Loading...
iden

Coba Bunyikan Klakson Telolet 4 Corong Di Peternakan Sapi, Apa Yang Akan Terjadi ?

“Om Telolet Om”, istilah ini mendadak tenar di dunia maya. Bahkan pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2016 yang lalu, “Om Telolet Om” menjadi trending topik dunia di akun media sosial Twitter. Telolet sejatinya adalah bunyi suara klakson telolet 4 corong yang dipasang pada bis malam. Sedangkan “Om Telolet Om” adalah sebuah kode bagi supir bis untuk membunyikan klakson mobilnya yang berbunyi "Telolet Telolet".

Selain kode tertulis, ada juga kode menggunakan jari yaitu dengan cara mengacungkan jempol atau mengacungkan jari kelingking dan jempolnya. Kode itu awalnya hanya berlaku di kalangan supir bus yang berasal dari jawa timur saja, namun akhirnya menjadi kode umum bagi para penikmat telolet.

Walaupun tren klakson telolet 4 corong ini menjadi viral hingga merambah ke mancanegara, para pengguna klakson telolet ini dinilai melanggar aturan lalu lintas. Dalam Fanspage resmi dari Polda Metro Jaya mengatakan, bahwa, setiap para pengguna klakson telolet 4 corong akan mendapatkan sanksi berupa tilang. Kasubdit Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto menjelaskan alasannya sebagai berikut :

Pertama; penggunaan klakson telolet 4 corong sama saja dengan pemasangan sirine pada kendaraan non operasional polisi.  Artinya, masyarakat umum yang menggunakan klakson telolet melanggar pasal 227 UU No 22 Tahun 2009 tentang angkutan jalan.

Kedua; Klakson telolet 4 corong bisa menyebabkan kecelakaan. Suaranya yang sangat keras, akan membuat kaget sehingga berpotensi menghilangkan konsentrasi pengendara lainnya.

Alasan kedua tidak mengada-ngada. Seperti yang terjadi di wilayah Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Seekor kuda harus menemui ajalnya akibat ulah bis pariwisata yg membunyikan klakson telolet 4 corong tepat dibelakang delman yang sedang ditariknya. Sepertinya kuda tersebut kaget, kemudian mengamuk dan berlarian tanpa tujuan hingga delman yg sedang ditarik akhirnya terlepas.

Kusir delman itu langsung mengejar, namun apa daya tenaganya kalah kuat. Kakinya lecet dan berdarah-darah, tanpa bisa mendapatkan kuda peliharaannya. Beberapa jam kemudian kuda tersebut ditemukan jauh dari tempat kejadian, dalam kondisi yang sangat mengenaskan. Banyak sekali luka pada tubuhnya, dengan darah yang juga bercucuran. Tak tega melihatnya, kusir itupun memutuskan untuk menyembelih kuda tersebut.

Untuk beberapa jenis hewan, suara atau getaran memang mempengaruhi psikologi hewan tersebut, apalagi suara yg cukup keras dan membuat gaduh. Sebuah penelitian pernah dilakukan suatu kelompok peternak sapi perah di Wisconsin, USA selama satu tahun penuh, dengan menggunakan musik rock. Yang diteliti bukan iramanya melainkan tingkat kebisingannya.

Produksi susu memudian ditabulasi setiap minggu, lalu dibandingkan dan diidentifikasi. Hasilnya, suara-suara bising dari musik pengiring artis-artis penyanyi seperti Slipknot, Linkin Park dan Marilyn Manson terbukti mengurangi jumlah produksi susu pada sapi perah, bahkan ada yg produksinya berhenti total karena ternak sapi mengalami stress.

Namun jika diperdengarkan suara asli dari penyanyi rock seperti Blink 182 dan Green Day tanpa iringan musik,  susu yg dihasilkan justru mengalir deras seperti sebuah sungai. Organ tubuh yang paling terpengaruh oleh suara bising adalah kelenjar hypofise, yang langsung mengeluarkan hormon adrenalin dalam jumlah banyak.

Hormon adrenalin ini kemudian menghambat produksi hormon oxytosin yang berperan merangsang sekresi susu pada sel-sel alveolus kelenjar mammae. Akibatnya, akan produksi susu juga terhambat.

Bagaimana, masih mau minta "OmTelolet Om" di kandang sapi ?

Sumber :

  • ruangkumemajangkarya.wordpress.com
  • pikiran-rakyat.com
  • ferdiansyahblog31.blogspot.co.id
  • npr.org

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Dr. Ir. Rochadi Tawaf, MS., Pakar Sosial Ekonomi Dari Universitas Padjadjaran Bandung Yang Sangat Peduli Dengan Nasib Peternak

Rochadi Tawaf memang terkenal sebagai aktifis di organisasi profesi, sejak ia masih menjadi mahasiswa jenjang S-1 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung. Bahkan dipercaya untuk menjabat Ketua Senat Mahasiswa. Suatu hari Rochadi diundang oleh suatu organisasi profesi untuk melakukan kegiatan di bidang peternakan. Sejak saat itulah ia mulai berpikir akan dunia dan masa depan bidang yang ia geluti. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.