Jenis Pakan Untuk Anak Sapi Perah (Pedet)

Pemberian makan dan minum pada anak sapi perah adalah sesuatu yang sangat krusial. Salah pemberian makan pada ternak sapi ini akan membuat pertumbuhannya menurun, bahkan risiko kematian bisa meningkat. Untuk itulah, sejak pedet lahir di hari pertama manajemen pemberian pakan dan minum harus dipersiapkan dengan baik agar tidak terjadi keteledoran.

Saat indukan ternak sapi perah sedang hamil tua, Anda bisa menyiapkan beberapa hal penting terkait pakan dan minum yang tersaji secara di bawah ini. Perhatikan dengan baik-baik setiap langkahnya agar cara ternak sapi perah yang benar ini bisa diterapkan dengan sempurna.

 

Pemberian Kolostrum Hari ke-1 hingga ke-4 Pasca Kelahiran

Hari pertama adalah hari yang sangat penting bagi kelangsungan hidup pedet apakah nanti tumbuh sehat, tumbuh cacat, atau bahkan mati beberapa hari pasca dilahirkan. Untuk membuat pedet tumbuh dengan maksimal, sejak hari pertama pasca dilahirkan, pedet harus segera mendapatkan kolostrum dengan menghisap langsung dari ambing indukannya. Sekitar 30 menit pasca dilahirkan kolostrum harus segera didapatkan pedet.

Setelah kolostrum pertama diberikan, pedet bisa diberi kolostrum selanjutnya secara berkala sebanyak 2 liter setiap pemberian per harinya. Di hari ke-2 hingga ke-4, pemberian bisa dilakukan sebanyak 3x dengan banyak satu kali pemberian berkisar 1,5-2 liter. Pemberian kolostrum pada 4 hari pertama ini akan menentukan apakah pedet bisa bertahan atau tidak. Apabila pemberian berjalan lancar, pedet punya kemungkinan hidup sebesar 95 persen.

 

Pemberian Kolostrum Hari ke-5 hingga Minggu ke-12

Setelah melewati fase pertama yang sangat krusial dan rawan terjadi kematian, pedet akan terlihat lebih lincah dari sebelumnya. Pada fase ini pedet akan tetap diberi susu dari induk hingga pasca penyapihan datang. Pemberian susu pada pedet biasanya disesuaikan dengan bobot badannya. Untuk pedet sapi perah biasanya berkisar 8-10% dari bobot dikalikan satu liter. Misal pedet dengan bobot 50 kilogram akan mendapatkan susu sebanyak 4-5 liter setiap harinya.

Pemberian susu dengan metode ini harus dilakukan hingga pedet berusia 2 bulan atau 8 minggu. Setelah pedet memasuki bulan ketiga, fase penyapihan perlu dilakukan secara bertahap dengan mengurangi jumlah susu yang diberikan dan mulai mengenalkan makanan berupa konsentrat. Proses penyapihan sapi harus dilakukan dengan baik agar bisa segera mengonsumsi pakan padat untuk mempercepat pertumbuhan badannya.

 

Pemberian Pakan Awal Pasca Penyapihan

Memasuki minggu ke-8 (bisa juga memasuki awal bulan ke-2) pedet sudah harus diberi pengenalan pada pakan padat seperti calf starter. Pemberian ini digunakan untuk terapi agar pedet tidak terlalu bergantung dengan susu yang berasal dari indukannya. Selain itu, pemberian calf starter juga akan memudahkan proses penyapihan hingga pedet bisa makanan sendiri dan tumbuh menjadi besar. Penyapihan pada pedet bisa dilakukan setelah hewan ini mampu mengonsumsi 0,5-0,7 kg konsentrat per kilogram berat tubuh setiap hari atau jika bobotnya sudah mencapai 60 kilogram.

 

Penetapan Veal Calves pada Pedet

Hingga usia 8-12 minggu pedet akan diteliti apakah bisa digunakan sebagai pejantan atau betina penghasil anak dan susu. Apabila kriteria itu tidak masuk, maka pedet akan dipisah dan digunakan sebagai Veal Calves atau sapi muda yang akan dikonsumsi. Biasanya sapi jenis ini akan mendapatkan pakan yang banyak agar bobotnya naik signifikan. Setelah bobot dirasa cukup, pedet besar ini akan dijual dan digunakan untuk kebutuhan konsumsi daging sapi.

 

Demikianlah penjelasan singkat tentang pakan dan minum anak sapi perah (pedet). Semoga Anda bisa beternak sapi dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Di tag dibawah

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

-----------------------------

INGIN MEMBUKA USAHA TERNAK?

Silahkan pilih program pendidikan dan pelatihan khusus untuk pemula, yang dibagi berdasarkan komoditas ternaknya yaitu :

  1. Ternak Sapi
  2. Ternak Kambing & Domba
  3. Ternak Ayam
  4. Ternak Itik
  5. Ternak Kelinci

 

 UNTUK PETERNAK YANG SUDAH BERPENGALAMAN

Tersedia beberapa program khusus, untuk mengoptimalkan pendapatan usaha ternak yang sedang dijalankan yaitu:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

Semua Tentang Sapi

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang. Mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sekelompok peternak terpanggil untuk mengadakan diskusi tentang peternakan sapi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di PT. Baru Adjak Lembang, pada tanggal 07 April 1976.