TRANSLATE

Ingin Memiliki Usaha Ternak Sapi Menguntungkan? Ikuti Cara-Cara Ini

Dari dulu sampai sekarang, beternak merupakan salah satu usaha yang memiliki profit tinggi. Untuk ternak sapi, dalam satu kali penjualan bisa sampai puluhan juta. Bayangkan jika transaksi ini terjadi setiap hari, pastinya keuntungan yang didapatkan pun sampai ratusan juta.

Cara Beternak Sapi Dengan Benar

Sapi sendiri termasuk hewan yang dalam perawatannya cukup sulit. Terlebih lagi jika ingin mengembangkan sebagai salah satu usaha. Pastinya bukanlah hal mudah, namun mengingat keuntungannya yang besar membuat banyak orang berlomba menemukan trik merawat sapi secara tepat.

Untuk Anda yang ingin beternak sapi, perhatikan beberapa hal berikut dengan baik supaya tidak membuat rugi kedepannya.

Menetapkan Modal Awal

Beternak sapi memang membutuhkan modal yang cukup besar. Jadi jika sudah berniat untuk memiliki usaha ternak sapi, maka jangan ragu mengeluarkan anggaran dalam jumlah banyak. Sebab nantinya akan mendapatkan keuntungan berkali lipat. Untuk anggaran awal harus mampu mencukupi kebutuhan beberapa ternak sapi. Modal awal sendiri bukan hanya soal uang, namun dari segi jaringan pertemanan. Semakin luas jaringan pertemanan yang dimiliki, maka bisa mudah mendapatkan informasi cara merawat sapi dan bagaimana beternak dengan baik.

Pemilihan Jenis Sapi

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memilih jenis sapi untuk di ternak. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis sapi yang bisa di ternak. Mulai dari sapi Madura, sapi Bali, sapi Ongole, dan masih banyak lainnya. Anda harus tahu terlebih dahulu jenis sapi lokal dan sapi impor. Baru setelahnya memilih jenis sapi mana yang akan dibudidayakan. Apabila memilih sapi lokal, pastinya akan membutuhkan ketelatenan lebih. Ini karena pertumbuhan dan perkembangan cenderung lama, tetapi dari segi kualitas daging bagus.

Pemilihan Bibit Sapi Unggul

Jika sudah memilih jenis sapi yang akan dikembangbiakkan. Maka selanjutnya adalah memilih bibit sapi unggul dari jenis sapi yang sudah dipilih. Sapi ternak yang baik pastinya memiliki mata cerah dan bersih, juga hidungnya tidak berlendir. Jika ada lendir pada hidung, maka ada masalah pada pernapasan sapi. Kemudian dari segi bulu sapi pun bersih dan tidak rontok. Kukunya tidak panas jika disentuh dan dubur serta ekor pun juga harus diperiksa.

Menyiapkan & Membuat Kandang Sapi

Kandang sapi merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan jika ingin ternak sapi. Dalam pembuatan kandang sapi ini pastikan untuk menyiapkan lahan yang luas dan jangan dekat pemukiman. Setidaknya kandang memiliki jarak 10 meter dari perumahan. Selain itu pastikan bahwa kandang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk posisi kandang pun bisa dibuat satu baris sejajar atau dua baris berhadapan. Pemilihan posisi kandang ini tergantung dari jumlah sapi yang akan dikembangbiakkan. Juga jangan lupa untuk memberikan lubang ventilasi supaya kandang tidak lembap.

Pemberian Pakan

Supaya anakan sapi ternak cepat tumbuh dan perkembangan cepat, maka diperlukan pemberian pakan dengan cara tertentu. Umumnya kebanyakan sapi diberikan pakan hijau, namun untuk sapi ternak ternyata ini kurang efektif. Jadi pakan hijau ini perlu dikombinasikan dengan pakan dengan kandungan konsentrat. Misalnya dicampur dengan ampas tahu, bekatul, atau kulit kacang kedelai. Untuk meningkatkan kualitas pakan sapi, maka bisa diberikan rumput gajah atau setaria kolonjono.

Perawatan Sapi

Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi dan memberikan obat cacing pada sapi. Ini dimaksudkan untuk menjaga kekebalan tubuh sapi. Selain itu kandang juga harus dibersihkan setiap hari agar tetap kering. Dengan begitu bisa meminimalisir adanya virus dan penyakit yang bisa menyerang sapi. Jangan sampai kandang terkena cipratan hujan karena akan membuat lembap, bau, dan mudah diserang bakteri.