Loading...
iden

Kolostrum Adalah Penentu Kualitas Pertumbuhan Anak Sapi, Oleh Sebab Itu Wajib Diberikan Setelah Proses Kelahiran

Beragam manfaat bisa didapatkan jika anak sapi langsung mendapat kolostrum setelah dilahirkan. Seperti halnya bayi manusia yang baru lahir, kolostrum adalah kebutuhan utama untuk anak sapi perah. Cairan berwarna agak kekuningan dan kental ini keluar selama kurang lebih 6 hari dan wajib diberikan kepada pedet sapi perah agar nutrisi dan fungsi penting lain dari kolostrum bisa didapatkan secara maksimal.

Apabila kolostrum dari indukan sapi perah tidak diberikan kepada pedet, maka pertumbuhan anakan ini bisa terganggu. Kalau pun bisa tumbuh besar dan menjadi sapi dewasa, kualitas produksi susunya tidak akan maksimal. Kolostrum adalah zat sangat penting bagi pedet karena bibit sapi perah ini bisa mendapatkan beragam manfaat yang detailnya bisa Anda baca di bawah ini.

 


1. Mengandung Zat Kekebalan Tubuh

Dari setiap kolostrum yang dihasilkan oleh indukan sapi perah, terkandung zat yang bernama immunoglobulin. Zat ini menyebabkan kekebalan tubuh pada pedet berkembang dengan sangat pesat. Jika awalnya anakan hewan sapi ini rawan penyakit seperti infeksi selaput paru-paru, tenggorokan dan gangguan usus, maka setelah memberikan kolostrum masalah itu akan hilang seketika.

Kolostrum adalah zat yang membuat usus pada pedet bekerja dengan maksimal. Bagian yang awalnya tidak sempurna (bocor) akan tertambal dengan baik sehingga menghindari diare yang parah. Selain itu, perbaikan pada usus sapi juga membuat penyerapan sari makanan dari susu yang diminum sapi bisa terserap dengan sempurna sehingga pedet bisa tumbuh dengan maksimal sejak hari pertama dan penyakit yang mematikan bisa dihindari.

 

 


2. Membantu Mengeluarkan Mikonium

Seekor pedet yang baru saja lahir, pencernaannya yang belum sempurna. Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, pemberian kolostrum akan membuat saluran pencernaan terutama usus bekerja dengan baik. Selain membantu usus bekerja secara maksimal, fungsi kolostrum adalah membantu pedet dalam mengeluarkan mikonium dari dalam perutnya.

Mikonium adalah kotoran pertama dari sapi yang berwarna hitam kehijau-hijauan. Jika kotoran ini tidak bisa dikeluarkan secara sempurna, penyerapan sari makanan dalam tubuh pedet akan terganggu. Hewan ternak ini akan mengalami gejala penyakit kuning karena kelebihan bilirubin. Pemberian kolostrum secara maksimal akan membuat permasalahan ini segera hilang dan kemungkinan sapi mengalami cacat pada sistem pencernaannya bisa diatasi.

 

 


3. Memberikan Cadangan Energi pada Pedet

Kolostrum yang sangat kental mengandung banyak sekali lemak. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh pedet untuk tambahan energi selama beberapa hari. Sejak lahir, pedet hanya akan minum susu dari induknya, pakan seperti rumput dan konsentrat tidak bisa diberikan karena bisa mengganggu sistem pedet secara menyeluruh. Untuk itu pemberian kolostrum secara maksimal harus dilakukan apa pun keadaannya.

Fungsi lain kolostrum adalah meningkatkan fungsi nutritif bagi anak sapi atau pedet. Dengan fungsi ini, pedet akan dengan mudah menerima sari makanan tanpa membuatnya harus bersusah payah mencernanya. Tanpa adanya kolostrum selama beberapa saat pasca dilahirkan, akan membuat pedet cenderung lemas, dan kalau keadaan ini tetap dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

 

 

4. Mendukung Pertumbuhan Organ Dalam Pedet

Selain sebagai cadangan energi berupa lemak yang sangat dibutuhkan oleh sapi. Kandungan lain kolostrum adalah zat-zat  penting seperti kalium dan natrium. Zat ini memiliki konsentrasi yang cukup besar sehingga membantu perkembangan organ dalam dari pedet seperti jantung dan otak. Selain dua organ penting itu, sistem saraf dari sapi akan tumbuh dengan maksimal sehingga sistem koordinasinya  berjalan dengan sempurna.


Inilah beberapa hal yang mendasari mengapa kolostrum adalah zat penting bagi pedet atau anakan sapi perah. Semoga bisa Anda gunakan acuan sebelum beternak sapi.

PRODUK TERLARIS

  • Pupuk Hayati Untuk Tanaman Hias

    Penggunaan pupuk kimia yang terus menerus dan berlebihan, dapat mematikan mikroorganisme yang tadinya berada secara alami dalam tanah. Padahal, mikroorganisme tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesuburan tanah guna tumbuh kembang tanaman. Untuk mengembalikan keberadaan mikroorganisme tersebut, anda memerlukan pupuk hayati.

KOMUNITAS PETERNAK

Komunitas Pencinta Sapi Situbondo (KOPESS)

Komunitas adalah pribadi dan kelompok masyarakat pencinta sapi.

JUAL PRODUK SERBA SAPI

  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Dengan 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), kami hanya menawarkan produk-produk pilihan yang berkualitas.

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…