Loading...
iden

Bagaimana Manajemen Yang Baik Untuk Sapi Perah Bunting? Simak Disini...

Sekarang ini semakin banyak orang beternak sapi. Namun tidak semua peternak memahami manajemen yang baik untuk memelihara sapi. Sampai saat ini, produksi sapi perah Indonesia belum mencukupi kebutuhan susu nasional. Salah satu penyebabnya adalah manajemen pemeliharaan yang kurang profesional. Perawatan hewan sapi tidak cukup dengan memberi pakan yang baik serta kandang yang nyaman, melainkan juga memahami kondisi setiap hewan ternak di peternakan.

Salah satunya sebuah situasi khusus yang akan dialami setiap sapi betina, yaitu kebuntingan. Masa bunting seekor sapi merupakan masa paling krusial karena menjadi penentu kualitas keturunan yang akan dilahirkan. Sapi perah bunting harus mendapat manajemen yang baik berupa perawatan khusus sampai tiba waktunya melahirkan. Kebutuhan yang wajib diperhatikan adalah makanan serta kesehatan. Pemberian pakan berkualitas rendah menimbulkan efek buruk pada calon anak sapi.

Seekor sapi bunting sangat membutuhkan gerak badan untuk memudahkan proses kelahiran. Peternak sebaiknya menempatkan sapi bunting di kandang khusus dan melepaskannya di padang rumput setidaknya 2 jam/hari. Sapi yang mengalami stres di masa bunting berisiko terkena Retentiosecundinarium atau ketinggian ari. Beberapa perawatan sapi bunting yang harus dilakukan yaitu:

Manajemen Yang Baik Pada Masa kering

Adalah masa pemberhentian pemerahan susu selama kurang lebih 2 bulan. Tujuannya supaya tubuh induk memiliki cadangan makanan serta memanfaatkan vitamin dari pakan yang dimakan. Dengan demikian, pertumbuhan anak sapi di dalam kandungan tetap terjaga. Ada 3 macam proses pengeringan yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Pemerahan berselang; Pemerahan dilakukan secara berselang sampai akhirnya tidak dilakukan sama sekali hingga sapi melahirkan. Contoh, pemerahan sehari sekali, 2 hari sekali, dan 3 hari sekali sampai akhirnya berhenti.
  • Pemerahan tidak lengkap; Pemerahan susu dilakukan setiap hari. Namun tidak semua puting diperah. Pemerahan tidak lengkap berlangsung beberapa hari sampai akhirnya tidak diperah sama sekali.
  • Pemerahan mendadak; Sebelum dilakukan pemerahan mendadak, sapi bunting mendapat obat penguat 3 hari sebelumnya. Selain itu makanan hijau seperti rumput dan tanaman dikurangi, yaitu hanya ¼ dari biasanya. Langkah ini menjadi lebih efektif jika dikombinasikan dengan pemerahan berselang, yaitu mampu memperkecil gangguan kesehatan ambing.

 Manajemen Yang Baik Untuk Pemberian Pakan

Pemberian pakan akan memengaruhi kesehatan induk dan calon anak sapi. Oleh sebab itu, komposisinya perlu diperhitungkan guna meminimalkan masalah metabolik di masa melahirkan atau setelahnya.Di awal masa kering, sapi mendapat sedikit hijauan dan penghentian konsentrat. Kemudian di akhir masa kering, hijauan diberikan seperti biasa dan pemberian konsentrat ditingkatkan.

  

Kebutuhan kandang

  • Ukuran ideal sebuah kandang sapi bunting adalah 2,5x7x1 meter dan dibentuk koloni berisi 3 sampai 4 ekor sapi bunting. Kandang ini tidak diberi sekat, sebab sapi memerlukan ruang gerak. Lantai kandang tidak boleh terlalu miring atau melebihi 50 untuk menghindari jatuh akibat tergelincir.
  • Kebersihan kandang harus selalu dijaga kebersihannya agar sapi tidak mengalami sakit parah. Pun pembuangan air di dalam kandang perlu diperhatikan. Jangan sampai ada genangan air di dalam kandang.
  • Kemudian, induk sapi sebaiknya mandi dengan larutan pencuci hama supaya terhindar dari bakteri dan virus.

Manajemen yang baik untuk perawatan sapi bunting dilanjutkan sampai memasuki fase melahirkan dan laktasi. Setelah melahirkan, sapi tidak boleh diperah karena anak sapi membutuhkan gizi yang cukup dari kolostrum yang dihasilkan. Jeda waktu penghentian pemerahan setelah melahirkan berkisar antara 1½ sampai 2 bulan lamanya. Setiap peternak seharusnya diwajibkan menerapkan cara ternak sapi seperti ini supaya produksi susu semakin meningkat.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Dr. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., Pakar Ternak Yang Banyak Mendapat Piagam Penghargaan Dari Universitas Padjadjaran Bandung

Salah satunya adalah Piagam Penghargaan atas Kemampuan dan Prestasi Akademik, Pengabdian sebagai Dosen dalam Melaksanakan Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Masyarakat Ilmiah, Sehingga Patut Dinyatakan sebagai :”Peserta Karya Ilmiah Terbaik I Kelompok Eksakta Tingkat Universitas Padjadjaran. Sesuai dengan Kputusan Rektor Universitas Padjadjaran tanggal 9 September 2004 Nomor:1241/J06/Kep/KP/2004. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.