Karya Seni Tulang Sapi Ala Cileunyi

Tulang sapi merupakan salah satu bagian dari tubuh ternak sapi. Umumnya, dimanfaatkan sebagai bahan olahan kuliner yang lezat seperti sup iga atau kaldu. Padahal tulang sapi dapat diolah menjadi beragam barang yang berguna dan berseni. Tulang sapi juga mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan tulang hewan lainnya, antara lain :

  • Strukturnya lebih kuat sehingga tidak mudah keropos seperti tulang kuda.
  • Ukurannya relatif lebih panjang dibanding tulang kerbau.
  • Mudah didapat.

Idin adalah salah satu contoh pengrajin asal Bandung, yang menggunakan tulang sapi sebagai bahan dasar produknya. Beragam barang diproduksi oleh bapak empat orang anak ini, seperti cangklong, kalung, gantungan kunci, tongkat, dan berbagai barang kerajinan lainnya.

Keahlian mengolah tulang sapi didapatnya dari ayahnya yang sudah menjadi pengrajin sejak tahun 1970-an. Hingga kini ia dan keluarganya terus menekuni usaha bengkel kerajinan tersebut. Bahkan telah menjadi ciri khas kampung dmana mereka tinggal yaitu Kampung Pasir Tukul, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Pada beberapa dekade yang lalu,  bengkel kerajinan tulang sapi keluarga Idin kerap kebanjiran pesanan, bukan dari dalam negeri saja, tapi juga mancanegara seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang. Kondisi tersebut berubah, sejak harga daging sapi melambung tinggi. Kini semakin tulang sapi semakin sulit dicari dan tidak terbeli. Akibatnya, terjadi penurunan omzet yang cukup signifikan.

Untuk mengatasinya, Idin kini menerima jasa pembuatan kerajinan dari bahan baku dibawa sendiri oleh pemesan. Biaya yang dikenakan tidak terlalu mahal, bergantung pada ukuran dan kerumitan yang dipesan. Semoga usaha keluarga Idin bisa terus bertahan.....

Sumber: www.pikiran-rakyat.com

Di tag dibawah

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

-----------------------------

INGIN MEMBUKA USAHA TERNAK?

Silahkan pilih program pendidikan dan pelatihan khusus untuk pemula, yang dibagi berdasarkan komoditas ternaknya yaitu :

  1. Ternak Sapi
  2. Ternak Kambing & Domba
  3. Ternak Ayam
  4. Ternak Itik
  5. Ternak Kelinci

 

 UNTUK PETERNAK YANG SUDAH BERPENGALAMAN

Tersedia beberapa program khusus, untuk mengoptimalkan pendapatan usaha ternak yang sedang dijalankan yaitu:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

Semua Tentang Sapi

  • Ciri Bibit Sapi Potong yang Sehat Ciri Bibit Sapi Potong yang Sehat
    "Bibit sapi potong atau sapi bakalan adalah calon sapi dengan usia sekitar 2-3 tahun yang akan dipelihara untuk dipersiapkan sebagai sapi pedaging atau potong. Pemilihan ternak sapi untuk dijadikan bibit memerlukan keterampilan khusus, terutama agar dapat memberikan penilaian yang akurat terhadap bibit sapi yang akan dipilih, karena keberhasilan pemilihan bakalan…

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang. Mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sekelompok peternak terpanggil untuk mengadakan diskusi tentang peternakan sapi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di PT. Baru Adjak Lembang, pada tanggal 07 April 1976.