Bagaimana Caranya Menjual Ternak Sapi?

Sapi saya ditawar sangat murah!

Permintaan pasar terhadap sapi hidup sejatinya memang tidak pernah turun, namun demikian banyak para peternak sapi yang mengeluhkan betapa sulitnya menjual hasil panen mereka, khususnya untuk para peternak sapi pemula. Ada banyak faktor yang menyebabkan ternak sapi anda sulit dijual. Selain biaya produksi yang mungkin terlalu tinggi, masalah yang lain adalah hampir semua peternak sapi tidak menguasai teknik dan strategi penjualan yang efektif dan efisien.

Secara umum, ada 2 metode penjualan yang biasa dilakukan oleh para peternak sapi, yaitu:

 

1.Menjual kepasar hewan

Tataniaga peternakan sapi lokal memang tidak mungkin bisa dilepaskan dari keberadaan pasar hewan. Para peternak sapi berharap banyak akan menemukan pembeli ditempat ini. Secara umum ada 3 jenis pembeli dipasar hewan yaitu: jagal (membeli untuk dipotong dan dijual sebagai karkas dan daging), pedagang (membeli untuk dijual lagi baik dipasar tersebut maupun dibawa ke pasar hewan lainnya) dan peternak (membeli pedet atau bakalan untuk dipelihara/dibesarkan).

Pada kenyataannya, para peternak pemula sulit sekali untuk bisa berinteraksi dengan pembeli secara langsung. Ada perantara (makelar) yang menguasai pasar hewan, yang disebut Blantik. Mereka mencari nafkah dengan meminta komisi penjualan, atau selisih harga penjualan yang telah dinaikkan. Tanpa mereka, jangan harap bisa bebas melenggang membawa sapi ke lokasi penjualan.

Disatu sisi, blantik menguntungkan karena bisa membantu peternak yang tidak bisa negosiasi. Tapi disisi yang lain bisa juga merugikan,  jika Blantik menekan harga kepada para peternak agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.


2.Menjual langsung kepembeli

Dengan metode ini, keuntungan akan lebih maksimal karena harganya pasti lebih mahal jika di bandingkan dengan menjual kepada tengkulak. Namun, tidak semua peternak bisa melakukan penjualan seperti ini karena memang agak sedikit ribet, butuh waktu, tenaga, pengalaman serta jaringan bisnis yang hanya bisa terbentuk dalam waktu yang cukup lama.

 

Bagi anda yang tergolong peternak pemula, tidak perlu kecil hati. Ada teknologi yang bernama internet, yang bisa mengatasi permasalahan dalam hal pemasaran produk usaha ternak. Internet mampu menjangkau semua penjuru dunia dari semua kalangan. Itu sebabnya, para peternak generasi baru telah menggunakannya, selain untuk mencari pakan, bibit atau sapi bakalan, juga membantu penjualan produk hasil usaha ternaknya.

Salah satu media internet yang sangat powerfull adalah FORSHOP (www.forpate.shop). Toko online ini sangat mudah digunakan, silahkan login dengan akun FACEBOOK, atau masuk dengan email yang terdaftar di handphone anda, maka anda bisa meng-upload dan mempromosikan aneka produk yang berhubungan dengan ternak sapi, domba ataupun kambing.

Silahkan mencoba...

Di tag dibawah

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

  • Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah
    "Merawat anak sapi perah sangat penting dalam usaha ternak, sebab angka kematian sapi tertinggi adalah selama masih pedet yakni saat baru lahir hingga usia 3 bulan."

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.