Loading...
iden

Ketahui Dahulu Harga Paving Per Biji, Sebelum Merancang Lantai Kandang Sapi

Paving bock atau conblock adalah salah satu bahan bangunan yang menjadi alternatif sebagai bahan penutup permukaan tanah seperti di kandang sapi. Banyak keunggulan paving block jika dibandingkan dengan cor beton ataupun aspal hotmix, selain ringan, paving block juga menyerap air untuk menjaga ketersediaan air tanah, serta menjaga keseimbangan tanah dan penopang bangunan disekitarnya.

Kelebihan lain dari paving block

  • Harga paving per biji lebih murah dibandingkan dengan beton atau aspal dengan dimensi yang sama.
  • Mudah dipasang dan dirawat karena bisa diganti
  • Tidak gampang berlumut.
  • Memiliki tekstur, warna dan bentuk yang unik

 

Kekurangan Paving Bock

  • Gampang bergelombang apabila dipasang pada pondasi yang kurang kuat.
  • Mudah bergeser susunannya hingga berlubang, jika  tidak disusun dengan benar

 

Sebelum membeli paving block untuk melapis lantai kandang, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu:

  • Kemudahan pemasangan hingga pola yang akan dibentuk, karena ada banyak sekali model paving block yang tersedia dipasaran seperti model uskup, trihex, bata, segi enam, cacing dan model rumput.
  • Bahan baku paving block untuk kandang sapi disarankan adalah beton minimal K-300 agar lebih kuat menahan bobot sapi sehingga lebih tahan lama.
  • Beli langsung di toko material, bukan toko online karena barang yang sering pecah ketika dikirim.
  • Jangan membeli dengan pertimbangan harga paving per biji yang murah saja, tanpa tau kualitasnya.

 

Merancang lantai kandang sapi memang tidak serumit lantai bangunan lainnya, namun ada persyaratan yang harus dipenuhi demi kelancaran usaha seperti:

  • Model lantai yang akan digunakan, apakah basah atau kering. Model basah adalah lantai kandang yang memungkinkan seluruh kotoran dan air kencing sapi dapat dengan mudah mengalir menuju parit pembuangan, kemudian dibantu dengan ditarik menggunakan alat seperti sekop atau didorong dengan semprotan air.
  • Lantai model kering,  yaitu lantai yang diberi alas (entah berupa serbuk gergaji atau jerami kering) dimana pembersihannya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali dengan cara mengangkat kotoran tercampur dengan alas tersebut untuk digantikan dengan yang baru.
  • Apapun model lantai yang dipilih, permukaan lantai kandang harus lebih tinggi dari permukaan tanah disekitarnya. Tujuannya agar aliran air pada saat hujan tidak menggenangi lantai tersebut. 
  • Lantai harus dibuat miring  sekitar 5%,  maksudnya ada  perbedaan ketinggian sekitar 5cm, bila bagian depan dengan belakangnya berjarak sekitar 100cm, supaya kotoran dan air kencing sapi dapat meluncur dengan lancar ke dalam parit pembuangan. 

 

Demikian informasi singkat tentang lantai pada konstruksi bangunan kandang sapi potong. Jika memilih menggunakan paving block, jangan lupa mencari informasi harga paving per biji sebagai bahan pertimbangan. Semoga berguna.

 

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.
kandang sapi Adikelana Adiwoso

Adikelana Adiwoso: Dari Kantor Mewah Kini Berkutat di Kandang Sapi

Bisnis memang identik dengan keberanian mengambil keputusan, sekalipuan terdengar ‘tidak enak’ pada awalnya. Pengalaman ini pula yang sempat dirasakan oleh Adikelana Adiwoso, pendiri PT Juang Jaya Abadi Farm (JJAF). Sebelum akhirnya sukses mengelola kandang sapi miliknya sendiri, ia harus mengambil keputusan berani untuk mundur dari jabatan mentereng di sebuah perusahaan konglomerat Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.