Kartu Tanda Pengenal Ternak Sapi

Pada saat ini, di India terdapat 88 juta ternak sapi dan kerbau (41 juta ekor kerbau dan 47 juta ternak sapi berbagai jenis). Dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dari industri susu pada tahun 2022, Perdana Menteri India Narendra Modi, mewacanakan penggunaan teknologi terkini di bidang peternakan.

Caranya adalah dengan menerbitkan kartu identitas ternak seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk manusia, menggunakan 12 digit angka. Targetnya, pada akhir 2017 semua ternak yang terdapat di India sudah bisa diidentifikasi oleh 100 ribu orang petugas.

Data yang akan direkam pada kartu tersebut meliputi identitas ternak serta semua informasi terkait dengan semua kegiatan ternak. Antara lain: waktu pemberian vaksin, siklus perkawinan dan waktu melahirkan. Harapannya, diwaktu mendatang semua peternak di India bisa mendapatkan keturunan terbaik dan terjadi peningkatan kuantitas dan kualitas produksi susu.

Kartu identitas ternak tersebut akan dipegang oleh peternak, sedangkan pada hewannya akan diberi label berwarna kuning yang dipasang pada daun telinga. Agar tak menganggu kenyamanan hewan ternak yang dianggap suci oleh pemeluk agama Hindu itu, labelnya dirancang sangat ringan. Beratnya hanya delapan gram. Walaupun demikian, label ini dirancang dengan  menggunakan bahan yang tahan segala cuaca, agar mampu bertahan selama beberapa tahun.

Sebenarnya penggunaan kartu sebagai tanda pengenal sapi bukan kali pertama, namun dengan tujuan berbeda. Pada 2007, kartu identitas sapi diterbitkan sebagai upaya untuk  mengurangi penyelundupan sapi ke negeri tetangga, Banglades. Caranya, sapi-sapi di berbagai desa di Bengal Barat dipotret oleh penjaga perbatasan India, kemudian foto itu dicetak pada kartu yang berfungsi sebagai identitas dari masing-masing sapi.

Sumber : tribunnews.com

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

-----------------------------

INGIN MEMBUKA USAHA TERNAK?

Silahkan pilih program pendidikan dan pelatihan khusus untuk pemula, yang dibagi berdasarkan komoditas ternaknya yaitu :

  1. Ternak Sapi
  2. Ternak Kambing & Domba
  3. Ternak Ayam
  4. Ternak Itik
  5. Ternak Kelinci

 

 UNTUK PETERNAK YANG SUDAH BERPENGALAMAN

Tersedia beberapa program khusus, untuk mengoptimalkan pendapatan usaha ternak yang sedang dijalankan yaitu:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

Semua Tentang Sapi

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang. Mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sekelompok peternak terpanggil untuk mengadakan diskusi tentang peternakan sapi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di PT. Baru Adjak Lembang, pada tanggal 07 April 1976.