Danish Red, Sapi Penghasil Susu Protein Tinggi

"Red Danish, atau biasa disebut Red Dane, merupakan ternak sapi yang berasal dan dikembangbiakkan di wilayah Eropa bagian utara (Denmark)"

Selain Australia, Eropa merupakan benua yang kondisi dan iklimnya sangat cocok untuk menjalankan usaha pertanian dan peternakan. Untuk peternakan sendiri, di Eropa banyak dikembangbiakkan aneka jenis sapi perah dan sapi potong, serta mamalia jenis lain seperti domba, lembu, babi, dan sebagainya. Selain ternak sapi perah jenis Friesian Holstein asal Belanda, Eropa juga memiliki sapi perah unggulan jenis lain, yakni Red Danish, yang sesuai namanya tentu berasal dari negara Denmark.

Di sini, ada sekitar 40.000 lebih ekor ternak sapi perah yang nantinya akan diambil dagingnya jika sudah melewati masa laktasi (tidak bisa lagi menghasilkan susu). Karena kualitasnya yang sangat baik, Red Dane (dulu disebut sapi Angeln) kini sudah banyak diekspor ke berbagai negara untuk meningkatkan kualitas sapi lokal melalui sistem kawin silang. Beberapa sapi keturunan hasil persilangan dengan Red Danish di antaranya adalah Lithuanian Red, Estonian Red, Latvian Red, Polish Red, Belarus Red, Russian Red, dan sebagainya yang namanya memakai negara lokal sapi perah tersebut.

Corak merah yang kuat pada Red Danish ini membuatnya semakin dikenal untuk dikawinsilangkan dengan beberapa ternak sapi lokal di negara beriklim tropis, seperti sapi Sahiwal, Red Sindhi, dan Butana. Sapi-sapi ini sudah dikenal menghasilkan susu dalam jumlah banyak dengan kandungan lemak dan protein yang jauh lebih tinggi dari yang dihasilkan sapi Friesian Holstein.

Sapi yang memiliki nama ilmiah Bos Taurus ini juga memiliki keunggulan yang tidak dijumpai pada sapi lain, seperti:

  • Usia Lebih Panjang;  Dibandingkan dengan sapi perah jenis lain, Red Danish memiliki usia dan harapan hidup yang lebih panjang. Hal ini tentu akan menaikkan jumlah produksi susu yang dihasilkan.

 

  • Tinggi Lemak dan Protein; Sapi Red Dane mampu menghasilkan susu dengan kandungan lemak mentega dan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan sapi jenis lain, bahkan Fries Holland sekalipun.

 

  • Kebal Penyakit; Sapi perah asal Denmark ini juga terkenal karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

 

  • Tingkat Fertilitas Tinggi; Selain produksi susu yang berlimpah, Red Danish juga memiliki tingkat kesuburan yang tinggi sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk beranak dan melewati masa-masa laktasi (biasanya kurang dari 13 bulan).

 

  • Perawakannya besar, bobot tubuh sapi Red Danish betina bisa mencapai 660 kg, sedangkan jantannya bisa mencapai 1 ton.

 

  • Berat sapi Red Dane saat dilahirkan biasanya berkisar antara 36 kg sampai 40 kg dengan kenaikan berat badan rata-rata mencapai 1,4 kg per hari.

 

Nah, semoga informasi mengenai sapi perah Red Danish di atas semakin menambah wawasan Anda ya!

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

  • Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah Kandang Ideal Bagi Anak Sapi Perah
    "Merawat anak sapi perah sangat penting dalam usaha ternak, sebab angka kematian sapi tertinggi adalah selama masih pedet yakni saat baru lahir hingga usia 3 bulan."

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.