Loading...
iden

Beternak Sapi, Satu Bentuk Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil

Beternak sapi potong merupakan salah satu pilihan usaha tidak akan menghianati hasil. Namun bagi Anda yang berencana memulai usaha dengan modal kecil, alangkah baiknya untuk membekali diri terlebih dahulu dengan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan tata laksana pemeliharaannya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha peternakan sapi potong atau penggemukan sapi.

 

1. LAHAN

Pilihlah lahan yang tepat, agar anda bisa memulai usaha dengan modal kecil. Salah memilih lahan berakibat fatal, karena pada akhirnya berhubungan dengan pengeluaran yang tak terduga. Yang pertama harus dilakukan adalah mencari lokasi yang jauh dari permukiman penduduk. Dalam proses pemeliharaannya, peternakan sapi menghasilkan kotoran dalam jumlah besar, yang jika tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan bau dan mengganggu masyarakat sekitar. Akibatnya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Carilah lahan peternakan yang memiliki sumber air bersih yang cukup dan mudah didapat (seperti sungai, danau atau mata air), sehingga tidak memerlukan biaya besar karena harus menggunakan pompa listrik atau peralatan lain untuk mengambilnya.

Jika memungkinkan pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari jalan. Hal ini berkaitan dengan biaya untuk akses pemeliharaan dan proses pendistribusiannya. Ingat, usaha tidak akan menghianati hasil!

 

2. KANDANG DAN SALURAN SANITASI

Siapkan kandang yang dapat menunjang pertumbuhan dan kesehatan sapi, yaitu yang tepat ukurannya, cukup sinar matahari, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Konsep yang umum dibuat adalah kandang terbuka sebagian dan beratap.

Untuk hasil yang lebih optimal, tempatkan sapi secara terpisah satu sama lain dengan membuat sekat masing-masing berukuran 2x1,5 meter. Hal ini bisa membantu optimalisasi penggemukan sapi, karena sapi tidak perlu berkompetisi dalam mendapatkan pakan, serta tidak kehabisan energi karena banyak berjalan-jalan, seperti jika ditempatkan di kandang kelompok.

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sapi, siapkan saluran pembuangan untuk memudahkan mengalirkan air saat membersihkan kandang dan memandikan sapi. Jangan lupa untuk menyiapkan lubang galian untuk mengumpulkan kotoran sapi. Dengan cara ini Anda bisa membuat pupuk kandang sebagai pendapatan tambahan.

 

 

3. PAKAN

Pakan rata-rata yang dibutuhkan seekor sapi adalah sebesar 2,5% dari bobot tubuhnya.  Alangkah baiknya jika untuk pakan bisa diambil diseputaran lokasi kandang. Artinya, anda dapat memulai usaha dengan modal kecil, karena tidak memerlukan biaya untuk mengangkut pakan. Berikut adalah jenis pakan yang biasa diberikan untuk penggemukan sapi:

  • Pakan hijauan atau pakan alami, yaitu pakan dengan kelompok serat kasar seperti jerami padi, alang-alang, daun tebu, atau daun jagung, serta kelompok serat berkualitas tinggi seperti rumput gajah dan rumput kolonjono.
  • Pakan konsentrat, bisa berupa konsentrat buatan pabrik atau konsentrat alami seperti bekatul, ampas tahu, ampas tebu, ampas bir, atau kulit nanas.

Berdasarkan hasil penelitian, pemberian pakan hijauan saja tidak cukup cepat untuk mendongkrak bobot sapi potong/sapi daging. Untuk itu perlu ditambah konsentrat agar proses penggemukannya bisa lebih cepat.

Berikan pakan konsentrat 2x sehari (pagi dan sore). Agar lebih efektif untuk proses pencernaannya, berikan konsentrat lebih dulu sebelum pakan hijauan. Hal ini berguna agar mikroba rumen yang ada di organ cerna sapi lebih siap dan aktif mencerna pakan hijauan yang seratnya lebih kasar.

 

 

4. PENGENDALIAN PENYAKIT

Risiko yang paling sering muncul dalam bisnis peternakan adalah wabah penyakit yang menyebabkan kematian. Ada beberapa cara untuk menghindari dan mencegahnya, yang pasti akan lebih ringan dalam hal biaya, daripada harus mengobati sapi yang sakit. Dibawah ini adalah beberapa perlakuan pada sapi di kandang sehubungan dengan hal tersebut yaitu:

  • Mengondisikan kandang agar mendapatkan sinar matahari dan sirkulasi udara yang cukup untuk meminimalisasi perkembangbiakan jamur dan sumber penyakit lainnya.
  • Menjaga kebersihan kandang, pakan, dan air minum.
  • Memberikan vaksin, vitamin, dan obat cacing.
  • Melakukan karantina dan penanganan khusus jika ada salah satu sapi yang terindikasi sakit untuk menghindari penyebaran/penularan.

 

Demikian ulasan singkat mengenai persiapan untuk memulai usaha dengan modal kecil di bidang peternakan sapi. Dan silahkan buktikan bahwa beternak sapi termasuk jenis usaha tidak akan menghianati hasil.

Semoga bermanfaat!

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

DR. Ashari, Pakar Studi Kelayakan dan Manajemen Usaha Ternak

Dr. Ashari a biology degree (Department of Zoology / Ecology) in 1970 from the University of Gadjah Mada. Education S3 (Department of Animal Sciences) Doctoral degree (Dr.) in 1992 with a dissertation titled "Goat Ranch perspective on the various Agro-ecosystem in the Road (A Survey on the road and in the case study of two village-Bogor District Ciawi)". Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.