Mengenali Penyakit Dan Gangguan Reproduksi Sapi Via Aplikasi Android

Mengenali Penyakit Dan Gangguan Reproduksi Sapi Via Aplikasi Android
28 Nov
2017

Memanfaatkan Gadget Untuk Mengetahui Penyakit dan Gangguan Reproduksi Pada Ternak Sapi

Para peneliti dari Balai Besar Penelitian Veteriner, telah mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android untuk membantu para peternak sapi yang ingin mengetahui penyakit dan gangguan reproduksi pada ternaknya. Aplikasi ini diberi nama TAKESI,  singkatan dari Teknologi Android Kesehatan Sapi ini, terdiri dari empat fitur, yaitu penyakit dan gangguan reproduksi pada sapi indukan, penyakit dan gangguan pada anak sapi, manajemen kesehatan sapi dan kontak ahli.

Di dunia maya, aplikasi ini bukan yang pertama, ada beberapa aplikasi sejenis namun semuanya menggunakan bahasa asing dan beberapa diantaranya kurang sesuai dengan kondisi penyakit yang ada di Indonesia. Agar lebih mudah dimengerti, TAKESI disusun menggunakan Bahasa Indonesia yang sederhana, singkat, jelas, termasuk beberapa istilah penyakit yang lebih dikenal dengan bahasa daerah.

Jika peternak belum bisa memastikan jenis penyakitnya, dapat menggunakan fitur pencarian sesuai dengan gejala klinis yang dilihat.  TAKESI akan  menyajikan beberapa kemungkinan penyakit yang menyerang ternaknya, lengkap dengan informasi singkat serta foto-foto sebagai pembanding. Apabila masih ragu, TAKESI menyediakan fitur untuk melakukan kontak dengan para ahli maupun petugas kesehatan hewan setempat, baik lewat SMS atau telepon.

Sumber: antaranews.com

Di tag dibawah

Artikel terkait

Tokoh & Berita

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Info lengkap klik DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.  Simak Perjuangan Komunitas Peternak tertua di Indonesia ini.
 

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI