Pentingnya Kolostrum Bagi Anak Sapi Perah

"Beragam manfaat bisa didapatkan jika anak sapi langsung mendapat kolostrum setelah dilahirkan."

Seperti halnya bayi manusia yang baru lahir, anak sapi perah atau sering disebut pedet juga membutuhkan kolostrum dari induknya. Cairan berwarna agak kekuningan dan kental ini keluar selama kurang lebih 6 hari dan wajib diberikan kepada pedet sapi perah agar nutrisi dan fungsi penting lain dari kolostrum bisa didapatkan secara maksimal.

Apabila kolostrum dari indukan sapi perah tidak diberikan kepada pedet, maka pertumbuhan anakan ini bisa terganggu. Kalau pun bisa tumbuh besar dan menjadi sapi dewasa, kualitas produksi susunya tidak akan maksimal. Itulah mengapa kolostrum sangat penting bagi pedet karena bibit sapi perah ini bisa mendapatkan beragam manfaat yang detailnya bisa Anda baca di bawah ini.


Memiliki Zat Kekebalan Tubuh

Dari setiap kolostrum yang dihasilkan oleh indukan sapi perah, terkandung zat yang bernama immunoglobulin. Zat ini menyebabkan kekebalan tubuh pada pedet berkembang dengan sangat pesat. Jika awalnya anakan hewan sapi ini rawan penyakit seperti infeksi selaput paru-paru, tenggorokan dan gangguan usus, maka setelah memberikan kolostrum masalah itu akan hilang seketika.

Kolostrum membuat usus pada pedet bekerja dengan maksimal. Bagian yang awalnya tidak sempurna akan tertambal dengan baik sehingga menghindari diare yang parah. Selain itu, perbaikan pada usus sapi juga membuat penyerapan sari makanan dari susu yang diminum sapi bisa terserap dengan baik sehingga pedet bisa tumbuh dengan baik sejak hari pertama dan penyakit yang mematikan bisa dihindari.


Membantu Mengeluarkan Mikonium

Seekor pedet yang baru saja lahir biasanya masih memiliki saluran pencernaan yang belum sempurna. Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, pemberian kolostrum akan membuat saluran pencernaan terutama usus bekerja dengan baik. Selain membantu usus bekerja secara maksimal, kolostrum juga membantu pedet dalam mengeluarkan mikonium dari dalam perutnya.

Mikonium adalah kotoran pertama dari sapi yang berwarna hitam kehijau-hijauan. Jika kotoran ini tidak bisa dikeluarkan secara sempurna, penyerapan sari makanan dalam tubuh pedet akan terganggu. Hewan ternak ini akan mengalami gejala penyakit kuning karena kelebihan bilirubin. Pemberian kolostrum secara maksimal akan membuat permasalahan ini segera hilang dan kemungkinan sapi mengalami cacat pada sistem pencernaannya bisa diatasi.


Memberikan Cadangan Energi pada Pedet

Kolostrum yang sangat kental mengandung banyak sekali lemak. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh pedet untuk tambahan energi selama beberapa hari. Sejak lahir, pedet hanya akan minum susu dari induknya, pakan seperti rumput dan konsentrat tidak bisa diberikan karena bisa mengganggu sistem pedet secara menyeluruh. Untuk itu pemberian kolostrum secara maksimal harus dilakukan apa pun keadaannya.

Kolostrum memiliki fungsi nutritif bagi anak sapi atau pedet. Dengan fungsi ini, pedet akan dengan mudah menerima sari makanan tanpa membuatnya harus bersusah payah. Tanpa adanya kolostrum selama beberapa pasca dilahirkan akan membuat pedet cenderung lemas dan kalau keadaan ini tetap dibiarkan bisa membuat risiko kematiannya menjadi besar.

Mendukung Pertumbuhan Organ Dalam Pedet

Selain mengandung cadangan energi berupa lemak yang sangat dibutuhkan oleh sapi. Kolostrum juga mengandung zat penting seperti kalium dan natrium. Zat ini memiliki konsentrasi yang cukup besar sehingga membantu perkembangan organ dalam dari pedet seperti jantung dan otak. Selain dua organ penting itu, sistem saraf dari sapi akan tumbuh dengan maksimal sehingga sistem koordinasinya  berjalan dengan sempurna.


Inilah beberapa hal yang mendasari pentingnya kolostrum pada pedet atau anakan sapi perah. Semoga bisa Anda gunakan acuan sebelum beternak sapi.

Di tag dibawah

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.