Loading...
iden

Serba Serbi Atap Kandang Sapi Dan Cara Kerja Panel Surya Sederhana Yang Dipasang Diatasnya

Salah satu bagian terpenting saat membangun kandang sapi adalah atapnya. Bagaimana cara membangun atap kandang agar sapi betah di kandang dan tetap sehat sebelum saatnya dipotong? Dan bagaimana cara memanfaatkan atap kandang sapi agar lebih berguna? Pertama-tama fokus pada pemilihan bahan-bahan yang kuat dan tahan dari sengatan panas matahari dan tidak menimbulkan panas didalam kandang! Yang kedua anda harus tau cara kerja panel surya sederhana sebagai salah satu cara pemanfaatan atap.

Sebelum dipotong, sapi menghabiskan nyaris seluruh waktunya di dalam kandang tersebut (kecuali jika Anda atau peternak yang bekerja pada Anda rajin menggembalakan mereka agar punya kesempatan untuk lebih banyak bergerak). Bisa dibayangkan yang terjadi bila kandangnya luar biasa panas, sapi tidak akan merasa nyaman bukan?

Ketidaknyamanan akan menimbulkan stres, yang pada akhirnya menimbulkan kerugian karena daging yang dihasilkan kualitasnya akan menurun. Ada satu bahan atap yang sebaiknya tidak digunakan yaitu seng. Bahan tersebut gampang menyerap panas dari permukaan dan menyebarkan panas tersebut didalam kandang. Disarankan untuk memilih genting dari tanah, selain harganya murah dan mudah didapatkan, juga tidak menyerap panas. 

Lalu, bagaimana dengan ketinggian atap kandang? Minimal jarak dari permukaan tanah hingga atap minimal 3 meter, dengan kemiringan  30°. Tujuannya agar sirkulasi udara di dalam kandang bisa berlangsung dengan baik, dan air hujan cepat turun hingga tidak menimbulkan kelembaban.

Hal penting lainnya yang harus diperiksa adalah cipratan air hujan. Buatlah atap dengan ukuran melebih panjang dan lebar kandang, tujuannya adalah untuk melindungi sapi dari cipratan air hujan tersebut.  Walaupun secara berkala sapi harus dimandikan, namun air hujan yang sering menciprati tubuh sapi pada saat hujan terutama pada malam hari dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Atap pada kandang sapi sebetulnya adalah bagian dari kandang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Contohnya adalah untuk menghasilkan listrik. Kandang dan arus listrik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari usaha ternak sapi.

Listrik sangat dibutuhkan untuk operasional harian. Seperti untuk penerangan, menggerakkan pompa untuk air minum sapi dan sumber tenaga untuk alat-alat produksi pakan dan lain sebagainya. Semakin hari harga listrik PLN semakin mahal, oleh sebab itu cobalah memanfaatkan sumber energi lain seperti cahaya matahari sebagai cara untuk berhemat.

Caranya adalah dengan memasang panel surya. Apakah anda tau cara kerja panel surya sederhana untuk menghemat listrik PLN? Penggunaan panel surya memang belum begitu populer di Indonesia, pemanfaatannya baru sekitar 0,05% dari potensi yang ada. Padahal sinar matahari di Indonesia sangat melimpah. Penyebabnya adalah minimnya informasi soal pengertian, cara kerja panel surya sederhana, manfaat, hingga harga dari panel surya.

Yang disebut dengan Panel surya adalah suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic.

Energi listrik yang dihasilkan digunakan untuk kebutuhan listrik dengan cara disimpan terlebih dahulu dengan menggunakan baterai. Oleh sebab itu sama seperti listrik PLN, tetap dapat berjalan meski keadaan sore, malam hari maupun hujan sekalipun karena adanya baterai tersebut.

Penerapan panel surya dapat mengurangi tagihan penggunaan listrik PLN hingga 50%. Oleh sebab itu dalam waktu 7 hingga 8 tahun pertama penghematan tersebut sudah bisa menutup biaya pemasangan panel surya. Dan 18 tahun kemudian, anda tidak lagi membayar listrik dari PLN alias gratis.

Setelah anda tau tentang serba serbi atap kandang sapi dan cara kerja panel surya sederhana. Apa yang akan anda lakukan?

 

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Reza Abdul Jabbar, Peternak Sapi Perah Asal Indonesia Yang Sukses di Selandia Baru

Tak salah rasanya jika menilik pada ungkapan yang umum didengar di masyarakat bahwa ‘merantaulah untuk memperbaiki nasib’. Meski tak sedikit orang tak juga berhasil setelah merantau jauh dari kampung halaman, tetapi banyak pula orang yang menuai sukses besar setelah beranjak jauh dari tanah kelahirannya. Hal ini salah satunya dirasakan oleh Reza Abdul Jabbar, seorang peternak sapi perah di Selandia Baru, tetapi asal Indonesia. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.