Lantai Kandang Sapi Potong

"Salah satu kebutuhan dalam menjalankan usaha ternak sapi adalah kandang yang memadai dan sesuai standar yang ditentukan. Dalam hal ini, standar untuk kandang sapi potong harus sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan mendapatkan izin resmi dari pemerintah. Hal ini semata-mata hanya agar usaha peternakan tersebut lancar."

Selain itu, dalam perkandangan sapi potong, Anda harus memerhatikan keseluruhan desain dan kenyamanan bagi sapi potong yang Anda pelihara di sana. Model kandang sapi potong harus memadai dan konstruksi kandang sapi potong juga harus kuat. Tidak hanya atap dan dinding, Anda juga harus memerhatikan lantai kandang sapi potong.
    
Untuk atap, bagi kandang untuk peternakan sapi, genting merupakan bahan yang paling murah dan aman. Bahannya yang tidak mudah menyerap panas dapat membuat sapi betah tinggal di kandang dan melancarkan proses penggemukan sapi. Sementara itu, untuk dindingnya dapat digunakan bahan tembok bata, kayu, atau bambu, tergantung kebutuhan dan dana yang tersedia bagi pemilik ternak sapi.
    
Lalu, bagaimana dengan lantai kandang sapi potong? Untuk lantai kandang sapi potong, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan demi kelancaran usaha peternakan Anda, yaitu:

  • Buatlah lantai yang lebih tinggi daripada permukaan tanah di sekitarnya. Mengapa? Hal ini berguna untuk melancarkan sistem pembuangan air dari kandang, terutama saat hujan tiba.
  • Anda memilih membuat lantai untuk kandang sapi potong dari tanah? Pastikan Anda mengeringkan tanahnya dulu, terutama dengan cara diplester dengan semen. Mengapa? Hal ini dapat menjaga kekeringan lantai, terutama karena lantai dibuat miring agar seluruh kotoran dan air kencing sapi dapat meluncur dengan lancar ke dalam parit pembuangan. Setelah itu, lantai kandang sapi potong lebih mudah untuk dibersihkan secara menyeluruh.
  • Bagaimana dengan limbah kotoran sapi? Limbah kotoran sapi potong dapat dijadikan pupuk kompos. Tidak hanya daging dan susu, pupuk kompos juga merupakan hasil dari usaha ternak sapi.
  • Bagaimana tingkat kemiringan yang tepat untuk lantai kandang sapi potong? Lima persen adalah perkiraan yang cocok, menurut website Jualan Sapi. Lantai yang lebih tinggi dengan tanah yang rendah di sekitarnya mempunyai perbedaan sekitar 5cm bila bagian depan dengan belakangnya berjarak sekitar 100cm.

 

Ada dua sistem yang dapat digunakan dalam membuat lantai kandang sapi potong, yaitu sistem basah dan sistem kering.

1.Sistem basah

Sistem basah untuk lantai kandang sapi potong banyak dipilih oleh mereka yang memiliki jumlah ternak sapi yang lebih kecil. Kotorannya lebih mudah dibersihkan dengan air setiap hari dan lebih terjamin kebersihan kandangnya.

2.Sistem kering

Sistem kering untuk lantai kandang sapi potong banyak dipilih oleh mereka yang ternak sapinya banyak. Karena lantai diberi alas (entah berupa serbuk gergaji atau jerami kering), biasanya lantai kandang dibersihkan seminggu atau dua minggu sekali setelah kotoran tercampur alas.

 

Sumber:

  • produknaturalnusantara.com
  • usahaternak.com
  • jualansapi.com
Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Fakta Nutrisi Susu Sapi Fakta Nutrisi Susu Sapi
    Apabila ditanya mengenai seberapa sering anda mengkonsumsi susu, pasti anda menjawab sering. Susu bisa dikatakan sebuah minuman yang bisa dikonsumsi untuk semua usia.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

  • Cara Tepat Mengolah Daging Sapi agar Rendah Kolesterol Cara Tepat Mengolah Daging Sapi agar Rendah Kolesterol
    Bagi anda yang memiliki permasalahan kadar kolesterol tinggi, mungkin banyak yang sudah membatasi konsumsi makanan tertentu, termasuk daging merah seperti daging sapi. Tips dan trik mengolah daging sapi juga penting agar daging sapi yang dimasak tak akan terlalu banyak mengandung kolesterol sehingga tetap aman dikonsumsi.
    Read more...

Most Popular Articles

  • "Karapan Sapi Brujul" Probolinggo: One of Cultural Wealth of the City "Karapan Sapi Brujul" Probolinggo: One of Cultural Wealth of the City
    What is Karapan Sapi Brujul Probolinggo? - Probolinggo is regency located on the east of East Java province. It has many kinds of tourism objects; the most popular is Mount Bromo. With its cultural tradition ceremony of Kasada by Tengger people around the mountain, Bromo has become the most attractive spot for tourists both local and abroad.
    Read more...

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...