Loading...
iden

Apakah Sari Roti Tawar Coklat Bermanfaat Bagi Peternak Sapi ?

Berdasarkan penelitian para ahli, Sari Roti tawar coklat afkir merupakan sumber nutrisi yang masih bisa dimanfaatkan. Roti pada umumnya adalah produk makanan yang terbuat dari tepung terigu, yang diolah melalui proses fermentasi dengan menggunakan campuran ragi (Saccharomyces cerevisiae), air dan atau tanpa penambahan bahan makanan lain kemudian di panggang.

Penambahan beberapa bahan kedalam adonan, seperti gula, garam, susu atau susu bubuk, lemak, pengemulsi dan bahan-bahan pelezat seperti coklat, keju, kismis, dan lain-lain, sangat memperkaya kandungan nutrisinya. Itu sebabnya di beberapa negara eropa, roti juga dianggap sebagai makanan pokok layaknya nasi di wilayah asia.

Rasanya yang lembut dan dapat diisi dengan berbagai macam isian lezat, membuat makanan ini sangat populer tanpa mengenal batas usia. Sayangnya, sebagai makanan enak roti tidak bisa bertahan lama, oleh sebab itu produsen wajib mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

Lewat tanggal kadaluarsa, Sari Roti tawar coklat umumnya mulai berjamur dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Roti ini kemudian disebut sebagai roti afkir. Roti afkir seringkali dibuang begitu saja ditempat sampah sebagai limbah. Berdasarkan penelitian, sekitar  25% dari total produksi roti di Indonesia tidak terjual dan akhirnya diafkir. Untuk mengurangi beban biaya serta sampah industri, roti afkir ini kemudian dijual sebagai limbah dengan harga yang murah.

Disisi lain para pelaku industri ternak sapi mengeluh tentang semakin sulitnya mendapatkan bahan baku pakan yang murah dan selalu tersedia setiap saat. Akhirnya beberapa ahli nutrisi pakan ternak kemudian meneliti berbagai jenis limbah yang mudah diperoleh, salah satunya adalah limbah industri roti berupa roti afkir. Mereka berpikir bahwa sari roti (kandungan alami yang terdapat didalam roti) afkir merupakan jenis nutrisi yang masih bisa dimanfaatkan.

Berdasarkan analisis para ahli di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro tahun 2008, sari roti afkir terdiri dari protein kasar (PK) 12,63%, serat kasar (SK) 0,13%, lemak kasar (LK) 4,63%, abu 4,19% dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) 78,42%. Dilihat dari kandungan BETN yang tinggi, sari roti afkir dapat dicerna dengan mudah oleh rumen dan dapat menunjang semakin baiknya produktivitas ternak sapi.

Artinya, ternak sapi yang mengkonsumsi pakan dengan campuran roti afkir akan lebih cepat gemuk. Dan pemanfaatan Sari Roti tawar coklat  afkir dapat menekan biaya pakan pakan, sekaligus mengatasi masalah lingkungan yang ditimbulkannya.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Teguh Boediyana, Tokoh Pembela Peternak Yang Mirip Sekali Dengan Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Bung Karno penyambung lidah rakyat indonesia? Jika suatu saat anda bertemu dengan sosok berseragam lengkap mirip presiden pertama Republik Indonesia tersebut, dapat dipastikan bahwa beliau adalah Teguh Boediyana. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.