Jenis Pakan Untuk Sapi Perah Bunting

"Sapi perah bunting membutuhkan perhatian khusus, terutama dalam hal pakan dan kesehatannya."

Kedua hal itu akan berpengaruh pada kondisi anak sapi atau pedet yang akan dilahirkan. Sapi perah bunting juga perlu banyak bergerak, jadi peternak harus rajin membawanya berjalan-jalan dan melepasnya di padang rumput. Manfaat banyak bergerak bagi sapi bunting yaitu untuk membuat peredaran darah lancar, sehingga anak dalam kandungan sapi sehat, mempermudah proses melahirkan, dan mencegah ketinggian ari atau dikenal dengan sebutan retentiosecundinarum.

Cara ternak sapi yang baik, selain melakukan perawatan tepat terhadap ternak, juga harus memperhatikan pakan sapi perah. Pakan sangat dibutuhkan oleh hewan ternak supaya dapat terus bertahan hidup, sumber tenaga, serta meningkatkan produktivitas sapi perah. Pastikan makanan yang Anda berikan mengandung nutrisi seimbang dan berkualitas prima. Pakan yang kaya nutrisi akan menunjang pertumbuhan, kesehatan, serta reproduksi sapi perah. Ciri pakan yang baik yaitu pakan ternak yang dapat memenuhi beberapa kebutuhan berikut ini.

  • Kebutuhan Pokok; yaitu kebutuhan pakan yang harus diberikan setiap hari agar keseimbangan dan kesehatan sapi terjaga. Pakan harus dapat memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Kebutuhan hidup pokok ini tergantung pada berat badan sapi.
  • Kebutuhan Pertumbuhan; merupakan kebutuhan pakan yang diperlukan ternak untuk menambah bobot tubuh serta pembentukan jaringan tubuh.
  • Kebutuhan Reproduksi; ialah makanan sapi perah yang dibutuhkan guna menunjang proses reproduksi, misalnya sapi tengah bunting.

Terdapat perbedaan kebutuhan pakan sapi bunting muda dengan sapi bunting tua. Untuk sapi bunting muda dengan umur kandungan 3-6 bulan, Anda harus memberikan pakan konsentrat atau pakan pelengkap yang terdiri dari beberapa campuran bahan seperti dedak, bekatul, biji-bijian, jagung giling, bungkil kelapa, dan sejenisnya minimal 3 kg per hari untuk seekor sapi bunting. Pakan hijauan yang segar juga bisa diberikan sebanyak 5 kg per hari untuk seekor sapi bunting.  

Ketika sapi memasuki usia bunting tua yaitu kandungan berumur 6-9 bulan, sebaiknya sapi dipindahkan ke tempat yang lebih lapang dan tali pengikatnya pun harus dilonggarkan sebagai latihan sebelum memasuki proses melahirkan. Sapi bunting tua membutuhkan pakan konsentrat minimal 4 kg per hari untuk seekor sapi dan pakan hijauan yang segar 5 kg per hari.

Sementara untuk kebutuhan air minum, sapi perah dalam sehari dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Ukuran sapi
  • Kelembapan udara
  • Kandungan air dalam pakan
  • Suhu lingkungan.

Walaupun air yang terkandung dalam hijauan bisa sampai 80%, namun belum dapat memenuhi kebutuhan air bagi sapi perah sebanyak 37-45 liter dalam satu hari. Oleh karena itu pasokan air untuk minum sapi harus selalu tersedia, sebab susu sapi 87% berupa air dan sisanya adalah bahan kering. Menurut Sudono, untuk memperoleh satu liter susu dalam sehari, sapi perah perlu mengonsumsi air sebanyak 3,5-4 liter.

Sapi yang sehat pasti mendapat pasokan pakan variatif dan bernutrisi. Apa saja jenis pakan yang baik untuk ternak? Berikut ulasannya.

  • Makanan Kasar; Contohnya adalah rumput, daun-daunan, sisa-sisa panen.
  • Makanan Tambahan dan Konsentrat; berupa vitamin dan obat-obatan (obat cacing, antibiotik, antitoksin, dan sejenisnya). Konsentrat adalah kombinasi berbagai jenis bahan pakan, seperti hasil pertanian (kedelai, jagung, kacang hijau) serta sisa industri pertanian (limbah) seperti dedak, bungkil, ampas tahu, dan sebagainya.

 

Persiapkan makanan yang bergizi saat Anda beternak sapi perah supaya kesehatan sapi terus terjaga.

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...