idarzh-CNenhi

Mengenali Penyakit Dan Gangguan Reproduksi Sapi Via Aplikasi Android

Para peneliti dari Balai Besar Penelitian Veteriner, telah mengembangkan sebuah aplikasi android untuk membantu para peternak sapi yang ingin mengetahui penyakit dan gangguan reproduksi pada ternaknya. Aplikasi ini diberi nama TAKESI,  singkatan dari Teknologi Android Kesehatan Sapi ini, terdiri dari empat fitur, yaitu penyakit dan gangguan reproduksi pada sapi indukan, penyakit dan gangguan pada anak sapi, manajemen kesehatan sapi dan kontak ahli.

Di dunia maya, aplikasi android ini bukanlah yang pertama, ada beberapa aplikasi sejenis namun semuanya menggunakan bahasa asing dan beberapa diantaranya kurang sesuai dengan kondisi penyakit yang ada di Indonesia. Agar lebih mudah dimengerti, TAKESI disusun menggunakan Bahasa Indonesia yang sederhana, singkat, jelas, termasuk beberapa istilah penyakit yang lebih dikenal dengan bahasa daerah.

Jika peternak belum bisa memastikan jenis penyakitnya, dapat menggunakan fitur pencarian sesuai dengan gejala klinis yang dilihat.  TAKESI akan  menyajikan beberapa kemungkinan penyakit yang menyerang ternaknya, lengkap dengan informasi singkat serta foto-foto sebagai pembanding. Apabila masih ragu, aplikasi android TAKESI menyediakan fitur untuk melakukan kontak dengan para ahli maupun petugas kesehatan hewan setempat, baik lewat SMS atau telepon.

 

Sumber: antaranews.com

  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...