Loading...
iden

Hati-hati Memberikan Pakan Pada Sapi Bali Siapa Tahu Ada Tanaman Hias Yang Beracun Terselip

Sapi Bali membutuhkan pakan hijauan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Yang disebut sebagai pakan hijauan adalah tanaman atau bagian tanaman yang disukai oleh ternak sebagai makanannya, Contohnya adalah jenis rerumputan, kacang-kacangan, dan dedaunan yang tidak termasuk keduanya, bahkan termasuk beberapa jenis tanaman hias seperti Indigofera dan krokot.

Namun jika anda adalah peternak Sapi Bali, berhati-hatilah dengan tanaman hias jenis Lantana. Lantana adalah tumbuhan asli Indonesia yang memiliki beberapa nama, antara lain telekan, saliara, tembelekan, cente manis atau sasahangan.

Lantana ada 2 macam yaitu Lantana acuelata L dan Lantana camara L. Jenis yang kedua banyak tumbuh disemak-semak, ladang atau lahan kering, juga di pematang-pematang sawah. Lantana camara adalah tanaman indikator lahan kritis, karena sangat mudah tumbuh dan mampu beradaptasi di lahan kering.

Lantana camara inilah yang harus diwaspadai, karena termasuk tanaman hias yang beracun, dan kerap termakan oleh sapi Bali yang digembalakan di lokasi tersebut. Akibatnya, Sapi Bali langsung terserang penyakit yang disebut sebagai Bali Ziekte. Peternak biasanya tidak tau jika Sapi Bali peliharaannya telah terkena penyakit ini, karena gejalanya memang tidak begitu terlihat. 

Padahal pada kondisi awal, sapi akan demam, pucat, mata berlendir dan hidung mengalami peradangan. Jika didiamkan bisa menjadi luka-luka dangkal yang tertutup, berupa eksim yang akan mengering kemudian mengelupas menyerupai kerupuk meninggalkan luka semakin dalam

Efek tanaman hias yang beracun ini  akan berlanjut dengan  menyerang bagian-bagian tubuh sapi yang tidak ditumbuhi bulu atau yang bulunya jarang, serta  kulit yang sedikit atau tidak berpigmen yang terus menerus terkena sinar matahari. Seperti pada bagian telinga, muka, punggung, perut, paha bagian dalam, scrotum, dan pantat.

Pada awalnya, luka tampak simetris dibagian kanan dan kiri pada organ yang sama. Kemudian semakin meluas karena dijilat-jilat oleh sapi untuk menghilangkan rasa gatal yang timbul. Ketika luka-luka tersebut terkena panas matahari secara langsung, akan menjadi koreng yang mengelurkan cairan bahkan bernanah.

Dalam waktu sebentar saja akan muncul larva dari lalat yang bertelur pada luka tersebut, keadaan ini tentu saja semakin memperparah keadaan.  Oleh sebab itu, jika Sapi Bali peliharaan anda menunjukan gejala penyakit akibat tanaman hias yang beracun tersebut,  harus langkah cepat dengan memindahkannya ke tempat yang teduh agar terhindar dari paparan panas matahari secara langsung.

Beri air minum dan pakan yang cukup, lebih bagus lagi jika diberi minum air kelapa untuk menetralisir racun dari Lantana camara. Kemudian luka yang timbul diolesi dengan salep dan dijaga kebersihannya agar tidak terjadi infeksi. Jika tidak memungkinkan melakukan penanganan sendiri, segera hubungi Dokter Hewan praktek terdekat.

Referensi :

  • Sinar Tani Edisi 7 13 Januari 2015 No. 3589 Tahun XLV
  • Bahri, S. 1994. Fotosensitisasi dan Penanggulangannya pada Ternak Ruminansia. Wartazoa 3 (2-4) : 13 – 16.

 

 

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Dr. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., Pakar Ternak Yang Banyak Mendapat Piagam Penghargaan Dari Universitas Padjadjaran Bandung

Salah satunya adalah Piagam Penghargaan atas Kemampuan dan Prestasi Akademik, Pengabdian sebagai Dosen dalam Melaksanakan Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Masyarakat Ilmiah, Sehingga Patut Dinyatakan sebagai :”Peserta Karya Ilmiah Terbaik I Kelompok Eksakta Tingkat Universitas Padjadjaran. Sesuai dengan Kputusan Rektor Universitas Padjadjaran tanggal 9 September 2004 Nomor:1241/J06/Kep/KP/2004. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.