Dinding Kandang Sapi Potong

Dalam perkandangan sapi potong, banyak sekali hal yang harus dicermati, mulai dari model kandang sapi potong hingga konstruksi kandang sapi potong. Bila sudah memikirkan desain atapnya, kini saatnya Anda mulai fokus pada pembangunan untuk dinding kandang sapi potong.
    
Untuk atap pada kandang sapi potong, genting merupakan bahan yang paling murah dan mudah untuk didapatkan. Selain itu, bahannya yang tidak menyerap panas tidak akan membuat ternak sapi kegerahan saat berada di dalam kandang. Namun, bagaimana dengan dinding kandang sapi potong? Bahan-bahan apakah yang kira-kira cocok agar kandang sapi potong tidak hanya dapat berdiri dengan kokoh, namun juga tidak mudah ambruk tertiup angin atau, mungkin tanpa sengaja, tertendang oleh sapi jantan yang tiba-tiba mengamuk di dalam kandang? Kemungkinan semacam ini tetap ada, meski jarang terjadi.
    
Menurut website Jualan Sapi, ada tiga jenis bahan yang dapat dijadikan dinding kandang sapi potong, yaitu tembok, kayu, atau bambu. Bila ingin memilih yang terkuat, Anda bisa menggunakan tembok bata agar konstruksi kandang sapi potong benar-benar solid dan tidak mudah ambruk, baik saat tertiup angin maupun terkena benturan atau tendangan sapi jantan dari dalam kandang.
    
Namun, kekurangan dari tembok bata adalah terhambatnya sirkulasi udara bila tembok bata dibangun terlalu tinggi. Bisa saja di beberapa titik tembok dilubangi agar sapi-sapi tetap bisa bernapas. Sekali lagi, semua ini tergantung kebutuhan dan dana yang Anda miliki sebagai pemilik usaha peternakan.
    
Bila ingin memilih kayu yang bahannya lebih alami, pastikan bahwa kayu yang Anda gunakan sebagai dinding kandang sapi potong cukup kuat. Selain itu, kelebihan dari bahan kayu adalah lebih murah dan dapat memberikan rasa adem di dalam ruangan, termasuk kandang. Bahkan, Anda bisa menggunakan kayu daur-ulang (seperti bekas rumah atau gudang), selama kualitasnya masih bagus dan dijamin kuat atau bahkan awet. Bisa dipastikan, ternak sapi milik Anda akan merasa lebih betah di kandang. Dari sela-sela kayu pun, udara dapat mengalir masuk dan keluar dengan lancar.
    
Lalu, apa kekurangan dari bahan kayu untuk dinding kandang sapi potong? Selain mudah lapuk dimakan rayap atau terkena pengaruh perubahan cuaca (baik musim kemarau maupun musim hujan), bahan kayu juga lebih rentan benturan atau tendangan daripada bahan tembok bata. Tidak hanya itu, serpihan-serpihan kayu yang terlepas akibat proses pelapukan juga dapat mencederai sapi yang tanpa sengaja terbentur pada dinding kandang.
    
Bagaimana dengan bambu? Butuh keahlian khusus untuk menyambungkan banyak bambu hingga membentuk dinding yang kuat untuk kandang sapi potong. Selain lebih murah dan bahkan bisa ditemukan di hutan bambu, sirkulasi udara juga lebih lancar mengalir lewat sela-sela bambu. Kekurangannya? Belum tentu semua pemilik hutan bambu rela menyumbangkan bahan.

 

Sumber:

  • produknaturalnusantara.com
  • usahaternak.com
  • jualansapi.com

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

-----------------------------

INGIN MEMBUKA USAHA TERNAK?

Silahkan pilih program pendidikan dan pelatihan khusus untuk pemula, yang dibagi berdasarkan komoditas ternaknya yaitu :

  1. Ternak Sapi
  2. Ternak Kambing & Domba
  3. Ternak Ayam
  4. Ternak Itik
  5. Ternak Kelinci

 

 UNTUK PETERNAK YANG SUDAH BERPENGALAMAN

Tersedia beberapa program khusus, untuk mengoptimalkan pendapatan usaha ternak yang sedang dijalankan yaitu:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

Semua Tentang Sapi

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang. Mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sekelompok peternak terpanggil untuk mengadakan diskusi tentang peternakan sapi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di PT. Baru Adjak Lembang, pada tanggal 07 April 1976.