Loading...
iden

Mengenali Penyakit Dan Gangguan Reproduksi Sapi Via Aplikasi Android

Para peneliti dari Balai Besar Penelitian Veteriner, telah mengembangkan sebuah aplikasi android untuk membantu para peternak sapi yang ingin mengetahui penyakit dan gangguan reproduksi pada ternaknya. Aplikasi ini diberi nama TAKESI,  singkatan dari Teknologi Android Kesehatan Sapi ini, terdiri dari empat fitur, yaitu penyakit dan gangguan reproduksi pada sapi indukan, penyakit dan gangguan pada anak sapi, manajemen kesehatan sapi dan kontak ahli.

Di dunia maya, aplikasi android ini bukanlah yang pertama, ada beberapa aplikasi sejenis namun semuanya menggunakan bahasa asing dan beberapa diantaranya kurang sesuai dengan kondisi penyakit yang ada di Indonesia. Agar lebih mudah dimengerti, TAKESI disusun menggunakan Bahasa Indonesia yang sederhana, singkat, jelas, termasuk beberapa istilah penyakit yang lebih dikenal dengan bahasa daerah.

Jika peternak belum bisa memastikan jenis penyakitnya, dapat menggunakan fitur pencarian sesuai dengan gejala klinis yang dilihat.  TAKESI akan  menyajikan beberapa kemungkinan penyakit yang menyerang ternaknya, lengkap dengan informasi singkat serta foto-foto sebagai pembanding. Apabila masih ragu, aplikasi android TAKESI menyediakan fitur untuk melakukan kontak dengan para ahli maupun petugas kesehatan hewan setempat, baik lewat SMS atau telepon.

 

Sumber: antaranews.com

CARI KANDANG SAPI UNTUK DISEWA

Siap sewa jangka panjang. Read More...

tanduk kerbau

ALAT PIJAT KERIK TERAPI GUASA DARI TANDUK Rp21.000

Tanduk, sudah sejak lama digunakan cara untuk pengobatan tradisional Cina yang disebut gua sha. Gua artinya kerok atau gosok, sedangkan sha berarti kemerahan. Tidak main-main, terapi ini sudah dipraktekkan sejak 2.000 tahun silam. Bahkan dapat dikatakan Gua Sha adalah kerokan ala Cina.

Baca selengkapnya...