Loading...
iden

Seratus Ribu Petugas Akan Melakukan Proses Cek KTP Ternak, Data Apa Saja Yang Akan Diperiksa?

Pada saat ini, di India terdapat 88 juta ternak sapi dan kerbau (41 juta ekor kerbau dan 47 juta ternak sapi berbagai jenis). Dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dari industri susu pada tahun 2022, Perdana Menteri India Narendra Modi, mewacanakan penggunaan teknologi terkini di bidang peternakan. Caranya adalah dengan menerbitkan kartu identitas ternak, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk manusia, menggunakan 12 digit angka.

Targetnya, pada akhir 2017 sekitar 100 ribu petugas bisa cek KTP semua ternak yang terdapat di India. Data yang akan direkam pada KTP ternak tersebut meliputi identitas ternak serta semua informasi terkait dengan semua kegiatan ternak. Antara lain: waktu pemberian vaksin, siklus perkawinan dan waktu melahirkan. Harapannya, diwaktu mendatang semua peternak di India bisa mendapatkan keturunan terbaik dan terjadi peningkatan kuantitas dan kualitas produksi susu.

Cek KTP ternak dilakukan kepada peternak yang memegang kartu sebagai pemilik ternak, sedangkan pada hewan ternaknya akan diberi label berwarna kuning yang dipasang pada daun telinga. Agar tak menganggu kenyamanan hewan ternak yang dianggap suci oleh pemeluk agama Hindu itu, labelnya dirancang sangat ringan. Beratnya hanya delapan gram. Walaupun demikian, label ini dirancang dengan  menggunakan bahan yang tahan segala cuaca, agar mampu bertahan selama beberapa tahun.

Sebenarnya penggunaan kartu sebagai tanda pengenal sapi bukan kali pertama, namun dengan tujuan berbeda. Pada 2007, cek KTP ternak kartu dilakukan sebagai upaya untuk  mengurangi penyelundupan sapi ke negeri tetangga, Banglades. Caranya, sapi-sapi di berbagai desa di Bengal Barat dipotret oleh penjaga perbatasan India, kemudian foto itu dicetak pada kartu yang berfungsi sebagai identitas dari masing-masing sapi.

Sumber : tribunnews.com

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Dr. Ir. L. Hardi Prasetyo, Pakar Ternak Bebek Hibrida

Peluang usaha ternak bebek hibrida hingga kini kian menjanjikan. Lihat saja di berbagai kota, permintaan daging bebek untuk kuliner terus meningkat. Dari warung kali lima hingga resto mewah, menu masakan bebek menjadi pilihan dilirik setelah menu olahan ayam. Rasa khas daging bebek goreng menjadi rekomendasi untuk para pemburu kuliner. Sementara itu, di sisi peternak hingga distribusi daging, kebutuhan dan kesediaan suplai daging bebek yang meningkat menjadi masalah. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.