Lantai Kandang Sapi Potong

Lantai Kandang Sapi Potong
30 Mei
2016

"Salah satu kebutuhan dalam menjalankan usaha ternak sapi adalah kandang yang memadai dan sesuai standar yang ditentukan. Dalam hal ini, standar untuk kandang sapi potong harus sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan mendapatkan izin resmi dari pemerintah. Hal ini semata-mata hanya agar usaha peternakan tersebut lancar."

Selain itu, dalam perkandangan sapi potong, Anda harus memerhatikan keseluruhan desain dan kenyamanan bagi sapi potong yang Anda pelihara di sana. Model kandang sapi potong harus memadai dan konstruksi kandang sapi potong juga harus kuat. Tidak hanya atap dan dinding, Anda juga harus memerhatikan lantai kandang sapi potong.
    
Untuk atap, bagi kandang untuk peternakan sapi, genting merupakan bahan yang paling murah dan aman. Bahannya yang tidak mudah menyerap panas dapat membuat sapi betah tinggal di kandang dan melancarkan proses penggemukan sapi. Sementara itu, untuk dindingnya dapat digunakan bahan tembok bata, kayu, atau bambu, tergantung kebutuhan dan dana yang tersedia bagi pemilik ternak sapi.
    
Lalu, bagaimana dengan lantai kandang sapi potong? Untuk lantai kandang sapi potong, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan demi kelancaran usaha peternakan Anda, yaitu:

  • Buatlah lantai yang lebih tinggi daripada permukaan tanah di sekitarnya. Mengapa? Hal ini berguna untuk melancarkan sistem pembuangan air dari kandang, terutama saat hujan tiba.
  • Anda memilih membuat lantai untuk kandang sapi potong dari tanah? Pastikan Anda mengeringkan tanahnya dulu, terutama dengan cara diplester dengan semen. Mengapa? Hal ini dapat menjaga kekeringan lantai, terutama karena lantai dibuat miring agar seluruh kotoran dan air kencing sapi dapat meluncur dengan lancar ke dalam parit pembuangan. Setelah itu, lantai kandang sapi potong lebih mudah untuk dibersihkan secara menyeluruh.
  • Bagaimana dengan limbah kotoran sapi? Limbah kotoran sapi potong dapat dijadikan pupuk kompos. Tidak hanya daging dan susu, pupuk kompos juga merupakan hasil dari usaha ternak sapi.
  • Bagaimana tingkat kemiringan yang tepat untuk lantai kandang sapi potong? Lima persen adalah perkiraan yang cocok, menurut website Jualan Sapi. Lantai yang lebih tinggi dengan tanah yang rendah di sekitarnya mempunyai perbedaan sekitar 5cm bila bagian depan dengan belakangnya berjarak sekitar 100cm.

 

Ada dua sistem yang dapat digunakan dalam membuat lantai kandang sapi potong, yaitu sistem basah dan sistem kering.

1.Sistem basah

Sistem basah untuk lantai kandang sapi potong banyak dipilih oleh mereka yang memiliki jumlah ternak sapi yang lebih kecil. Kotorannya lebih mudah dibersihkan dengan air setiap hari dan lebih terjamin kebersihan kandangnya.

2.Sistem kering

Sistem kering untuk lantai kandang sapi potong banyak dipilih oleh mereka yang ternak sapinya banyak. Karena lantai diberi alas (entah berupa serbuk gergaji atau jerami kering), biasanya lantai kandang dibersihkan seminggu atau dua minggu sekali setelah kotoran tercampur alas.

 

Sumber:

  • produknaturalnusantara.com
  • usahaternak.com
  • jualansapi.com
Di tag dibawah

Artikel terkait

Tokoh & Berita

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Info lengkap klik DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.  Simak Perjuangan Komunitas Peternak tertua di Indonesia ini.
 

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI