Loading...
iden

Dampak Gempa Bumi Pada Ternak Sapi Dan Cara Penanganannya

Tak hanya manusia, ternak sapi ternyata juga terkena dampak gempa bumi berkekuatan besar, seperti yang  terjadi di Pulau Lombok dan sekitarnya.  Gempa dengan kekuatan 7 skala richter tersebut terjadi pada pukul 21:56 WIB Minggu malam, 19/08/2019. Karena pusat gempa sangat dekat dari permukaan, yaitu pada kedalaman 10 kilometer saja, dampak dari gempa bumi Lombok 19 Agustus 2018 memang luar biasa. Puluhan bangunan luluh lantak seketika.

Menurut data BMKG,  goncangan akibat gempa ini terasa di sekitar Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali hingga Sulawesi Selatan. Gempa tersebut kemudian disusul oleh lima gempa lainnya dengan daya rusak cukup besar. Bumi bergoyang dan dinding rumah berderak-derak, itu yang dirasakan warga Lombol dan sekitarnya.

Tak hanya manusia, berdasarkan pengamatan sekilas pada musibah gempa bumi Lombok 19 Agustus 2018, banyak ternak sapi yang stres. Beberapa tanda ternak sapi yang mengalami stres akibat gempa antara lain : tidak mau makan,  tampak loyo namun menjadi galak dan cenderung menyerang saat didekati.

Jika terjadi hal yang sama di lokasi peternakan anda, coba lakukan beberapa langkah untuk mengatasinya sebagai berikut  :

  • Berikan cairan elektrolit yang langsung dimasukkan kedalam mulut, atau dicampurkan pada air minumnya
  • Tambahkan asupan vitamin seperti B kompleks.
  • Sediakan pakan hijauan dalam jumlah banyak.
  • Atur ruang yang lebih luas dengan cara mengurangi jumlah ternak sapi yang berada didalam satu kandang.

 

Cara-cara tersebut diatas sudah terbukti dapat membantu mengurangi tingkat stres ternak sapi korban gempa bumi Lombok 19 agustus 2018. Tindakan tersebut juga sudah diteliti dan diterapkan di banyak negara. Salah satu contohnya adalah sebuah kelompok yang melatih peternak, Royal Highness Funds Homeopathy at Wellie Level (HAWL), yang menggunakan metode yang disebut sebagai homeopati  ini untuk hewan yang stres akibat melakukan perjalanan, penyapihan, atau sejenisnya.

Bahkan Pangeran Charles menggunakan metode homeopati dengan mengubah operasi peternakan menjadi lebih organik sejak 30 tahun lalu, untuk mengurangi penggunaan antibiotik.

Dalam ilmu Homeopati, tubuh mahluk hidup memiliki suatu kekuatan atau tenaga penyembuh alami yang mampu menyembuhkan dirinya sendiri, apabila dalam keadaan seimbang. Namun jika keseimbangan dalam tubuh  terganggu maka penyakit akan sangat mudah menyerang. Jadi, inti dari metode pengobatannya adalah mengembalikan keseimbangan tubuh.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Teguh Boediyana, Tokoh Pembela Peternak Yang Mirip Sekali Dengan Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Bung Karno penyambung lidah rakyat indonesia? Jika suatu saat anda bertemu dengan sosok berseragam lengkap mirip presiden pertama Republik Indonesia tersebut, dapat dipastikan bahwa beliau adalah Teguh Boediyana. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.