Loading...
iden

Habitat Sapi Di Gunung Tambora

Padang Savana Doroncanga yang berada disebelah selatan kaki Gunung Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan habitat sapi dengan pemandangan yang indah. Ditempat ini hewan ternak  yang mayoritasnya adalah sapi, dilepas liar oleh pemiliknya. Padang savana di kaki Gunung Tambora adalah salah satu lokasi pelepasan hewan di Provinsi NTB, setiap hari ada ribuan ternak yang berkeliaran disini.

Uniknya, para pemilik hewan ternak ini tidak takut tertukar atau hilang, karena mereka menandai masing-masing ternaknya dengan cara diberi simbol di badannya.

Lahan di Padang Savana Doroncanga ini sebenarnya dipenuhi bebatuan hasil letusan gunung Tambora pada tahun 1815, namun rumput yang menjadi makanan sapi tumbuh dengan subur di sela-sela bebatuan tersebut. Sapi disini sangat mahir mencari rumput rumput, karena merupakan habitas sapi sejak lahir. makan, minum dan tidur selalu ditempat ini.

Sapi-sapi ini juga memiliki jadwal aktifitas yang teratur, pada jam 04.00 WITA, ribuan sapi akan tampak beriringan menuju pusat air minum di sekitar pinggir pantai. Pukul 12.00 WITA, sapi akan beristirahat hingga sore hari. Sore harinya sekitar jam 16.00 WITA, kembali mencari makanan di sekitar kaki gunung.

Demkian juga di Padang Savana Saraenduha, meski areanya tidak terlalu luas karena sebagian telah ditanami tebu oleh perusahaan gula yang baru beroperasi di Dompu. Tidak seperti di Padang Savana Doroncanga, habitat sapi ditempat ini agak mengkhawatirkan para pemilik sapi, karena sering terjadi kehilangan ternak, tidak hanya sapi, tapi juga kerbau, maupun kuda.

Akibatnya, mereka harus berjaga-jaga dan menginap di area pelepasan. Hilangnya ternak bukan pada lokasi savana bukan karena pencurian akan tetapi ikut bergabung dengan hewan ternak lainnya. Seperti yang terjadi pada saat penyelenggaraan Festival Pesona Tambora (FPT) pada tahun 2018, banyak ternak yang hilang, baik sebelum kegiatan maupun sesudah kegiatan.

 

Sumber: kumparan.com

 

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Muhammad Sholeh, Tukang Tambal Ban yang Menjadi Contoh Pengusaha Sukses Di Bidang Peternakan Sapi

Tidak ada yang bisa menebak nasib seseorang. Tak ada pula yang bisa menentukan secara pasti rejeki seseorang. Namun, satu hal yang pasti kerja keras adalah resep mujarab untuk menjadi contoh pengusaha sukses. Hal ini pun telah pula dibuktikan oleh Muhammad Sholeh. Pria paruh baya yang dulu berprofesi sebagai tukang tambal ban itu, kini menjelma menjadi peternak sapi sukses Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.