Loading...
idarzh-CNenhi

Dua Jenis Makanan Sehat Untuk Sapi Perah Dara

Mengetahui cara beternak sapi yang baik dan benar, merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh orang-orang yang ingin menanamkan modal di bidang peternakan sapi. Pengetahuan yang diperoleh adalah pedoman agar peternak sapi tidak mengalami kerugian materi maupun genetik. Salah satu tata kelola sapi perah yang perlu mendapat perhatian khusus adalah adalah perawatan sapi perah dara.

Faktor utama agar sapi perah dara dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, adalah  kualitas dan kuantitas pakan.  Di sisi lain, pakan  merupakan komponen pengeluaran tetap yang paling besar dari total pengeluaran untuk usaha ternak sapi perah. Untuk itu, peternak harus dapat merumuskan racikan pakan yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan ternak sekaligus menciptakan anggaran yang efisien. 

Makanan sehat untuk sapi perah dara terdiri dua jenis yakni pakan hijauan dan konsentrat. Porsi terbesar dalam ransum sapi perah dara adalah pakan hijauan, sedangkan pakan konsentrat merupakan pakan tambahan. Hubungan kedua jenis pakan ini saling melengkapi. Jadi apabila kualitas pakan hijauan rendah, maka konsentratnya harus berkualitas tinggi.

Kandungan nutrisi dari kedua jenis pakan ini diharapkan dapat menunjang pertumbuhan sapi perah sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu makanan sehat untuk sapi perah dara berupa hijauan dan konsentrat perlu diramu menjadi ransum dengan formulasi tertentu untuk memenuhi kebutuhan ternak sekaligus juga efisiensi biaya.

Apa yang dimaksud dengan pakan hijauan dan konsentrat bisa disimak dibawah ini :

  • Hijauan; Pakan hijauan adalah segala jenis tumbuh-tumbuhan yang dapat dicerna oleh ternak tanpa menimbulkan keracunan. Pakan hijauan ini terdiri dari beberapa jenis yaitu: rumput-rumputan dan kacang-kacangan seperti petai Cina, turi, kalopo, gamal, centro, dan lamtoro. Hijauan jenis kacang-kacangan ini kandungan proteinnya cukup tinggi, jadi tidak boleh diberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare. Kemudian juga Limbah pertanian, yaitu sisa hasil pertanian yang dapat menjadi pakan hijauan untuk ternak. Contohnya adalah tebon jagung, jerami kacang kedelai, jerami kacang panjang, dan lain-lain.
  • Konsentrat; Pakan konsentrat adalah campuran berbagai bahan baku pakan, seperti tepung jagung, bekatul/dedak, tepung ikan, bungkil kedelai, onggok, dan sebagainya, yang diramu dengan komposisi tertentu dan diberi tambahan mineral dan zat-zat yang berguna untuk kesehatan ternak.

Pemeliharaan dan pemberian makanan sehat dan  berkualitas terhadap sapi dara akan mendukung pertumbuhannya sampai usia 4-5 tahun. Secara global, pakan sapi dara terdiri dari 60% hijauan dan 40% konsentrat, yang diberikan dua kali setiap hari, yakni pada pagi dan sore hari. Pakan hijau berupa rumput diberikan kepada sapi dara sebanyak 10% dari bobot badan, dan pakan tambahannya sebanyak 1-2% dari bobot badan.

Untuk kuantitasnya, pakan sapi dara diberikan secara bertahap, yakni:

  • Saat masa lepas sapih (usia 3-6 bulan); Pada usia ini pakan starter mulai digantikan dengan formula pakan konsentrat. Pemberian konsentrat ini dilakukan secara bertahap dan maksimal 2kg/ekor setiap harinya.
  • Saat usia lebih dari 6 bulan; Pada usia ini, sapi sudah mampu mencerna bahan makanan yang tinggi serat kasarnya dan daya cerna sapi dara sudah sempurna, sehingga porsi pakan hijauan bisa ditingkatkan.

Sedangkan untuk minum, sapi yang sudah lepas masa sapih sudah tidak diberi minum susu dan diganti dengan air biasa. Ketersediaan air minum untuk sapi ternak harus selalu ada di masing-masing kandang.

Artikel Yang Banyak Dicari

Untung Besar Bagi Usaha Ternak Anda, Jika Bisa Mendapatkan Bibit Sapi Pada Umur Idealnya

Seperti kita ketahui, sapi potong adalah sapi yang secara khusus dipelihara untuk diambil daging beserta lemaknya. Lama penggemukan sapi ini umumnya memerlukan waktu 6 bulan dan sudah bisa diambil hasil dagingnya.

Tentang Pakan Ruminansia Untuk Sapi Perah Jantan, Apa Yang Paling Cocok?

Sapi perah jantan memiliki nafsu makan tinggi dan juga tumbuh dengan cepat dan lebih besar, oleh sebab itu jenis pakan ruminansia yang diberikan juga berbeda dengan sapi perah betina

Harga Sapi Perah Friesian Holstein Terkini

Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Perah Tradisional?

Kandang sangat dibutuhkan untuk melindungi sapi perah dari beraneka macam gangguan serta keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan. Sebelum memulai beternak, Anda harus mempersiapkan konstruksi bangunan kandang sapi dengan matang. Menurut Williamson dan Payne, kandang sapi perah ada dua jenis, yaitu kandang sapi konvensional dan kandang sapi bebas

Sapi Perah Bunting Harus Minum Air Putih Dengan Jumlah Yang Cukup

Walaupun air yang terkandung dalam hijauan yang dikonsumsi bisa mencapai 80% dari total beratnya, namun belum cukup memenuhi kebutuhan air bagi sapi perah bunting. Oleh karena itu tugas anda sebagai peternak adalah menyediakan pasokan air untuk minum sapi selalu tersedia.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...