Loading...
iden

Radang Paha, Penyakit Menular Pada Sapi Yang Menjadi Momok Para Peternak

Penyakit ini umumnya menyerang ternak sapi berusia muda pada bagian kaki hingga menderita kelumpuhan. Penyakit yang juga dikenal dengan nama Black Leg ini disebabkan oleh infeksi bakteri Clostridium chauvoei. Bakteri ini tergolong dalam jenis gram positif dan bersifat anaerob. Bakteri Cl.chauvoei dapat membentuk spora sehingga memiliki ketahanan terhadap pengaruh fisik maupun kimiawi.

Tidak hanya sapi, bakteri ini juga menginfeksi kambing, dan domba. Bakteri Cl.chauvoei bisa berada di usus, hati, limpa, atau otot hewan-hewan pada umumnya terutama mamalia dan dapat berpindah ke tanah dan menyebar melalui kontaminasi feses dengan air.

Bakteri ini juga bisa terdapat pada jaringan tubuh hewan yang sedang membusuk meski tidak menderita penyakit radang paha. Dengan demikian, penyebab penyakit ini bisa menyebar sangat luas. Penyakit ini pun telah ditemukan hampir di seluruh tempat di penjuru dunia.

 

Penularan dan Gejala Penyakit Menular Radang Paha

Cara penularan penyakit ini diduga terjadi lewat mulut. Spora Cl.chauvoei yang berada di dalam tanah selama bertahun-tahun dalam keadaan tidak aktif akan kembali ke dalam bentuk infektif ketika dikonsumsi oleh hewan ternak yang merumput. Penyakit ini juga bisa menular melalui luka saat terjadi pemotongan tanduk, kastrasi, pencukuran bulu, alat suntik, dan alat-alat yang lain.

Lingkungan peternakan yang kurang higienis juga dapat menjadi faktor penyebab penyebaran penyakit menular ini. Selain itu, pembuangan feses atau bangkai hewan yang terinfeksi Cl.chauvoei di peternakan sapi yang dilakukan secara sembarangan dapat menjadi penunjang terjadinya wabah black leg.

Gejala klinis dari penyakit radang paha yang paling mencolok adalah terjadi peradangan di bagian atas kaki yang meluas secara cepat dan sapi mengalami pincang atau kelumpuhan. Setelah itu terjadi pembengkakan yang cepat menyebar di otot gerak terutama daerah bahu dan paha. Sapi yang terserang radang paha biasanya juga terdengar mendengkur dengan gigi gemertak.

Penyakit menular ini biasanya menyerang sapi muda. Sapi yang terserang akan terlihat lesu dan mengalami kenaikan suhu rektal, terjadi palpasi pada bagian yang bengkak, terasa lunak, panas, dan terdengar suara krepitasi. Bakteri Cl.chauvoei memproduksi gas dalam jumlah besar ketika tumbuh dan bereproduksi. Gas ini kemudian menumpuk di jaringan yang terinfeksi sehingga menimbulkan suara berderak saat ditekan (krepitasi).

Kematian terjadi sekitar 24-48 jam setelah gejala klinis pertama kali terlihat. Maka dari itu sering kali sapi ternak ditemukan mati mendadak. Bangkai sapi atau hewan lain yang terkena black leg akan mengalami pembusukan dengan sangat cepat, kaki-kakinya menjulur dan kaku, mulut berbusa, bagian anus dan hidung mengeluarkan darah, dan terdapat pembengkakan di bawah kulit yang apabila dibuka akan terdapat cairan dan gas.

 

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Menular Radang Paha

Upaya pengobatan hewan ternak dari penyakit radang paha umumnya dilakukan dengan memberikan penisilin sebanyak 4.000-8.000 IU per kilogram berat badan hewan. Namun tingkat keberhasilannya tergolong rendah. Pada hewan ternak yang berhasil sembuh pun jaringan yang sebelumnya terinfeksi akan mengelupas. Di negara maju, apabila terdapat ternak yang terserang  penyakit menular radang paha, umumnya akan langsung dibunuh dan dikubur/dibakar.

Maka dari itu perlu dilakukan upaya pengendalian dan pencegahan penyebaran penyakit ini. Beberapa langkah yang bisa dilakukan yaitu: memindahkan hewan dari padang rumput ke kandang yang memiliki sistem pembuangan kotoran yang baik, melakukan vaksinasi terhadap sapi terutama sapi muda sampai usia 8 bulan, dan semua hewan secara serentak diberi suntikan pencegahan dengan menggunakan penisilin dan benzantin penisilin. Satu kali vaksinasi dapat melindungi sapi ternak dalam jangka waktu yang relatif lama.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Teguh Boediyana, Tokoh Pembela Peternak Yang Mirip Sekali Dengan Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Bung Karno penyambung lidah rakyat indonesia? Jika suatu saat anda bertemu dengan sosok berseragam lengkap mirip presiden pertama Republik Indonesia tersebut, dapat dipastikan bahwa beliau adalah Teguh Boediyana. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.