Loading...
iden

Gede Banget! Inilah 5 Fakta Unik Sapi Limosin

Bicara soal sapi, jenisnya memang ada banyak. Mulai dari sapi Bali, Belgian Blue, Brahman, hingga limousin. Di antara sapi-sapi tersebut, sapi limosin merupakan sapi yang paling besar badannya. Dengan bodinya yang gede banget itu, terselip banyak fakta unik tentang sapi limousin. Apa saja itu? Duniasapi.com akan mengajak Anda mengulik 5 fakta unik di sapi jumbo itu.Rasanya tak berlebihan memang kalau menyebut Limosin sebagai raksasanya sapi. Pasalnya, sapi ini benar-benar besar ukurannya. Bobotnya saja, rata-rata bisa mencapai di atas 1 ton.

Malahan jika terlampau subur, sapi Limosin bisa memiliki bobot mendekati 2 ton. Bobot ini hampir setara dengan berat kontainer barang berukuran 20 kaki. Seperti disebut Wikipedia, kontainer barang dengan ukuran tersebut rata-rata bobotnya mencapai 2,4 ton. Jika dibandingkan dengan sapi lokal, bobot sapi limosin pun 3 sampai 4 kali lipatnya.

 

 

Menjadi Sapi Primadona di Indonesia

Ukuran sapi yang begitu besar membuat Limosin tak difungsikan sebagai sapi pekerja alias digunakan untuk membantu kegiatan pertanian, misalnya, membajak. Sebaliknya, limosin hadir sebagai sapi kelas ‘elite’. Sapi ini spesial dikembangkan untuk diambil dagingnya atau kepentingan ekspor.

 

Perlakuan istimewa

Menyandang gelar sebagai ‘rajanya para sapi’ di Tanah Air, sapi limosin pun mendapatkan perlakuan yang istimewa. Selain tak digunakan sebagai sapi pekerja, para lumosin pun dirawat dengan penuh kelembutan.

Berbeda dengan sapi-sapi biasa yang digunakan untuk membajak atau menarik gerobak yang dimandikan dengan digosok-gosok bandannya menggunakan rumput atau sabut kelapa, ‘prosesi’ mandi sapi limosin lebih ‘wah’. Limosin dimandikan secara lebih manusiawi. Saat mandi digosok menggunakan kuas lembut, bahkan sampai dipijat. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan ototnya lebih sempurna.

 

Harganya Selangit!

Umumnya harga sapi dewasa di Indonesia berkisar di atas Rp 10 juta-an sampai Rp 20 juta-an untuk ukuran yang begitu besar dan kualitas sangat prima. Namun, limosin lebih mahal dari harga sapi-sapi pada umumnya. Harganya bahkan bisa menembus puluhan juta hanya untuk yang berumur masih sekitar 1 atau 2 tahun saja.

Dengan harganya yang menjulang, tak heran jika sapi-sapi limosin kerap kali menjadi pilihan para pesohor negeri, termasuk pejabat negara untuk dijadikan hewan kurban. Presiden Jokowi belum lama ini, saat Idul Adha tahun 2019 lalu juga mempersembahkan hewan kurban berupa sapi limosin dengan berat 1,7 ton. Harga sapi tersebut ditengarai menembus angka Rp 100 juta lebih.

 

Asal usul sapi limosin

Melihat berbagai keistimewaan yang dimilikinya itu, pasti ada di antara Anda yang bertanya-tanya, sebenarnya dari mana sapi itu berasal? Apakah sapi itu asli Indonesia?

Sebenarnya, limosin pertama kali dikembangbiakkan di Perancis. Awalnya sapi tersebut berasal dari Haute-Vienne, Prancis. Sapi yang masuk dalam bangsa Bos Taurus itu lantas dipelihara secara masal untuk diambil dagingnya. Tubuhnya besar dan berotot, sehingga kerap digunakan untuk membajak sawah. Namun, hal ini tak terjadi di Indonesia. Limosin lebih dijadikan sebagai sapi pedaging daripada menjadi sapi pekerja. Sementara itu, sapi limosin yang kini populer di Indonesia adalah hasil persilangan antara jenis Ongole dan Brahman.

Nah, demikian 5 fakta unik tentang sapi limosin. Melihat prospeknya yang bagus, sapi ini pantas dijadikan pilihan untuk dikembangkan. Apalagi, mengingat makanan sapi ini juga terbilang mudah didapati. Tak perlu menggunakan pakan buatan pabrik, cukup berikan saja sapi-sapi tersebut dengan rumput yang dibudidaya alami. Sebut saja seperti rumput gajah, rumput gembala, atau jenis kacang-kacangan. Pemberian makanan bisa diselang-seling agar si sapi juga tak bosan. 

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

DR. Ashari, Pakar Studi Kelayakan dan Manajemen Usaha Ternak

Dr. Ashari a biology degree (Department of Zoology / Ecology) in 1970 from the University of Gadjah Mada. Education S3 (Department of Animal Sciences) Doctoral degree (Dr.) in 1992 with a dissertation titled "Goat Ranch perspective on the various Agro-ecosystem in the Road (A Survey on the road and in the case study of two village-Bogor District Ciawi)". Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.