Loading...
iden

Mengenali Penyakit Dan Gangguan Reproduksi Sapi Via Aplikasi Android

Para peneliti dari Balai Besar Penelitian Veteriner, telah mengembangkan sebuah aplikasi android untuk membantu para peternak sapi yang ingin mengetahui penyakit dan gangguan reproduksi pada ternaknya. Aplikasi ini diberi nama TAKESI,  singkatan dari Teknologi Android Kesehatan Sapi ini, terdiri dari empat fitur, yaitu penyakit dan gangguan reproduksi pada sapi indukan, penyakit dan gangguan pada anak sapi, manajemen kesehatan sapi dan kontak ahli.

Di dunia maya, aplikasi android ini bukanlah yang pertama, ada beberapa aplikasi sejenis namun semuanya menggunakan bahasa asing dan beberapa diantaranya kurang sesuai dengan kondisi penyakit yang ada di Indonesia. Agar lebih mudah dimengerti, TAKESI disusun menggunakan Bahasa Indonesia yang sederhana, singkat, jelas, termasuk beberapa istilah penyakit yang lebih dikenal dengan bahasa daerah.

Jika peternak belum bisa memastikan jenis penyakitnya, dapat menggunakan fitur pencarian sesuai dengan gejala klinis yang dilihat.  TAKESI akan  menyajikan beberapa kemungkinan penyakit yang menyerang ternaknya, lengkap dengan informasi singkat serta foto-foto sebagai pembanding. Apabila masih ragu, aplikasi android TAKESI menyediakan fitur untuk melakukan kontak dengan para ahli maupun petugas kesehatan hewan setempat, baik lewat SMS atau telepon.

 

Sumber: antaranews.com

Aston, Sapi yang Merasa Dirinya Kuda Poni Kecil

Dalam mitologi di banyak negara di dunia, kuda adalah hewan yang sangat kuat. Dalam mitologi Nusantara dikenal kuda sembrani - kuda bersayap. Kuda dengan sayap juga hadir dalam mitologi Yunani yang dikenal dengan nama Pegasus. Pada kenyataannya kuda memang dikenal sebagai binatang berkaki empat yang kuat dan tangguh, termasuk jenis kuda poni kecil.

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya.

Easy to Breed is the Superiority of Bali Cattle

Bali cattle are one of the Indonesia’s native cattle species. Despite a declining trend, it has quite large population in Indonesia. Indeed, Bali cattle have some advantages compared to the other species of cattle in Indonesia. Bali cattle are one of the Indonesia’s native cattle species. Despite a declining trend, it has quite large population in Indonesia. Indeed, Bali cattle have some advantages compared to the other species of cattle in Indonesia.