Memilih Lahan untuk Peternakan Sapi Potong

  • Pilih lahan peternakan yang jelas dan sehat, bukan kawasan yang sudah terbukti bermasalah atau dapat menyulitkan proses pemeliharaan nantinya. Seperti misalnya lahan bekas lokasi pembuangan limbah beracun, daerah endemi penyakit, atau kawasan tempat pembuangan akhir (TPA).

 

  • Kawasan peternakan harus dekat dengan sumber air atau mudah untuk mendapatkan air bersih. Hal ini penting, selain untuk menjamin adanya asupan air yang cukup untuk kebutuhan minum & mandi sapi, juga untuk proses pembersihan kandang & sanitasi.

 

  • Pilihlah lokasi peternakan yang mudah dijangkau dan tidak menyulitkan. Hal ini berkaitan dengan akses pemeliharaannya nanti. Selain itu, lokasi kandang yang mudah dijangkau juga memudahkan proses distribusi kedatangan dan penjualannya setelah panen.

 

  • Daerah yang cocok untuk lahan peternakan adalah yang tidak terlalu berdekatan dengan permukiman penduduk. Sapi pedaging membutuhkan asupan makanan dalam jumlah besar, sehingga produksi kotorannya pun sangat banyak. Jika kebersihannya tidak diperhatikan dengan baik, maka bau yang akan ditimbulkan bisa sangat menyengat dan  mengganggu masyarakat sekitar.

 

  • Usahakan untuk mencari tanah peternakan yang subur dan dekat dengan lahan hijau. Hal ini bisa sangat membantu Anda dalam proses penyediaan pakan hijauannya kelak. Beberapa jenis pakan hijau alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan sapi diantaranya adalah rumput gajah, rumput kolonjono, alang-alang, daun tebu, daun jagung, serta jerami padi.

 

  • Alternatif lainnya, Anda juga bisa mencari lokasi yang dekat dengan industri pangan alami, seperti misalnya pabrik tahu, pabrik gula, pabrik roti, atau tempat penggilingan padi. Dengan berada dekat industri-industri tersebut, Anda akan lebih mudah mencari bahan pakan konsentrat yang penting bagi upaya penggemukan sapi potong Anda. Sebagai informasi, beberapa limbah industri pangan yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan konsentrat alami untuk usaha penggemukkan sapi adalah ampas tahu, serbuk roti, ampas tebu, ampas bir, kulit nanas, bekatul atau sisa gilingan padi, dan masih banyak lagi.

 

  • Akan sangat baik jika lokasi peternakan sapi Anda tidak terlalu jauh dari sentra penjualan sapi, atau setidaknya ada himpunan peternak sapi di daerah tersebut. Walaupun bukan merupakan hal yang mutlak, dengan berada dekat sentra penjualan atau informasi peternakan sapi, Anda akan lebih mudah membangun jaringan dan mendapatkan akses pemasaran yang lebih baik.

 

Demikianlah beberapa panduan memilih lahan untuk peternakan sapi potong. Semoga bisa membantu dan memberikan masukan bagi Anda yang berencana menjalankan usaha tersebut. Semoga sukses!

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

-----------------------------

INGIN MEMBUKA USAHA TERNAK?

Silahkan pilih program pendidikan dan pelatihan khusus untuk pemula, yang dibagi berdasarkan komoditas ternaknya yaitu :

  1. Ternak Sapi
  2. Ternak Kambing & Domba
  3. Ternak Ayam
  4. Ternak Itik
  5. Ternak Kelinci

 

 UNTUK PETERNAK YANG SUDAH BERPENGALAMAN

Tersedia beberapa program khusus, untuk mengoptimalkan pendapatan usaha ternak yang sedang dijalankan yaitu:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

Semua Tentang Sapi

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang. Mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sekelompok peternak terpanggil untuk mengadakan diskusi tentang peternakan sapi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di PT. Baru Adjak Lembang, pada tanggal 07 April 1976.