Iga Sapi, Lebih Enak Dipanggang Diatas Bara Atau Di Oven ?

"Suhu pada saat pemasakan adalah koenci".

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian dari daging sapi yang berada disekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang menjadi pilihan para penggila daging sapi. Yang disebut sebagai daging iga sapi secara keseluruhan, dihitung dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12. Tapi yang umum dikonsumsi, adalah iga ke 2 sampai dengan 7..

Di khasanah kuliner tradisional Indonesia, ada beberapa jenis olahan daging iga sapi (short ribs) yang sangat terkenal kelezatannya, yaitu semur dan sop konro. Tapi, dari semua jenis olahan daging iga sapi, steak adalah yang paling populer. Teknik pembuatannya bisa dipanggang atau digoreng dengan sedikit lemak atau minyak.

Memanggang bisa dikatakan sebagai teknik masak yang paling simpel. Namun, untuk menghasilkan iga panggang yang nikmat, ada beberapa tips dan trik yang harus dilakukan sesuai dengan peralatan yang digunakan yaitu:

  • Bara Api; Mulailah dengan mengoleskan bumbu pada seluruh permukaan iga sapi. Kemudian panggang dengan suhu di kisaran 107 derajat Celcius selama beberapa saat. Beri bumbu lagi, lalu atur waktu pemanggangannya, sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.
  • Oven; Balur seluruh permukaan iga sapi dengan bumbu, kemudian bungkus dengan alumunium foil, tujuannya agar minyak dan sari daging sapi tidak terbuang percuma. Masukkan kedalam oven, selanjutnya atur temperatur oven pada suhu yang ideal yaitu sekitar 107 derajat Celcius. Lamanya pemanggangan dapat disesuaikan dengan hasil yang diinginkan. Steak yang dimasak dengan menggunakan oven, hasilnya memang jauh lebih sempurna karena suhunya relatif lebih stabil.

 

Tips:

Untuk mendapatkan iga sapi dengan bumbu yang meresap sempurna, sebaiknya dilakukan perendaman (marinasi) selama semalam, sebelum dipanggang menggunakan bara api ataupun oven.

 

Sumber:

  • topmetro.news
  • wikipedia
  • steakpastaburger.wordpress.com
  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...