TRANSLATE

Hindari Memberi Pakan Secara Berlebihan Pada Sapi Bunting

Budidaya sapi bibit memang mengandalkan pedet sebagai hasil usaha, selain penambahan bobot pada induknya. Banyak hambatan dan kendala yang harus dihadapi, diantaranya, kekurangan nutrisi dan gangguan reproduksi.  Seperti  kesulitan melahirkan (distokia). Hal tersebut  bisa terjadi salah satunya karena perkawinan yang belum cukup umur.

Hal lain yang sering diabaikan peternak  adalah tidak adanya catatan  perkawinan sapi indukannya, sehingga tidak dapat diperkirakan waktu kelahiran pedetnya agar dapat diawasi. Akibatnya, peternak tidak dapat meminta bantuan  jika terjadi kesulitan melahirkan dan pedetnya mati.

Untuk itulah, peternak  perlu manajemen yang baik.  Yang paling penting adalah manajemen pakan. Memberi pakan secara berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya berat calon pedet yang akan dilahirkan, timbunan lemak intrapelvis yang dapat menurunkan efektifitas perejanan yang pada akhirnya induk sapi akan mengalami kesulitan pada saat beranak.

Sebaliknya, mengurangi pemberian pakan secara drastis pada beberapa minggu terakhir kebuntingan juga harus dihindari.  Karena calon pedet akan terus tumbuh, sedangkan tubuh induk akan menjadi korban karena nutrisinya diserap olah calon pedet yang akan dilahirkan tersebut.

Oleh sebab itu,  manajemen pakan saat sapi bunting perlu diatur agar tidak terjadi peningkatan berat badan yang drastis, namun perlu diperhatikan juga agar tidak kekurangan pakan untuk induk sapi dan calon pedetnya.

Sumber: distan.bulelengkab.go.id

Usaha Peternakan Sapi Seperti Apakah Yang Harus Diurus Izinnya?

"Warga Mengeluh, Peternakan Sapi Tanpa Izin Dibiarkan Tetap Beroperasi", demikian judul sebuah berita yang dilansir oleh dejurnal.com, pada tanggal 07 Mei 2021. Peternakan tersebut terletak di Kampung Ciherang Rt 02 Rw 01 Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Menurut informasi yang diperoleh, peternakan tersebut memang tidak memiliki izin, dan keberadaannya tidak mendapatkan restu masyarakat sekitar. Baca selengkapnya...

Pernak Pernik Sapi Dijual

Patung Keramik Pasangan Sapi

Tinggi 13 cm, Panjang 5,5 cm, Lebar 3,5

Mug Sapi Biru

Bahan keramik, Tinggi 10, Diameter 8,5 cm

Perlengkapan Mandi Bentuk Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm, Tinggi 14 cm

Magnet Kulkas Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm

Pensil Motif Sapi

Pensil Faber Castell. Panjang 17,4 cm

Sendok Bayi Gambar Sapi

Bahan plastik, Panjang 9 cm, Lebar 9 cm