Loading...
idarzh-CNenhi

Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Bangunan Baja Untuk Kandang Sapi Potong

Seperti kita ketahui konsumsi daging sapi di Indonesia sangatlah besar, oleh karenanya peternakan sapi potong semakin marak dipilih sebagai bisnis yang menguntungkan dan hasilnya lebih pasti. Bahan pembuatan merupakan hal utama yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis satu ini. Alasannya karena model kandang sapi potong menjadi aset yang tinggi nilainya. Selain itu, pemilihan bahan yang tepat akan memberikan hunian yang lebih nyaman, sehingga dapat melindungi ternak sapi dengan baik.

Konstruksi Kandang Sapi Potong

Konstruksi kandang sapi potong ini haruslah kuat, tidak lembab, serta memiliki tempat penampungan kotoran dan saluran drainase. Konstruksi kandang peternakan sapi juga harus mampu menahan dorongan serta beban benturan yang kuat dari ternak sapi Anda. Selain itu, faktor keamanan juga perlu diperhatikan agar usaha peternakan sapi Anda terlindungi dari pencurian.

Jenis dan bahan untuk pembuatan kandang sapi potong cukup banyak pilihannya, tergantung pada daerah dan lokasinya. Di daerah tropis yang panas, lebih baik menggunakan bahan yang tidak menyerap panas serta sistem kandang sapi potong yang terbuka atau sirkulasi udara yang lancar.  Sedangkan di daerah yang lebih dingin, Anda bisa menggunakan kandang yang lebih tertutup, untuk melindungi ternak dari cuaca dingin.

Detail jenis dan variasi bahan yang ideal adalah sebagai berikut:

  • Bahan yang mudah didapatkan di sekitar lokasi perkandangan sapi potong.
  • Bahan yang tidak mahal namun kuat dan tahan lama, setidaknya bertahan  5 - 10 tahun.
  • Jangan memilih bahan yang mudah lapuk, agar tidak mudah roboh dan membahayakan sapi ternak Anda.
  • Bahan untuk konstruksi kandang sapi potong ini bisa disesuaikan dengan dana Anda serta ketersediaannya, misalnya kayu gelondongan atau papan yang diperoleh dari kayu yang kuat, besi, beton, ataupun bambu.
  • Bahan juga bisa tergantung dari tujuan usaha Anda, jangka pendek, menengah ataupun tujuan jangka panjang.

 

Dari rincian tersebut diatas, konstruksi bangunan baja adalah pilihan terbaik. Konstruksi tersebut berupa kombinasi baja struktural yang diatur dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan operasional peternakan sapi.

 

Kelebihan Konstruksi Bangunan Baja Untuk Kandang Sapi

  1. Ramah Lingkungan; karena tidak seperti material kayu yang rawan serangan rayap yang mengakibatkan kerusakan parah dan harus diganti.
  2. Pemasangan cepat; ukuran masing-masing komponen sangat akurat sehingga mempermudah dan mempercepat proses pemasangan.
  3. Aman, nyaman dan sehat; karena dengan perhitungan yang tepat konstruksi bangunan baja tidak mudah rubuh, tidak mudah rusak, tidak menyebabkan pencemaran debu atau kebisingan dalam proses pemasangan.
  4. Fleksibel; mudah dirubah sesuai kebutuhan.

 

Kekurangannya

  1. Membutuhkan tenaga trampil pada saat proses pemasangan,  untuk menghindari penambalan, pengganjalan, ataupun pembobolan dan pemangkasan di bagian-bagian yang tidak presisi.
  2. Biayanya relatif mahal dibandingkan jenis material lain.
  3. Masalah biaya menjadi kekurangan yang lain. Mahalnya harga pemasangan rangka atap baja ringan ini yang berlipat kali dibandingkan dengan rangka atap dari material kayu membuat golongan menengah-bawah belum dapat menikmati kenyamanan temuan arsitektur yang inovatif ini.

 

 

Yang Perlu Diperhatikan tentang Konstruksi Bangunan Baja

  • Tiap produsen memproduksi material baja ringan ini dengan profil yang berbeda bentuk atau cetakannya.
  • Pilih konstruksi baja ringan dengan garansi maksimal yang sesuai dengan harganya.
  • Jaga lapisan coatingnya dengan cara menghindari kontak dengan adukan semen yang cenderung melekat kuat, atau goresan apapun, agar lebih tahan lama

 

Demikian rincian konstruksi kandang sapi potong serta variasi materialnya, semoga berguna.

 

Artikel Yang Banyak Dicari

Cari Untung Maksimal Dari Usaha Ternak Sapi Dengan Membangun Kandang Ideal

Artikel kali ini akan membahas tentang model kandang sapi potong yang ideal bagi peternak sapi potong. Topik tentang perkandangan sapi potong selalu menarik untuk dibahas, karena sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha peternakan Anda.

Untung Besar Bagi Usaha Ternak Anda, Jika Bisa Mendapatkan Bibit Sapi Pada Umur Idealnya

Seperti kita ketahui, sapi potong adalah sapi yang secara khusus dipelihara untuk diambil daging beserta lemaknya. Lama penggemukan sapi ini umumnya memerlukan waktu 6 bulan dan sudah bisa diambil hasil dagingnya.

Tentang Pakan Ruminansia Untuk Sapi Perah Jantan, Apa Yang Paling Cocok?

Sapi perah jantan memiliki nafsu makan tinggi dan juga tumbuh dengan cepat dan lebih besar, oleh sebab itu jenis pakan ruminansia yang diberikan juga berbeda dengan sapi perah betina

Kudis Adalah Jenis Penyakit Menular Pada Sapi, Ini Obatnya!

Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal? Atau bahkan menggigiti bagian-bagian tertentu pada tubuhnya? Apabila demikian, kemungkinan besar sapi tersebut sedang terserang kudis (scabies), yaitu jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh hewan tungau.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Perah Tradisional?

Kandang sangat dibutuhkan untuk melindungi sapi perah dari beraneka macam gangguan serta keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan. Sebelum memulai beternak, Anda harus mempersiapkan konstruksi bangunan kandang sapi dengan matang. Menurut Williamson dan Payne, kandang sapi perah ada dua jenis, yaitu kandang sapi konvensional dan kandang sapi bebas
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...