Loading...
iden

Desain Lantai Pada Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Potong

Salah satu kebutuhan dalam menjalankan usaha ternak sapi adalah konstruksi bangunan kandang yang memadai dan sesuai standar yang ditentukan. Dalam hal ini, standar untuk kandang sapi potong harus sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan mendapatkan izin resmi dari pemerintah. Hal ini semata-mata hanya agar usaha peternakan tersebut lancar.

Selain itu, pada rancangan konstruksi bangunan kandang, harus memerhatikan pula kenyamanan bagi sapi potong yang dipelihara didalamnya. Model kandang sapi potong harus memadai dan konstruksi bangunan kandang sapi potong juga harus kuat. Tidak hanya atap dan dinding, Anda juga harus memerhatikan lantai kandang.
    
Untuk atap, bagi kandang untuk peternakan sapi, genting merupakan bahan yang paling murah dan aman. Bahannya yang tidak mudah menyerap panas dapat membuat sapi betah tinggal di kandang dan melancarkan proses penggemukan sapi. Sementara itu, untuk dindingnya dapat digunakan bahan tembok bata, kayu, atau bambu, tergantung kebutuhan dan dana yang tersedia bagi pemilik ternak sapi.
    
Lalu, bagaimana dengan lantai kandang sapi potong? Untuk lantai kandang sapi potong, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan demi kelancaran usaha peternakan Anda, yaitu:

  • Buatlah lantai yang lebih tinggi daripada permukaan tanah di sekitarnya. Mengapa? Hal ini berguna untuk melancarkan sistem pembuangan air dari kandang, terutama saat hujan tiba.
  • Anda memilih membuat lantai untuk kandang sapi potong tetap menggunakan tanah? Pastikan Anda mengeringkan tanahnya dulu. Mengapa? Hal ini dapat menjaga kekeringan lantai, terutama karena lantai dibuat miring agar seluruh kotoran dan air kencing sapi dapat meluncur dengan lancar ke dalam parit pembuangan. Setelah itu, lantai kandang sapi potong lebih mudah untuk dibersihkan secara menyeluruh.
  • Bagaimana dengan limbah kotoran sapi? Limbah kotoran sapi potong adalah material yang berguna untuk dijadikan pupuk kompos. Tidak hanya daging dan susu, pupuk kompos juga merupakan hasil dari usaha ternak sapi.
  • Bagaimana tingkat kemiringan yang tepat untuk lantai pada konstruksi bangunan kandang sapi potong? Lima persen adalah perkiraan yang cocok. Maksudnya ada  perbedaan ketinggian sekitar 5cm, bila bagian depan dengan belakangnya berjarak sekitar 100cm.

Ada dua sistem yang dapat digunakan dalam membuat lantai kandang sapi potong, yaitu sistem basah dan sistem kering. 

 

1. Sistem basah

Sistem basah untuk lantai kandang sapi potong banyak dipilih oleh mereka yang memiliki jumlah ternak sapi yang lebih kecil. Kotorannya lebih mudah dibersihkan dengan air setiap hari dan lebih terjamin kebersihan kandangnya.

 

 

2. Sistem kering

Sistem kering untuk lantai kandang sapi potong banyak dipilih oleh mereka yang ternak sapinya banyak. Karena lantai diberi alas (entah berupa serbuk gergaji atau jerami kering), biasanya lantai kandang dibersihkan seminggu atau dua minggu sekali setelah kotoran tercampur alas.

 

Demikian informasi singkat tentang lantai pada konstruksi bangunan kandang sapi potong.  Semoga berguna.

 

Tentang Sapi Perah Friesian Holstein Dara

Dalam usaha peternakan sapi perah, dikenal salah satu penyebutan untuk sapi perah yakni sapi dara. Demikian juga untuk sapi perah Friesian Holstein dara, merupakan perkembangan lanjutan dari pedet sapi perah dan berusia antara 13 minggu hingga 2 tahun yang berada pada masa lepas sapih sampai laktasi pertama kali dan belum pernah beranak. Sapi perah dara dikenal juga dengan sebutan heifers.

Inilah Sapi Kelas Atas Dengan Perbedaan Pada Perlakuan, Jenis Makanan Hingga Tugas Yang Diberikan

Anda pasti pernah mendengar atau bahkan sudah pernah mencicipi makanan enak jenis steak wagyu yang harganya mahal. Tentu, Anda bertanya-tanya apa yang membuat steak itu selangit harganya. Ya, salah satu faktornya lantaran daging steak wagyu dibuat dari sapi dengan perlakuan perawatan ekstra. Seperti apa perawatan super sapi itu? Berikut ulasannya.

Mari Mengenal Lebih Jauh Tentang Sapi Ayrshire, Penghasil Susu Sekaligus Daging Sapi

Meskipun termasuk jenis ternak sapi yang dapat menghasilkan susu, sapi perah ras Ayrshire ternyata lebih menguntungkan bila digemukkan sebagai sumber daging sapi.

Loans Low Interest for Cow Breeders

The Easy loans low interest for the Cow Breeder from the Government. The Indonesian government has been concerning about small business done by its people. A lot of people, especially those who live far from the city, do the local business by cultivating field on the village or breeding cattle. Breeding cow is one of the businesses done by many villagers. And the government has already planned to give a loan for those breeders in village through a program called Kredit Usaha Rakyat (KUR) or…