Biogas Kotoran Sapi Sebagai Pengganti BBM Sepeda Motor

Pemikiran Seorang Mahasiswa Indonesia Yang Mendunia

Suatu ketika, Rizal Justian Setiawan, seorang mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), pergi berkunjung ke rumah salah satu temannya di Desa Tirtahargo Bantul.

Saat tiba di wilayah tersebut, Rizal mencium bau kurang sedap yang menyebar hampir di seluruh desa. Bau tersebut ternyata berasal kandang ternak sapi. Mayoritas penduduk di desa tersebut memang menggantungkan pendapatannya dari usaha ternak sapi.

Namun karena tidak dilakukan pengolahan pada limbah yang dihasilkan, kotoran tersebut sangat mengganggu lingkungan. Atas dasar itulah, Rizal mencoba solusi atas permasalahan tersebut.

Idenya adalah dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM) yang harganya makin hari kian meningkat. Prinsip dasarnya adalah mengolah kotoran sapi agar menghasilkan Biogas yang dapat digunakan pada kendaraan bermotor.

Penelitiannya dilakukan selama 5 bulan penuh, dengan hasil yang sangat memuaskan. Berkat inovasi tersebut, Rizal ditunjuk menjadi satu-satunya delegasi Indonesia dalam short course World Forum of Future Leaders of Environmental di University of Tehran, Tehran, Iran yang digelar baru-baru ini.

Perwakilan dari ASEAN hanya ada dua orang, dari Indonesia dan Malaysia. Yang sangat membanggakan, status Rizal sebagai mahasiswa undergraduate harus bersaing dengan seorang dosen dari Universiti Putra Malaysia.

World Forum of Future Leaders of Environmental adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk memberikan dasar-dasar penelitian terkait teknologi tepat guna yang berdampak untuk lingkungan serta mengenalkan beberapa masalah subjek bidang natural resources terkini kepada mahasiswa program sarjana yang senior, mahasiswa program pascasarjana, mahasiswa strata tiga dan peneliti yang berkecimpung di dunia Engineering maupun Natural Resources.

Event internasional ini dihadiri oleh para delegasi dari berbagai negara dunia diantaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Tunisia, Afrika Selatan, Jerman, Italia, Finlandia, Saudi Arabia. China, Jepang, Inggris, India, Prancis dan lain-lain.

Sumber: okezone.com

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...