Loading...
idarzh-CNenhi

Apakah Bahan Atap Bangunan Kandang Yang Anda Pilih Sudah Sesuai Kebutuhan Ternak Sapi?

Bagi yang sedang fokus dalam pembangunan kandang sapi potong, Anda bisa memulai dari merancang dulu keseluruhan desainnya agar berfungsi secara maksimal dan sesuai dengan tata letak yang ada.

Kemudian pilihlah model atap bangunan kandang yang akan digunakan. Salah satu bagian terpenting dalam perkandangan sapi potong adalah atapnya. Bagaimana cara membangun atap kandang sapi potong yang sesuai, agar sapi betah di kandang dan tetap sehat, sebelum saatnya dipotong?
    
Semuanya harus dipikirkan matang-matang, mulai dari model kandang sapi potong hingga konstruksi kandang sapi potong. Khusus untuk bagian atap bangunan kandang, carilah bahan-bahan yang kuat dan tahan dari sengatan panas matahari. Lebih baik lagi bila bahan-bahan tersebut didapatkan dengan harga terjangkau.

Mengapa demikian? Sebelum dipotong, ternak sapi menghabiskan nyaris seluruh waktunya di dalam kandang tersebut (kecuali, mungkin sesekali Anda atau peternak yang bekerja pada Anda rajin menggembalakan mereka agar punya kesempatan untuk lebih banyak bergerak). Bisa dibayangkan yang terjadi bila kandang terasa tidak nyaman. Sapi-sapi di usaha peternakan Anda bisa tidak betah, cepat haus, dan rentan stres. Bukan tidak mungkin lagi kalau sapi potong di usaha peternakan Anda tidak akan menghasilkan daging yang berkualitas bagus.
    
Karena itulah, bahan untuk membuat atap bangunan kandang sapi potong sebaiknya jangan yang terbuat dari seng dan letaknya juga jangan terlalu rendah. Mengapa? Seng dapat menyerap panas dengan lebih mudah, yang membuat sapi-sapi cepat haus. Karena itulah, Anda disarankan untuk memilih genting sebagai bahan atap bangunan kandang sapi potong.

Selain harganya murah dan mudah ditemukan karena relatif banyak dijual, bahan genting juga tidak mudah menyerap panas. Jadi, bisa dipastikan sapi di dalam kandang untuk peternakan sapi milik Anda akan merasa nyaman dan tidak mudah stres.
    
Lalu, bagaimana dengan ketinggian atap kandang untuk sapi potong yang baik dan benar? Ketinggian atap yang baik dari tanah ke atas harus sampai 3m. Jangan lupa dengan sudut kemiringan sebanyak 30°. Mengapa harus demikian?

Ternak sapi membutuhkan sirkulasi udara yang bagus, terutama agar mereka dapat bernapas lebih lega dan tidak merasa sesak. Dengan demikian, bila ditambah dengan pakan ternak berkualitas tinggi dan persediaan air minum yang memadai, proses penggemukan sapi sebelum menjadi sapi potong dapat berjalan dengan lancar.
    
Meskipun sudah mendapatkan bahan atap bangunan kandang yang tepat dan memutuskan tingkat kemiringan yang sesuai, pastikan juga sapi-sapi di usaha peternakan Anda terlindungi dari cipratan air hujan dari bagian samping. Memang, ada baiknya kalau sesekali semua sapi dimandikan agar bersih.

Namun, sapi yang selalu basah (terutama saat musim hujan), dapat menyebabkan sapi jatuh sakit. Tidak hanya Anda harus menambah biaya untuk pemeriksaan dokter hewan, namun lagi-lagi dapat menurunkan harganya bila dijual dalam kondisi kurang sehat.

Cara Merawat Bayi Sapi (Pedet) Sebelum Dan Sesudah Kelahiran

Peternak harus memiliki kemampuan merawat bayi sapi (pedet) mulai dari kandungan hingga proses kelahiran. Karena, tingkat kematian anak sapi perah (pedet) cukup tinggi, bisa mencapai 10% dari jumlah kelahirannya dalam setahun. Jumlah ini bisa saja meningkat atau menurun. Semuanya tergantung dari kemampuan peternak sapi perah dalam memberikan perlakuan terbaik kepada pedet, mulai dari kandungan hingga kemudan lahir.

Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan ? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun, susu sapi memang memiliki sifat yang mudah sekali rusak oleh sebab itu harus benar-benar diperlakukan dengan tepat.

Aneka Jenis Konstruksi Bangunan Kandang Sesuai Kondisi Fisiologis Sapi

Hewan ternak seperti sapi perah perlu diberi tempat tinggal sesuai dengan kebutuhannya. Sapi-sapi tersebut tidak bisa ditempatkan dalam satu jenis konstruksi bangunan kandang yang sama karena akan memengaruhi kesehatannya. Perkembangan teknologi saat ini memiliki peran penting bagi para peternak. Di Negara maju, penerapan pola beternak modern memperlihatkan hasil yang signifikan. Berbeda dengan cara ternak sapi perah tradisional yang pada akhirnya kalah bersaing di pasar global.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...