TRANSLATE

Mengenal Sapi Simental yang Jadi Primadona di Indonesia

Sapi Simental – Di Indonesia terdapat banyak macam sapi yang dibudidayakan. Baik untuk sapi pedaging atau sapi perah. Salah satu jenis sapi yang cukup terkenal di kalangan peternak adalah sapi Simental.

Asal-Usul Sapi Simental

Sapi Simental atau Simmental merupakan salah satu nama ras sapi yang berasal dari Swiss. Yang mana termasuk ke bangsa bos taurus. Nama Simental sendiri diambil dari nama daerah tempat pertama kali sapi ini dikembangkan. Yakni Lembah Simme – Berner Oberland, Swiss. Sampai saat ini, sapi ini sudah menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, sapi Simental disebut sebagai sapi metal.

 

Karakteristik Fisik Sapi Simental

Untuk sapi jenis ini mempunyai ciri fisik yang membedakan dengan sapi jenis lainnya. Diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk warna sapi Simental sendiri cukup bervariasi. Mulai dari antara cokelat kekuningan, cokelat kemerahan sampai merah tua. Sedangkan ada bagian tubuh sapi yang memiliki warna berbeda. Misalnya bagian atas kepala, kaki dan perut yang warnanya putih. Sapi Simental kebanyakan mempunyai pigmen di sekitar mata untuk mengurangi masalah mata jika terkena sinar matahari.
  • Rangka Tubuh. Kerangka yang dimiliki oleh sapi metal ini juga besar dengan bentuk badan memanjang dan berotot.
  • Ukuran Tubuh. Tinggi sapi metal betina antara 135 – 150 cm, sedangkan untuk sapi jantan 150 – 160 cm. Sedangkan untuk bobotnya pun tergantung pada variasi pemeliharaannya. Dengan pemeliharaan yang intensif, sapi metal betina bisa mencapai 700 – 900 kg dan sapi jantan mencapai 1.3 ton.

 

Keunggulan Sapi Simental

Ada banyak alasan mengapa sapi metal ini digemari oleh masyarakat kalangan peternak dan masyarakat umum. Sapi metal sendiri mempunyai keunggulan dibandingkan dengan sapi jenis lainnya. Nah berikut ini beberapa kelebihan sapi metal;

 

Tingkat Pertumbuhan Terbilang Cepat

Sapi metal terkenal dengan pertumbuhan yang cepat asal diberi pakan cukup. AGD atau pertumbuhan bobot rata-rata harian bisa mencapai antara 1.5 – 2.1 kg per hari.

 

Menghasilkan Karkas Banyak & Daging Berkualitas

Karkas sapi metal lebih berat dan ramping dibandingkan dengan jenis sapi lain. Penimbunan lemak di bawah kulit rendah, jadi bisa menghasilkan daging rendah lemak.

 

Sapi Dwiguna

Masih banyak yang tidak tahu bahwa sapi metal ini merupakan sapi multiguna. Dimana tidak hanya bisa dijadikan sapi potong saja. Tetapi juga bisa dijadikan sapi perah untuk produksi susu. Bahkan sapi metal ini bisa memberikan keseimbangan yang baik antara susu dan daging yang dihasilkan daripada ras lain.

 

Sistem Reproduksi & Fertilitas Baik

Tingkat fertilitas sapi metal cukup tinggi dan jarak antara melahirkan anak pun cukup pendek. Kemampuan mothering ability atau pengasuhan anak pun baik juga. Dengan adanya sifat-sifat ini maka akan sangat menguntungkan untuk peternak breeding sapi metal.

 

Kekurangan dari Sapi Simental

Terdapat dua kelemahan dari sapi metal, diantaranya sebagai berikut ini.

  • Harga bibit yang cukup mahal
  • Ketersediaan pakan yang harus cukup. Pemilik sapi metal harus mampu menjaga ketersediaan pakan sepanjang tahun. Termasuk pakan hijau dan pakan alternatif. Ini akan menjadi masalah jika peternak hanya mengandalkan pakan musiman. Entah musim panen atau tidak, pakan sapi harus tersedia dalam kondisi cukup,

Nah itulah hal-hal yang harus diketahui dengan baik ketika ingin membeli sapi metal. Pastikan untuk mengetahui ciri-ciri sapi metal, keunggulan, cara ternak, harga anakan, dan lainnya. Dengan begitu nantinya tidak akan merasa kesulitan lagi ketika beternak.