Loading...
iden

Komposisi Campuran Pasir Dan Semen DynamiX Yang Tepat Untuk Membangun Dinding Kandang Sapi

Material bangunan yang digunakan untuk membuat dinding kandang sapi sangat menentukan kualitasnya. Dan dinding bata adalah pilihan terbaik. Untuk membangun dinding bata, diperlukan bahan  adukan yang terdiri dari campuran pasir, batu split atau batu kerikil dan semen. Khusus untuk semen, salah satu merk semen yang terkenal ekonomis, tahan lama, kuat, cepat kering dan enteng adalah Semen DynamiX.

Untuk membuat adukan, komposisi atau perbandingan bahan yang digunakan harus disesuaikan dengan peruntukannya. Berikut ini adalah panduan untuk membuat adukan pasir dan semen DynamiX untuk berbagai keperluan yaitu:

 

I. UNTUK MEMASANG BATA

Ada dua macam perbandingan yaitu:

1. Semen DynamiX 1 bagian + pasir 4 bagian.; Digunakan untuk membuat dinding bata baik yang tertutup tanah, seperti membuat kolam penampungan limbah sapi atau bak untuk cadangan kebutuhan air agar tidak rembes, ataupun dinding bata pada umumnya

2. Semen DynamiX 1 bagian + pasir 6 bagian; Dipakai untuk plesteran dinding yagn berada diatas tanah. Untuk kolam yang dindingnya dibawah tanah, perbandingannya di kurangi yaitu 1 bagian semen + 4 bagian pasir.

 

II. UNTUK ADUKAN BETON

Komposisinya adalah : Semen DynamiX 1 bagian + pasir 2 bagian + batu split 3 bagian; Komposisi bahan bangunan ini digunakan untuk bangunan standar. Untuk yang membutuhkan struktur khusus seperti kolam yang dibeton, maka perbandingannya adalah 1 : 1.5 : 2.5 yaitu 1 bagian semen DynamiX + 1,5 bagian pasir + 2,5 bagian split.

 

Dinding bata atau tembok adalah salah satu pilihan dari 3 bahan dinding bangunan kandang sapi selain kayu dan bambu. Tembok adalah yang terkuat, tidak mudah ambruk, baik saat tertiup angin maupun terkena benturan atau tendangan sapi dari dalam kandang.
    
Namun, kekurangan dari tembok bata adalah terhambatnya sirkulasi udara bila tembok bata dibangun terlalu tinggi. Solusinya adalah dengan membuat beberapa lubang agar udara bisa keluar masuk dengan leluasa. 
    
Bila ingin memilih kayu untuk dinding kandang, pastikan bahwa kayu yang digunakan cukup kuat. Ada beberapa kelebihan dari kayu walaupun saat ini harganya lebih mahal dari dinding bata, yaitu memberikan rasa adem di dalam kandang. Ada berbagai macam kayu yang bisa dipilih, bahkan bisa menggunakan kayu daur-ulang (seperti bekas rumah atau gudang), selama kualitasnya masih bagus. 
    
Lalu, apa kekurangan dari kayu untuk dinding kandang sapi? Selain mudah lapuk dimakan rayap atau terkena pengaruh perubahan cuaca (baik musim kemarau maupun musim hujan), kayu juga lebih rentan terhadap benturan. Kayu yang telah pecah juga berpotensi mencederai sapi yang membentur dinding kayu tersebut.
    
Bagaimana dengan bambu? Butuh keahlian khusus untuk menyambungkan banyak bambu sebagai bahan dinding bangunan kandang yang kuat. Selain lebih murah dan bahkan bisa ditemukan di hutan bambu, sirkulasi udara juga lebih lancar mengalir lewat sela-sela bambu. Kekurangannya? Belum tentu sekuat kayu walaupun sama-sama dirawat dengan apik.

Demikian sedikit informasi tentang dinding kandang sapi. Sekali lagi, pemilihan bahan untuk kandang tergantung kebutuhan dan dana yang Anda miliki sebagai pemilik usaha peternakan. Apakah akan menggunakan dinding bata yang dibuat dengan adukan semen DynamiX dan pasir, kayu ataupun bambu....

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

DR. Ashari, Pakar Studi Kelayakan dan Manajemen Usaha Ternak

Dr. Ashari a biology degree (Department of Zoology / Ecology) in 1970 from the University of Gadjah Mada. Education S3 (Department of Animal Sciences) Doctoral degree (Dr.) in 1992 with a dissertation titled "Goat Ranch perspective on the various Agro-ecosystem in the Road (A Survey on the road and in the case study of two village-Bogor District Ciawi)". Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.