Loading...
iden

Biogas Kotoran Sapi Sebagai Alternatif BBM Satu Harga PERTAMINA

Transportasi adalah salah satu kebutuhan keluarga yang memerlukan biaya cukup besar.  Bagi yang memiliki kendaraan sendiri, seperti sepeda motor, biaya bahan bakar minyak (BBM) merupakan pengeluaran wajib yang harus diperhitungkan selain parkir. Apalagi jika kendaraannya wajib menggunakan jenis bahan bakar dengan oktan tinggi. Ditambah lagi BBM satu harga PERTAMINA yang pada prakteknya dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah harga minyak dunia yang cenderung semakin mahal.

BBM satu harga PERTAMINA dianggap selalu memberatkan masyarakat, terutama bagi kehidupan kalangan menengah ke bawah. Berangkat dari kondisi tersebut, Rizal Justian Setiawan, seorang mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mencoba mengembangkan jenis bahan bakar alternatif dari kotoran sapi.

Idenya muncul ketika Rizal pergi berkunjung ke rumah salah satu temannya di Desa Tirtahargo Bantul. Saat tiba di wilayah tersebut, Rizal mencium bau kurang sedap yang menyebar hampir di seluruh desa. Bau tersebut ternyata berasal kandang ternak sapi. Mayoritas penduduk di desa tersebut memang menggantungkan pendapatannya dari usaha jual beli sapi dan penggemukan sapi.

Namun karena tidak dilakukan pengolahan pada limbah yang dihasilkan, kotoran tersebut sangat mengganggu lingkungan. Atas dasar itulah, Rizal mencoba solusi atas permasalahan tersebut.

Ia mencoba mengolah kotoran sapi menjadi pengganti BBM satu harga PERTAMINA. Prinsip dasarnya adalah mengolah kotoran sapi agar menghasilkan Biogas yang dapat digunakan pada kendaraan bermotor.

Penelitiannya dilakukan selama 5 bulan penuh, dengan hasil yang sangat memuaskan. Berkat inovasi jenis bahan bakar tersebut, Rizal ditunjuk menjadi satu-satunya delegasi Indonesia dalam Short course World Forum of Future Leaders of Environmental di University of Tehran, Tehran, Iran, dimana semua fasilitas mulai dari tiket pesawat, hotel, hingga akomodasi ditanggung oleh lembaga pendidikan tersebut.

Yang membanggakan lagi, dari seluruh negara ASEAN hanya ada dua orang perwakilan, dari Indonesia dan Malaysia. Dan status Rizal pada saat itu adalah, mahasiswa undergraduate, yang harus bersaing dengan dosen dari Universiti Putra Malaysia.

Pemikiran  Rizal dianggap sebagai "Ide Terbaik" terkait teknologi tepat guna yang berdampak untuk lingkungan, oleh sebab itu ia diminta untuk memaparkan ide-idenya di bidang natural resources terkini, kepada mahasiswa program sarjana yang senior, mahasiswa program pascasarjana, mahasiswa strata tiga dan peneliti yang berkecimpung di dunia Engineering maupun Natural Resources.

Event World Forum of Future Leaders of Environmental ini dihadiri oleh para delegasi dari berbagai negara, diantaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Tunisia, Afrika Selatan, Jerman, Italia, Finlandia, Saudi Arabia. China, Jepang, Inggris, India, Prancis dan lain-lain.

Berkat Rizal, masyarakat Desa Tirtahargo Bantul kini tidak lagi bermasalah dengan kotoran sapi, dan bisa menjalankan bisnis jual beli sapi dan usaha penggemukan sapi dengan tenang.

Sumber: okezone.com

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Prof. Dr. Ir. I Wayan Mathius MSc., Doktor Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Beliau adalah alumnus SMA Katholik Surya di Atambua, Nusa Tenggara Timur, lulus pada tahun 1969. Tahun 1975 menyelesaikan pendidikan Sarjana Muda dalam bidang Produksi Peternakan pada Universitas Nusa Cendana Kupang, NTT dan Program S1 (1979) di Universitas Udayana Bali dalam bidang yang sama. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.