TRANSLATE

Cara Tepat Berikan Daging Sapi pada Kucing Peliharaan

Dikenal sebagai salah satu binatang pemakan daging alias karnivora, tubuh kucing dirancang untuk dapat menyerap nutrisi dari protein hewani. Tidak heran jika kucing  lebih menyukai berbagai macam daging, salah satunya daging sapi.

Banyak yang menganggap kucing bisa memakan daging sapi mentah, mengingat kerabatnya yang berburu mangsa di alam liar. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, karena daging sapi mentah tidak bisa menjamin terbebas patogen dan parasit yang dapat mengganggu kesehatan kucing.

Akan jauh lebih aman jika kucing diberikan daging sapi giling. Juga lebih higienis dan sehat jika proses dilakukan sendiri di rumah dengan menyisihkan lemaknya, bukan beli yang sudah jadi di pasar.  Daging sapi giling pun sebaiknya  diberikan kepada kucing  dalam keadaan matang. Namun biarkan rasa alami daging sapi  muncul, bukan rasa yang berasal dari tambahan bumbu seperti garam, merica, bahkan bawang-bawangan yang dapat mengganggu kesehatan hewan. Berikan sebagai kudapan saja bukan menu makanan utama.

Untuk mematangkan daging sapi giling, paling tepat dengan cara ditumis  hingga berwarna kecoklatan dan biarkan dingin. Umumnya, untuk kucing dengan berat 4 kilogram membutuhkan sekitar 300 kalori per hari, atau  55 kalori per ons daging giling yang sudah matang. Jadi cukup berikan daging sapi giling sebanyak  1-2 ons saja.

Jika kucing belum terbiasa dengan daging sapi giling yang sudah dimasak, coba dalam jumlah kecil untuk memberi peluang bagi kucing untuk beradaptasi. Mulai dengan meletakkan sedikit dijarimu dan biarkan kucing peliharaanmu datang untuk mengendusnya. Jika belum juga tertarik, letakkan daging sapi giling  yang matang sedikit dekatmu untuk memancing rasa ingin tahunya. Jika sudah menyukainya, baru disediakan dengan jumlah lebih banyak lebih banyak di lain waktu.