Loading...
iden

Aneka Jenis Konstruksi Bangunan Kandang Sesuai Kondisi Fisiologis Sapi

Hewan ternak seperti sapi perah perlu diberi tempat tinggal sesuai dengan kebutuhannya. Sapi-sapi tersebut tidak bisa ditempatkan dalam satu jenis konstruksi bangunan kandang yang sama karena akan memengaruhi kesehatannya. Perkembangan teknologi saat ini memiliki peran penting bagi para peternak. Di Negara maju, penerapan pola beternak modern memperlihatkan hasil yang signifikan. Berbeda dengan cara ternak sapi perah tradisional yang pada akhirnya kalah bersaing di pasar global.

Dalam suatu peternakan modern, ada beberapa jenis konstruksi bangunan kandang yang dibangun untuk hewan sapi perah dengan masing-masing kondisinya:

 

 

1. Kandang pejantan 

  • Sapi pejantan sebaiknya memiliki kandang berukuran 3x4 meter dengan halaman berukuran 4x6 meter atau disebut dengan model Loose Box. Model kandang ini dibuat agar sapi dapat leluasa bergerak sehingga tidak mengalami stres.
  • Kandang sapi pejantan memiliki konstruksi bangunan yang lebih kuat. Usahakan ketinggian kandang lebih tinggi dari sapi, yakni sekitar 160 sampai 180 cm.
  • Lantai kandang memiliki arah miring menuju pintu dengan perbedaan tinggi sekitar 5 cm. Untuk halaman, sebaiknya gunakan materi beton pada lantainya.

 

2. Kandang sapi dewasa

Kandang ini dapat digunakan pula oleh sapi dara, yaitu sapi yang siap kawin. Seperti konstruksi bangunan kandang pada umumnya, kandang sapi dewasa dilengkapi tempat makan dan air minum masing-masing berukuran 80x50 cm dan 50x40 cm. Sementara untuk ukuran kandang adalah 1,75x1,2 meter.

 

3. Kandang kawin

Pembangunan kandang kawin sebaiknya didekatkan dengan pintu halaman sapi pejantan agar proses perkawinan berlangsung mudah. Kandang ini memiliki ukuran 110x55 cm. Gunakan balok berukuran 20x20 cm dengan menanamnya 50-60 cm di dalam tanah supaya kokoh.

 

 

4. Kandang melahirkan 

Sapi perah yang siap melahirkan harus segera dipindah ke kandang khusus melahirkan. Pembangunan kandang melahirkan tidak boleh didekatkan dengan kandang pedet. Konstruksi bangunan kandang ini memiliki ukuran 6x6 meter dengan selokan pembuangan dipisahkan dari selokan kandang sapi dewasa. Setiap sudut kandang dibuat melengkung supaya mudah dibersihkan.

 

 

5. Kandang pedet (anak sapi)

Ada dua macam kandang pedet, yaitu kandang individu untuk sapi yang baru lahir dan kandang kelompok untuk anak sapi berusia 4-8 minggu. Disarankan agar kandang pedet individu tidak terbuat dari tembok karena dapat mengganggu sirkulasi udara.

 

 

6. Konstruksi bangunan kandang sapi laktasi

  • Terdapat dua macam kandang laktasi, yaitu sistem loose housing dan stall. Pada sistem stall, peternak bisa memilih bentuk tunggal ataupun ganda. Di beberapa peternakan modern, sistem stall ganda seringkali dijumpai dengan menempatkan sapi dalam dua baris saling berhadapan ataupun bertolak belakang. Sementara pada sistem stall tunggal, sapi ditempatkan dalam satu baris.
  • Sistem loose housing tengah populer di antara para peternak karena dianggap lebih fleksibel dan mudah diperluas ketika jumlah hewan ternak meningkat. Namun sistem ini membutuhkan lahan yang sangat luas supaya sapi perah dapat bergerak bebas dan mendapat udara segar serta sinar matahari yang cukup.

 

 

7. Kandang darurat 

Berukuran 150x55x150 cm, kandang darurat atau isolasi ini dibangun untuk memisahkan sapi sehat dengan sapi sakit. Ketika mendeteksi adanya sapi yang mengalami gangguan kesehatan, segera beri perawatan khusus, yaitu dengan memberi obat dan ditempatkan di kandang khusus. Keadaan akan bertambah buruk jika sapi sakit dirawat bersamaan sapi sehat. Sebab dalam waktu singkat penyakit dapat ditularkan ke sapi lainnya.

Demikian ulasan mengenai jenis konstruksi bangunan kandang sapi perah modern yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

DR. Ashari, Pakar Studi Kelayakan dan Manajemen Usaha Ternak

Dr. Ashari a biology degree (Department of Zoology / Ecology) in 1970 from the University of Gadjah Mada. Education S3 (Department of Animal Sciences) Doctoral degree (Dr.) in 1992 with a dissertation titled "Goat Ranch perspective on the various Agro-ecosystem in the Road (A Survey on the road and in the case study of two village-Bogor District Ciawi)". Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.