain yang bisa melihat. Pedagang dan pembeli sapi akan saling memainkan jarinya untuk tawar menawar harga. Jika transaksi berhasil, setiap tangan akan melepaskan. Jika belum deal, tangan akan tetap tergenggam erat.

 

 

4. MASAK SAYUR BABANCI KEBANGGAAN ORANG BETAWI YANG HAMPIR PUNAH

Sayur Babanci merupakan sayur khas Betawi yang sudah sangat jarang dijumpai. Makanan unik ini tidak jelas jenisnya, karena merupakan perpaduan antara gulai, kare, dan soto. Dibutuhkan setidaknya 21 jenis bumbu dan rempah untuk membuatnya dan di antara rempah-rempah tersebut ada yang sangat susah didapatkan. Karena sulitnya memasak sayur ini, tak heran jika sayur babanci biasanya hanya bisa ditemukan saat Idul Fitri dan Idul Adha, itu pun hanya sedikit orang yang memasaknya.

Wah, sangat beragam bukan tradisi unik yang menyertai perayaan Idul Adha di Tanah Air? Menariknya, tradisi itu berkaitan erat dengan daging dan sapi menjadi daging paling banyak diolah dalam rangkaian tradisi tersebut.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Dr. Ir. L. Hardi Prasetyo, Pakar Ternak Bebek Hibrida

Peluang usaha ternak bebek hibrida hingga kini kian menjanjikan. Lihat saja di berbagai kota, permintaan daging bebek untuk kuliner terus meningkat. Dari warung kali lima hingga resto mewah, menu masakan bebek menjadi pilihan dilirik setelah menu olahan ayam. Rasa khas daging bebek goreng menjadi rekomendasi untuk para pemburu kuliner. Sementara itu, di sisi peternak hingga distribusi daging, kebutuhan dan kesediaan suplai daging bebek yang meningkat menjadi masalah. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.