Loading...
iden

Dua Jenis Makanan Sehat Untuk Sapi Perah Dara

Mengetahui cara beternak sapi yang baik dan benar, merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh orang-orang yang ingin menanamkan modal di bidang peternakan sapi. Pengetahuan yang diperoleh adalah pedoman agar peternak sapi tidak mengalami kerugian materi maupun genetik. Salah satu tata kelola sapi perah yang perlu mendapat perhatian khusus adalah adalah perawatan sapi perah dara.

Faktor utama agar sapi perah dara dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, adalah  kualitas dan kuantitas pakan.  Di sisi lain, pakan  merupakan komponen pengeluaran tetap yang paling besar dari total pengeluaran untuk usaha ternak sapi perah. Untuk itu, peternak harus dapat merumuskan racikan pakan yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan ternak sekaligus menciptakan anggaran yang efisien. 

Makanan sehat untuk sapi perah dara terdiri dua jenis yakni pakan hijauan dan konsentrat. Porsi terbesar dalam ransum sapi perah dara adalah pakan hijauan, sedangkan pakan konsentrat merupakan pakan tambahan. Hubungan kedua jenis pakan ini saling melengkapi. Jadi apabila kualitas pakan hijauan rendah, maka konsentratnya harus berkualitas tinggi.

Kandungan nutrisi dari kedua jenis pakan ini diharapkan dapat menunjang pertumbuhan sapi perah sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu makanan sehat untuk sapi perah dara berupa hijauan dan konsentrat perlu diramu menjadi ransum dengan formulasi tertentu untuk memenuhi kebutuhan ternak sekaligus juga efisiensi biaya.

Apa yang dimaksud dengan pakan hijauan dan konsentrat bisa disimak dibawah ini :

  • Hijauan; Pakan hijauan adalah segala jenis tumbuh-tumbuhan yang dapat dicerna oleh ternak tanpa menimbulkan keracunan. Pakan hijauan ini terdiri dari beberapa jenis yaitu: rumput-rumputan dan kacang-kacangan seperti petai Cina, turi, kalopo, gamal, centro, dan lamtoro. Hijauan jenis kacang-kacangan ini kandungan proteinnya cukup tinggi, jadi tidak boleh diberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare. Kemudian juga Limbah pertanian, yaitu sisa hasil pertanian yang dapat menjadi pakan hijauan untuk ternak. Contohnya adalah tebon jagung, jerami kacang kedelai, jerami kacang panjang, dan lain-lain.
  • Konsentrat; Pakan konsentrat adalah campuran berbagai bahan baku pakan, seperti tepung jagung, bekatul/dedak, tepung ikan, bungkil kedelai, onggok, dan sebagainya, yang diramu dengan komposisi tertentu dan diberi tambahan mineral dan zat-zat yang berguna untuk kesehatan ternak.

Pemeliharaan dan pemberian makanan sehat dan  berkualitas terhadap sapi dara akan mendukung pertumbuhannya sampai usia 4-5 tahun. Secara global, pakan sapi dara terdiri dari 60% hijauan dan 40% konsentrat, yang diberikan dua kali setiap hari, yakni pada pagi dan sore hari. Pakan hijau berupa rumput diberikan kepada sapi dara sebanyak 10% dari bobot badan, dan pakan tambahannya sebanyak 1-2% dari bobot badan.

Untuk kuantitasnya, pakan sapi dara diberikan secara bertahap, yakni:

  • Saat masa lepas sapih (usia 3-6 bulan); Pada usia ini pakan starter mulai digantikan dengan formula pakan konsentrat. Pemberian konsentrat ini dilakukan secara bertahap dan maksimal 2kg/ekor setiap harinya.
  • Saat usia lebih dari 6 bulan; Pada usia ini, sapi sudah mampu mencerna bahan makanan yang tinggi serat kasarnya dan daya cerna sapi dara sudah sempurna, sehingga porsi pakan hijauan bisa ditingkatkan.

Sedangkan untuk minum, sapi yang sudah lepas masa sapih sudah tidak diberi minum susu dan diganti dengan air biasa. Ketersediaan air minum untuk sapi ternak harus selalu ada di masing-masing kandang.

Pengetahuan Umum Tentang Tata Cara Pembuatan Kandang Sapi Perah

Hasil produksi sapi perah berupa susu segar ataupun produk olahan. saat ini masih jauh dari jumlah permintaan masyarakat. Munculnya kondisi ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari hewan sapi itu sendiri. Sementara faktor eksternal disebabkan oleh lingkungan, termasuk di dalamnya pengetahuan umum tentang teknik pemeliharaan ternak, fasilitas kandang, serta iklim dimana lokasi kandang berada.

Cara Memasak Susu Sapi Murni Yang Benar

Buah hati kita yang masih bayi seringkali harus diberikan susu untuk mencukupi nutrisinya dan menjaga tumbuh kembangnya. Namun, seringkali memang kita sudah menyediakan susu namun terlambat disajikan untuk si kecil karena berbagai alasan seperti misalnya si kecil yang sudah terlanjur tertidur.

Usaha Budidaya Sapi Jenis Brahman Terbukti Dapat Meningkatkan Penghasilan

Sapi Brahman adalah salah satu sapi unggulan yang banyak dikembangbiakan di Indonesia. Sapi ini memiliki ciri fisik berupa tubuh yang besar jika dibandingkan dengan sapi lokal, serta ada punuk pada punggungnya. Sapi Brahman mulai dikembangkan di Indonesia sejak tahun 1970-an hingga sekarang. Berikut informasi singkat tentang usaha budidaya ternak sapi Brahman yang dilakukan oleh peternak sapi untuk meningkatkan penghasilan keluarga.

STMJ, Healthy Indonesian Drink from Ginger, Eggs, Milk and Honey

Enjoying a cup of hot drink is a great way to beat the cold weather, right? Of course, you need something that is not only hot but also healthy. In Indonesia, there is a healthy drink called STMJ. Name of the drink is actually derived from Susu (milk), Telur (egg), Madu (honey), and Jahe (ginger). The drink contains healthy ingredients, particularly egg and ginger. Meanwhile, milk and honey serve as the sweetener to replace sugar.