TRANSLATE

Pakan Sapi Produk Indonesia Ternyata Diminati Peternak Brunei Darussalam

Di Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, terdapat koperasi yang eksistensinya tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi masyarakat sekitar, khususnya anggota. Koperasi Agro Niaga Jabung (KAN Jabung) Syariah namanya. Berdiri pada 27 Mei, dengan nama Koperasi Unit Desa (KUD) Jabung, sebelum bertransformasi seperti sekarang.

KAN Jabung Syariah mempunyai usaha inti berupa peternakan sapi perah, unit usaha yang memproduksi pakan ternak (konsentrat), serta menyediakan  kebutuhan sarana peternakan lainnya seperti susu pedet, ember perah, milk can (kaleng susu), karpet sapi, dan sebagainya.

Awalnya, produksi pakan ternak sapi merk JABFeedd dari Koperasi KAN Jabung Syariah, hanya untuk mencukupi kebutuhan anggota. Tetapi, seiring perkembangannya juga melayani penjualan kepada  pihak eksternal, bahkan ke pasar international dengan  ekspor perdana ke Brunei Darussalam, pada 30 April 2021, dan terus berlanjut.

Pada 7 Februari 2022, Lima puluh dua ton pakan ternak sapi hasil produksi Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah Jawa Timur yang dimuat dalam dua kontainer tiba lagi di Brunei dan langsung diantarkan ke pembeli dengan pembongkaran kontainer disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI juga berdiskusi dengan para pembeli yang merupakan para pelaku usaha peternakan Brunei guna menjajaki peluang atas produk potensial lainnya dari Indonesia, berupa sarana produksi peternakan dan  pertanian, seperti pupuk, vitamin, mesin pertanian, dan bibit unggul. Untuk itu, KBRI Bandar Seri Begawan senantiasa siap memfasilitasi ekspansi ekspor produk dan jasa pertanian Indonesia ke Brunei Darussalam.

Para pengusaha Brunei juga menaruh harapan dapat mendatangkan domba siap potong asal Indonesia dalam waktu dekat,  guna mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Hari Raya Idul Adha. Bahkan terungkap pula minat mengimpor daging beku asal Indonesia karena cita rasa yang cocok dengan selera masyarakat Brunei.