Loading...
iden

Apa Saja dan Bagaimana Cara Mengurus Izin Usaha Budidaya Peternakan Sapi Potong?

Ketika kita hendak membangun sebuah kegiatan usaha, salah satu langkah awal yang sangat penting yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan keberadaan tempat usaha kita dan mendapatkan izin. Izin untuk menjalankan usaha perdagangan ini disebut dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), izin usaha untuk peternakan sapi potong juga termasuk dalam izin usaha ini.

Untuk mengetahui cara membuat surat izin usaha bagi peternakan sapi potong, Anda dapat menyimak pembahasan singkatnya di bawah ini.

Kriteria Usaha Peternakan

Kriteria usaha sapi potong yang wajib memiliki surat izin usaha adalah perusahaan peternakan sapi potong yang memiliki minimal 200 ekor sapi indukan atau sapi dewasa bakalan untuk proses penggemukkan, atau memiliki sapi dengan jumlah keseluruhan sebanyak 500 ekor baik sapi potong campuran atau lainnya.

Namun, jika usaha peternakan sapi potong yang Anda miliki relatif lebih kecil, disarankan agar tetap mengajukan pengajuan untuk memperoleh surat izin usaha. Tujuannya agar anda lebih tenang menjalankan usaha budidaya.

 

Prosedur dan Syarat Izin Usaha

Pemohon dapat mengajukan permohonan dengan mengajukan persetujuan prinsip usaha budidaya ternak sapi terlebih dahulu kepada dinas terkait agar dapat dengan segera melakukan kegiatan administrasi dan persiapan fisik. Pada proses ini pemohon diwajibkan melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti:

  • Proposal.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan untuk perusahaan yang telah berbadan hukum.
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

 

Selanjutnya, pemohon kemudian mengajukan permohonan izin kepada kepala daerah melalui dinas terkait, dan mengisi formulir yang disediakan dengan melampirkan dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut:

  • Persetujuan prinsip yang telah disetujui pada proses sebelumnya.
  • Fotokopi indentitas diri atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari pemohon.
  • Fotokopi akte pendirian perusahaan untuk perusahaan yang telah berbadan hukum.
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Fotokopi surat status kepemilikan tanah.
  • Fotokopi surat Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT).
  • Fotokopi berkas Kelestarian Lingkungan (UPK) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL).
  • Fotokopi Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Fotokopi Izin Undang-Undang Gangguan (HO)
  • Fotokopi Surat Izin Tempat Usaha (SITU).
  • Izin tenaga kerja asing (bagi perusahaan yang menggunakan tenaga kerja asing pada usaha budidaya ternak).
  • Membayar uang materai.

 

Waktu penyelesaian

Proses penyelesaian surat izin usaha untuk peternakan dapat memakan waktu selama satu (1) hingga sepuluh (10) hari setelah menerima pengajuan permohonan, serta mengadakan pemeriksaan lapangan ke lokasi sesuai dengan pedoman usaha budidaya peternakan.

 

Biaya

Untuk mendapatkan surat izin usaha untuk peternakan (nama lainnya adalah tanda pendaftaran peternakan), rakyat dapat dikenakan retribusi yang sesuai jumlahnya dengan PERPU yang berlaku.

Nah, itu tadi merupakan pembahasan singkat bagaimana cara dan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan surat izin untuk usaha budidaya sapi potong Anda. Ingat, izin usaha merupakan bentuk legalitas dari usaha Anda, dan wajib Anda miliki saat Anda ingin memulai suatu usaha, hal ini guna menunjang kelancaran dan keamanan setiap usaha yang Anda lakukan. Semoga berhasil!

Cara Memilih Lahan untuk Membuka Usaha Peternakan Sapi di Indonesia

Pemilihan lahan atau kawasan peternakan yang tepat bisa mengoptimalkan pemeliharaan dan mempermudah berbagai akses yang berkaitan dengan penyediaan pangan dan distribusi penjualan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih lahan atau kawasan terbaik bagi usaha penggemukan sapi atau peternakan sapi di Indonesia.

Perlengkapan Yang Harus Tersedia Pada Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Potong

Membangun kandang bukan sekadar menyediakan tempat berlindung dari panas atau hujan. Konstruksi bangunan kandang melibatkan berbagai aspek, baik sarana maupun prasarana pendukungnya. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan kandang sapi potong yang dibutuhkan untuk mendukung dan mengoptimalkan usaha penggemukan sapi.

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.