Loading...
iden

Dua Jenis Makanan Sehat Penunjang Produktifitas Sapi Perah Dara

Makanan adalah zat yang dikonsumsi oleh makhluk hidup, untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energi. Makanan untuk manusia disebut pangan, sedangkan makanan untuk hewan seperti sapi disebut sebagai  pakan. Kualitas suatu makanan dapat dinilai dari energi yaang terdapat didalamnya juga daya tahannya. 

Mengkonsumsi makanan yang tidak tepat atau tidak cukup akan menyebabkan kekurangan nutrisi yang mengganggu kesehatan. Oleh sebab itu, makanan adalah salah satu penentu keberhasilan usaha ternak.  Bagi anda yang ingin menanamkan modal di bidang peternakan sapi perah, wajib memberi perhatian khusus pada perawatan sapi perah dara. 

Faktor utama agar sapi perah dara dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, adalah  kualitas dan kuantitas pakan.  Di sisi lain, pakan  merupakan komponen pengeluaran tetap yang paling besar dari total pengeluaran untuk usaha ternak sapi perah. Untuk itu, peternak harus dapat merumuskan racikan pakan yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan ternak sekaligus menciptakan anggaran yang efisien. 

Makanan sehat untuk sapi perah dara terdiri dua jenis yakni pakan hijauan dan konsentrat. Porsi terbesar dalam ransum sapi perah dara adalah pakan hijauan, sedangkan pakan konsentrat merupakan pakan tambahan. Hubungan kedua jenis pakan ini saling melengkapi. Jadi apabila kualitas pakan hijauan rendah, maka konsentratnya harus berkualitas tinggi.

Kandungan nutrisi dari kedua jenis pakan ini diharapkan dapat menunjang pertumbuhan sapi perah sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu makanan sehat untuk sapi perah dara berupa hijauan dan konsentrat perlu diramu menjadi ransum dengan formulasi tertentu untuk memenuhi kebutuhan ternak sekaligus juga efisiensi biaya.

Apa yang dimaksud dengan pakan hijauan dan konsentrat bisa disimak dibawah ini :

  • Hijauan; Pakan hijauan adalah segala jenis tumbuh-tumbuhan yang dapat dicerna oleh ternak tanpa menimbulkan keracunan. Pakan hijauan ini terdiri dari beberapa jenis yaitu: rumput-rumputan dan kacang-kacangan seperti petai Cina, turi, kalopo, gamal, centro, dan lamtoro. Hijauan jenis kacang-kacangan ini kandungan proteinnya cukup tinggi, jadi tidak boleh diberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare. Kemudian juga Limbah pertanian, yaitu sisa hasil pertanian yang dapat menjadi pakan hijauan untuk ternak. Contohnya adalah tebon jagung, jerami kacang kedelai, jerami kacang panjang, dan lain-lain.
  • Konsentrat; Pakan konsentrat adalah campuran berbagai bahan baku pakan, seperti tepung jagung, bekatul/dedak, tepung ikan, bungkil kedelai, onggok, dan sebagainya, yang diramu dengan komposisi tertentu dan diberi tambahan mineral dan zat-zat yang berguna untuk kesehatan ternak.

Pemeliharaan dan pemberian makanan sehat dan  berkualitas terhadap sapi dara akan mendukung pertumbuhannya sampai usia 4-5 tahun. Secara umum, pakan sapi dara terdiri dari 60% hijauan dan 40% konsentrat, yang diberikan dua kali setiap hari, yakni pada pagi dan sore hari. Pakan hijau berupa rumput diberikan kepada sapi dara sebanyak 10% dari bobot badan, dan pakan tambahannya sebanyak 1-2% dari bobot badan.

Untuk kuantitasnya, pakan sapi dara diberikan secara bertahap, yakni:

  • Saat masa lepas sapih (usia 3-6 bulan); Pada usia ini pakan starter mulai digantikan dengan formula pakan konsentrat. Pemberian konsentrat ini dilakukan secara bertahap dan maksimal 2kg/ekor setiap harinya.
  • Saat usia lebih dari 6 bulan; Pada usia ini, sapi sudah mampu mencerna bahan makanan yang tinggi serat kasarnya dan daya cerna sapi dara sudah sempurna, sehingga porsi pakan hijauan bisa ditingkatkan.

Pada prinsipnya, pakan sapi dara sama dengan pakan pedet lepas sapih. Namun agar biayanya lebih murah, berikan konsentrat yang kadar proteinnya lebih rendah. Tidak akan menjadi masalah karena protein dan energi bisa diperoleh dari rumput, hijauan kering atau pasture (padang rumput) yang baik.

Namun, jika hijauan atau rumputnya berkualitas rendah, harus ditambah pakan konsentrat yang kadar proteinnya 15-16%, atau berikan pakan campuran yang terdiri dari  55% bungkil kelapa, 40% dedak halus dan 5% ampas tapioka.

Sedangkan untuk minum, sapi yang sudah lepas masa sapih sudah tidak diberi minum susu dan diganti dengan air biasa. Ketersediaan air minum untuk sapi ternak harus selalu ada di masing-masing kandang.

Di tag dibawah

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Hery Supratman Adalah Penemu HERYAKI, Probiotik Yang Sangat Bermanfaat Bagi Peternak Sapi

Tidak hanya menyebarkan pengetahuan tentang peternakan di kampus, Dr. Ir. Rd. Hery Supratman MS adalah pakar ternak yang turun langsung sebagai narasumber dan pelatihan untuk peternak, konsultan pakan pada beberapa usaha ternak skala besar (feedlot), formulator pakan pada salah satu Industri Vitamin dan Obat-obatan terbesar di Indonesia, dan tenaga ahli yang turut merancang pabrik pakan sapi perah milik UPP KPBS. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.