Loading...
iden

Untuk Meningkatkan Harga Bibit Sapi Ketika Dijual, Bagaimana Caranya?

Untuk anda yang memilih menjual bibit sapi sebagai penghasilan utama, inginkah anda bisa meraih untung lebih banyak? Untuk itu coba pahami tentang susunan dan perkembangan alat pencernaan anak sapi dibawah ini. Beberapa saat setelah lahir, pedet mengkonsumsi kolostrum, yaitu air susu yang dikeluarkan dari ambing sapi yang baru melahirkan, berwarna kekuning-kuningan dan lebih kental dari air susu normal. Bagaimana takarannya? 

 

 

I. Minggu Pertama Hingga Minggu ke 12

Hari pertama adalah hari yang sangat penting bagi kelangsungan hidup pedet jawa apakah nanti tumbuh sehat, tumbuh cacat, atau bahkan mati beberapa hari pasca dilahirkan. Untuk bisa menjual pedet dengan harga bibit yang maksimal lakukan hal berikut:

  1. 30 menit pasca dilahirkan, pedet harus segera mendapatkan kolostrum dengan cara menghisap langsung dari ambing indukannya.
  2. Setelah itu dilanjutkan secara berkala sebanyak 2 liter per harinya.
  3. Di hari ke-2 hingga ke-4, diberikan 3x sehari. Patokan jumlah susu yang diberikan (Willamson, 1993): Minggu I, 8% bobot lahir; Minggu II, 9% bobot lahir; Minggu III, 10% bobot lahir; Minggu IV, 8% bobot lahir; Minggu V sebanyak 5% bobot lahir. Pemberian kolostrum pada 4 hari pertama ini akan menentukan apakah pedet bisa bertahan atau tidak. Apabila bisa meminum semuanya, pedet punya kemungkinan hidup sebesar 95 persen.
  4. Minggu ke-IV hingga Minggu ke-V, terjadi pengurangan jumlah susu yang diberikan karena pedet mulai disapih. Penyapihan adalah proses memperkenalkan anak sapi dengan sumber pangan dewasanya dan perlahan-lahan menghentikan pemberian air susu dari induknya.

 

II. Masa Penyapihan

Masa penyapihan juga sangat penting untuk meningkatkan harga bibit sapi yang nanti akan dijual. Fase penyapihan perlu dilakukan secara bertahap dengan mengurangi jumlah susu yang diberikan dan mulai mengenalkan makanan berupa calf stater.  Pemberian ini digunakan sebagai terapi agar pedet jawa tidak terlalu bergantung dengan susu yang berasal dari indukannya.

Untuk tahap pertama, usahakan mampu mengkonsumsi 0,5 kg hingga 0,7 kg kg/ekor/hari. Calf starter yang diberikan harus memiliki kandungan protein kasar 18-20%, TDN 75-80%,, dan dapat memberikan pertambahan bobot badan 0.5 kg/hari dalam jangka waktu 8 minggu. 

Pemberian konsentrat khusus pedet ini dilakukan sedikit demi sedikit hingga minggu ke-VIII. Jangan lupa sediakan juga air untuk diminum pedet, agar rumennya tidak terganggu. Menurut hasil penelitian, pedet yang tidak minum akan menurunkan konsumsi konsentrat hingga 31dapat mengurangi bobot badannya sampai 38%. Namun jika berlebihan bisa mengakibatkan diarre

Bagaimana dengan pakan hijauan? Bisa diberikan kepada pedet yang masih menyusu, yaitu pada umur 2-3 minggu. Namun hanya untuk merangsang pertumbuhan rumen saja, arena pedet belum dapat mencerna pakan hijauan dengan sempurna sehingga tidak bisa diserap nutrisinya.  

Rumput pun harus dipilih yang berkualitas baik dengan tekstur halus. Dilarang memberikan silase pada pedet, karena belum bisa mencerna asam yang terkandung didalam silase. Jumlah hijauan bisa ditambah jika sudah mulai disapih.

Jika sudah lewat 12 minggu, mohon diteliti apakah bisa digunakan sebagai pejantan tangguh atau betina yang subur untuk  penghasil anak. Apabila tidak, maka pedet harus dipisahkan dan dialihfungsikan sebagai Veal Calves atau sapi muda yang akan dikonsumsi. Harga bibit untuk veal calve juga cukup tinggi, berikan pakan yang banyak agar bobotnya naik signifikan sehingga bisa lebih cepat dijual.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pakan dan minum untuk pedet jawa. Semoga Anda bisa beternak sapi dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang berlipat.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Ingin Tahu Tentang Kelinci New Zealand? Mari Bertanya Kepada Ir. Yono Cahyanto Raharjo MSc. Agr.

Ir. Yono Cahyanto Raharjo MSc.Agr., PhD, mendapatkan gelar sarjana pertanian (jurusan Teknologi Pangan) pada tahun 1976 dari Institut Pertanian Bogor. Pendidikan S2 (Jurusan Biochemistry and Nutrition) ditempuh pada University New England, Armidale Australia dan mendapatkan gelar Master of Science Agricultural (M.Sc.Agr) lulus pada tahun 1983. Sedangkan pendidikan doktoral (Ph.D) jurusan Animal Science pada Oregon State University lulus pada tahun 1987. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.