Danish Red, Sapi Penghasil Susu Protein Tinggi

"Red Danish, atau biasa disebut Red Dane, merupakan ternak sapi yang berasal dan dikembangbiakkan di wilayah Eropa bagian utara (Denmark)"

Selain Australia, Eropa merupakan benua yang kondisi dan iklimnya sangat cocok untuk menjalankan usaha pertanian dan peternakan. Untuk peternakan sendiri, di Eropa banyak dikembangbiakkan aneka jenis sapi perah dan sapi potong, serta mamalia jenis lain seperti domba, lembu, babi, dan sebagainya. Selain ternak sapi perah jenis Friesian Holstein asal Belanda, Eropa juga memiliki sapi perah unggulan jenis lain, yakni Red Danish, yang sesuai namanya tentu berasal dari negara Denmark.

Di sini, ada sekitar 40.000 lebih ekor ternak sapi perah yang nantinya akan diambil dagingnya jika sudah melewati masa laktasi (tidak bisa lagi menghasilkan susu). Karena kualitasnya yang sangat baik, Red Dane (dulu disebut sapi Angeln) kini sudah banyak diekspor ke berbagai negara untuk meningkatkan kualitas sapi lokal melalui sistem kawin silang. Beberapa sapi keturunan hasil persilangan dengan Red Danish di antaranya adalah Lithuanian Red, Estonian Red, Latvian Red, Polish Red, Belarus Red, Russian Red, dan sebagainya yang namanya memakai negara lokal sapi perah tersebut.

Corak merah yang kuat pada Red Danish ini membuatnya semakin dikenal untuk dikawinsilangkan dengan beberapa ternak sapi lokal di negara beriklim tropis, seperti sapi Sahiwal, Red Sindhi, dan Butana. Sapi-sapi ini sudah dikenal menghasilkan susu dalam jumlah banyak dengan kandungan lemak dan protein yang jauh lebih tinggi dari yang dihasilkan sapi Friesian Holstein.

Sapi yang memiliki nama ilmiah Bos Taurus ini juga memiliki keunggulan yang tidak dijumpai pada sapi lain, seperti:

  • Usia Lebih Panjang;  Dibandingkan dengan sapi perah jenis lain, Red Danish memiliki usia dan harapan hidup yang lebih panjang. Hal ini tentu akan menaikkan jumlah produksi susu yang dihasilkan.

 

  • Tinggi Lemak dan Protein; Sapi Red Dane mampu menghasilkan susu dengan kandungan lemak mentega dan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan sapi jenis lain, bahkan Fries Holland sekalipun.

 

  • Kebal Penyakit; Sapi perah asal Denmark ini juga terkenal karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

 

  • Tingkat Fertilitas Tinggi; Selain produksi susu yang berlimpah, Red Danish juga memiliki tingkat kesuburan yang tinggi sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk beranak dan melewati masa-masa laktasi (biasanya kurang dari 13 bulan).

 

  • Perawakannya besar, bobot tubuh sapi Red Danish betina bisa mencapai 660 kg, sedangkan jantannya bisa mencapai 1 ton.

 

  • Berat sapi Red Dane saat dilahirkan biasanya berkisar antara 36 kg sampai 40 kg dengan kenaikan berat badan rata-rata mencapai 1,4 kg per hari.

 

Nah, semoga informasi mengenai sapi perah Red Danish di atas semakin menambah wawasan Anda ya!

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...