TRANSLATE

Beternak Juga Bisa Dilakukan Di Tengah Kota Jakarta, “Kandang Sapi Betawi Muda” Berhasil Membuktikannya

Agar usaha penggemukan sapi potong dapat berjalan dan berlangsung dengan baik, faktor lokasi harus diperhatikan. Penentuan lokasi lebih berhubungan dengan faktor teknis terhadap komoditas yang akan dipelihara. Pada penentuan lokasi untuk usaha penggemukan sapi potong, faktor-faktor yang harus diperhatikan di antaranya adalah suhu, luas lahan, kondisi lingkungan, potensi sumber pakan, sumber air, dan akses ke jalan.

Jika melihat beberapa faktor tersebut, sepertinya tidak mungkin membuat peternakan sapi di tengah kota. Akan tetapi Abdul Latif, membuktikan sebaliknya. Ia memiliki peternakan sapi terbesar di Jakarta dengan omzet miliaran rupiah dengan nama “Kandang Sapi Betawi Muda”.

Beternak Juga Bisa Dilakukan Di Tengah Kota Jakarta Kandang Sapi Betawi Muda Berhasil Membuktikannya 2Abdul Latif atau akrab disapa Bang Latif membuka peternakan sapi di tengah ibukota, tepatnya di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan, untuk ibadah dengan cara menyediakan hewan kurban.

Ia mengawalinya dengan memelihara beberapa ekor kambing.  Kemudian dikembangkan dengan berbagai jenis sapi,  mulai sapi limosin, sapi Bali, sapi Madura termasuk kerbau, untuk menyesuaikan tradisi orang Betawi yang lebih menyukai berkurban kerbau.

Pada saat mulai membuka usaha peternakan ini, Bang Latif mengaku sempat dibully tetangga, karena peternakan sapi identik dengan tempat yang kotor dan bau. Namun ia berani memastikan. meski peternakannya berada di tengah pemukiman, tidak akan mengganggu tetangga.

Terbukti hingga saat ini peternakannya selalu bersih, tidak bau, tak ada lalat, juga tidak becek, sehingga membuat senang para pelanggannya. Bahkan hewan ternaknya dimandikan dua kali dalam sehari. Dan dijamin sehat dan tak stress karena tak kehujanan dan tak kepanasan.

Bagaimana Dengan Pakan Untuk Ternaknya? Untuk pakan, Latif mengandalkan rumput yang bisa didapat di sekitar lokasinya, ditambah dengan ampas tahu dan tempe.

Selain  usaha ternaknya ini, Abdul Latif berharap bisa memotivasi anak muda supaya mau mengikuti jejaknya menjadi peternak hewan kurban.