Desain Lantai Pada Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Potong

Salah satu kebutuhan dalam menjalankan usaha ternak sapi adalah konstruksi bangunan kandang yang memadai dan sesuai standar yang ditentukan. Dalam hal ini, standar untuk kandang sapi potong harus sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan mendapatkan izin resmi dari pemerintah. Hal ini semata-mata hanya agar usaha peternakan tersebut lancar.

Selain itu, pada rancangan konstruksi bangunan kandang, harus memerhatikan pula kenyamanan bagi sapi potong yang dipelihara didalamnya. Model kandang sapi potong harus memadai dan konstruksi bangunan kandang sapi potong juga harus kuat. Tidak hanya atap dan dinding, Anda juga harus memerhatikan lantai kandang.
    
Untuk atap, bagi kandang untuk peternakan sapi, genting merupakan bahan yang paling murah dan aman. Bahannya yang tidak mudah menyerap panas dapat membuat sapi betah tinggal di kandang dan melancarkan proses penggemukan sapi. Sementara itu, untuk dindingnya dapat digunakan bahan tembok bata, kayu, atau bambu, tergantung kebutuhan dan dana yang tersedia bagi pemilik ternak sapi.
    
Lalu, bagaimana dengan lantai kandang sapi potong? Untuk lantai kandang sapi potong, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan demi kelancaran usaha peternakan Anda, yaitu:

  • Buatlah lantai yang lebih tinggi daripada permukaan tanah di sekitarnya. Mengapa? Hal ini berguna untuk melancarkan sistem pembuangan air dari kandang, terutama saat hujan tiba.
  • Anda memilih membuat lantai untuk kandang sapi potong tetap menggunakan tanah? Pastikan Anda mengeringkan tanahnya dulu. Mengapa? Hal ini dapat menjaga kekeringan lantai, terutama karena lantai dibuat miring agar seluruh kotoran dan air kencing sapi dapat meluncur dengan lancar ke dalam parit pembuangan. Setelah itu, lantai kandang sapi potong lebih mudah untuk dibersihkan secara menyeluruh.
  • Bagaimana dengan limbah kotoran sapi? Limbah kotoran sapi potong adalah material yang berguna untuk dijadikan pupuk kompos. Tidak hanya daging dan susu, pupuk kompos juga merupakan hasil dari usaha ternak sapi.
  • Bagaimana tingkat kemiringan yang tepat untuk lantai pada konstruksi bangunan kandang sapi potong? Lima persen adalah perkiraan yang cocok. Maksudnya ada  perbedaan ketinggian sekitar 5cm, bila bagian depan dengan belakangnya berjarak sekitar 100cm.

Ada dua sistem yang dapat digunakan dalam membuat lantai kandang sapi potong, yaitu sistem basah dan sistem kering. 

 

1. Sistem basah

Sistem basah untuk lantai kandang sapi potong banyak dipilih oleh mereka yang memiliki jumlah ternak sapi yang lebih kecil. Kotorannya lebih mudah dibersihkan dengan air setiap hari dan lebih terjamin kebersihan kandangnya.

 

 

2. Sistem kering

Sistem kering untuk lantai kandang sapi potong banyak dipilih oleh mereka yang ternak sapinya banyak. Karena lantai diberi alas (entah berupa serbuk gergaji atau jerami kering), biasanya lantai kandang dibersihkan seminggu atau dua minggu sekali setelah kotoran tercampur alas.

 

Demikian informasi singkat tentang lantai pada konstruksi bangunan kandang sapi potong.  Semoga berguna.