Dua Jenis Makanan Sehat Untuk Sapi Perah Dara

Mengetahui cara beternak sapi yang baik dan benar, merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh orang-orang yang ingin menanamkan modal di bidang peternakan sapi. Pengetahuan yang diperoleh adalah pedoman agar peternak sapi tidak mengalami kerugian materi maupun genetik. Salah satu tata kelola sapi perah yang perlu mendapat perhatian khusus adalah adalah perawatan sapi perah dara.

Faktor utama agar sapi perah dara dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, adalah  kualitas dan kuantitas pakan.  Di sisi lain, pakan  merupakan komponen pengeluaran tetap yang paling besar dari total pengeluaran untuk usaha ternak sapi perah. Untuk itu, peternak harus dapat merumuskan racikan pakan yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan ternak sekaligus menciptakan anggaran yang efisien. 

Makanan sehat untuk sapi perah dara terdiri dua jenis yakni pakan hijauan dan konsentrat. Porsi terbesar dalam ransum sapi perah dara adalah pakan hijauan, sedangkan pakan konsentrat merupakan pakan tambahan. Hubungan kedua jenis pakan ini saling melengkapi. Jadi apabila kualitas pakan hijauan rendah, maka konsentratnya harus berkualitas tinggi.

Kandungan nutrisi dari kedua jenis pakan ini diharapkan dapat menunjang pertumbuhan sapi perah sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu makanan sehat untuk sapi perah dara berupa hijauan dan konsentrat perlu diramu menjadi ransum dengan formulasi tertentu untuk memenuhi kebutuhan ternak sekaligus juga efisiensi biaya.

Apa yang dimaksud dengan pakan hijauan dan konsentrat bisa disimak dibawah ini :

  • Hijauan; Pakan hijauan adalah segala jenis tumbuh-tumbuhan yang dapat dicerna oleh ternak tanpa menimbulkan keracunan. Pakan hijauan ini terdiri dari beberapa jenis yaitu: rumput-rumputan dan kacang-kacangan seperti petai Cina, turi, kalopo, gamal, centro, dan lamtoro. Hijauan jenis kacang-kacangan ini kandungan proteinnya cukup tinggi, jadi tidak boleh diberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare. Kemudian juga Limbah pertanian, yaitu sisa hasil pertanian yang dapat menjadi pakan hijauan untuk ternak. Contohnya adalah tebon jagung, jerami kacang kedelai, jerami kacang panjang, dan lain-lain.
  • Konsentrat; Pakan konsentrat adalah campuran berbagai bahan baku pakan, seperti tepung jagung, bekatul/dedak, tepung ikan, bungkil kedelai, onggok, dan sebagainya, yang diramu dengan komposisi tertentu dan diberi tambahan mineral dan zat-zat yang berguna untuk kesehatan ternak.

Pemeliharaan dan pemberian makanan sehat dan  berkualitas terhadap sapi dara akan mendukung pertumbuhannya sampai usia 4-5 tahun. Secara global, pakan sapi dara terdiri dari 60% hijauan dan 40% konsentrat, yang diberikan dua kali setiap hari, yakni pada pagi dan sore hari. Pakan hijau berupa rumput diberikan kepada sapi dara sebanyak 10% dari bobot badan, dan pakan tambahannya sebanyak 1-2% dari bobot badan.

Untuk kuantitasnya, pakan sapi dara diberikan secara bertahap, yakni:

  • Saat masa lepas sapih (usia 3-6 bulan); Pada usia ini pakan starter mulai digantikan dengan formula pakan konsentrat. Pemberian konsentrat ini dilakukan secara bertahap dan maksimal 2kg/ekor setiap harinya.
  • Saat usia lebih dari 6 bulan; Pada usia ini, sapi sudah mampu mencerna bahan makanan yang tinggi serat kasarnya dan daya cerna sapi dara sudah sempurna, sehingga porsi pakan hijauan bisa ditingkatkan.

Sedangkan untuk minum, sapi yang sudah lepas masa sapih sudah tidak diberi minum susu dan diganti dengan air biasa. Ketersediaan air minum untuk sapi ternak harus selalu ada di masing-masing kandang.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

  • Biogas Kotoran Sapi Sebagai Alternatif BBM Satu Harga PERTAMINA Biogas Kotoran Sapi Sebagai Alternatif BBM Satu Harga PERTAMINA
    Transportasi adalah salah satu kebutuhan keluarga yang memerlukan biaya cukup besar.  Bagi yang memiliki kendaraan sendiri, seperti sepeda motor, biaya bahan bakar minyak (BBM) merupakan pengeluaran wajib yang harus diperhitungkan selain parkir. Apalagi jika kendaraannya wajib menggunakan jenis bahan bakar dengan oktan tinggi. Ditambah lagi BBM satu harga PERTAMINA yang pada prakteknya dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah harga minyak dunia yang cenderung semakin mahal.
    Read more...
  • Nyamuk Sapi Adalah Penyebab Demam Tiga Hari Nyamuk Sapi Adalah Penyebab Demam Tiga Hari
    Collicoides sp. adalah jenis nyamuk sapi (nyamuk pengisap darah sapi) yang terinveksi  virus Rhabdovirus, kemudian menggigit sapi dan menularkan penyakit demam tiga hari. Ya, umumnya jangka waktu terserangnya penyakit ini tidak lebih dari tiga hari dan dapat sembuh dengan cepat jika tidak ada komplikasi. Kendati demikian, pada ternak penjantan penyakit ini dapat berlangsung hingga lima bulan.
    Read more...

Produk

  • Cara Memasak Daging Has Dalam (Tenderloin) Yang Terkenal Empuk dan Lezat Cara Memasak Daging Has Dalam (Tenderloin) Yang Terkenal Empuk dan Lezat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini mungkin akan sangat disukai dan ditunggu karena akan membahas mengenai tenderloin atau daging has dalam sapi. Daging jenis ini letaknya di bawah bagian rusuk dan tulang belakang yang memang jarang aktif bergerak dan digunakan oleh sapi. Karena itulah, daging ini sangat empuk,…
    Read more...
  • Cantik Alami dan Awet Muda Berkat Susu Sapi Cantik Alami dan Awet Muda Berkat Susu Sapi
    Ternyata susu sapi murni tak hanya bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, susu sapi murni juga bisa digunakan oleh para wanita agar cantik alami dan awet muda. Sejak jaman dahulu, susu sapi murni dipercaya sangat ampuh untuk mendapatkan penampilan cantik alami dan awet muda, utamanya dalam hal kelembutan dan kelembapan…
    Read more...

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh