Loading...
iden

Tak Perlu Khawatir, Keguguran Pada Sapi Bisa Dicegah Menggunakan Vaksin

Selain penyakit kudis, ada lagi satu jenis penyakit yang sangat merugikan peternak yaitu Penyakit Bovine Genital Campylobacteriosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Campylobacter feotus. Pada sapi betina, bakteri ini adalah penyebab mandul, kematian embrio dan keguguran. Sedangkan pada sapi jantan, sifat infeksinya adalah permanen dan biasanya menyerang di usia 3 tahun.

Daging sapi mengandung protein yang akan melengkapi kebutuhan gizi manusia. Sebagai sumber protein hewani, daging sapi sudah seharusnya ada di menu makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun kenyataannya, hal ini tidak dapat dilakukan oleh hampir sebagian besar penduduk karena harganya yang cukup mahal.

Selain melakukan impor daging sapi, pemerintah juga melakukan usaha penggemukan sapi serta peningkatan populasi sapi. Salah satu upayanya ditempuh dengan memperbaiki sistem reproduksi ternak sapi melalui inseminasi buatan (IB). Seiring perkembangan zaman, teknologi IB telah dikenal secara meluas oleh peternak, baik sapi potong maupun sapi perah.

Dalam pelaksanaan upaya efisiensi reproduksi pada ternak sapi, seperti IB, peternak perlu memerhatikan manajemennya seperti memastikan benih bebas dari penyakit menular. Ada satu penyakit yang menyerang sistem reproduksi sapi jantan maupun betina yang berlangsung melalui perkawinan alami maupun kontak tidak langsung, yaitu Bovine Genital Campylobacteriosis atau biasa disebut dengan vibroiosis.

Untuk kontak tidak langsung, terjadi saat semen dari sapi jantan penderita digunakan dalam pelaksanaan inseminasi buatan. Bakteri Campylobacter feotus penyebab mandul pada sapi, berbentuk spiral dan termasuk bakteri gram negatif. Bakteri ini dibedakan menjadi 3 subspesies yakni C.fetus, C.fetus intestinalis, dan C.fetus jejuni. Dari ketiganya, hanya C.fetus yang sering ditemukan pada ternak sapi dan menyebabkan keguguran.

Campylobacter sp. tidak bertahan hidup lama di bawah sinar matahari dan terkena disinfektan. Selaput lendir alat kelamin sapi betina, kulup sapi jantan beserta semennya menjadi habitat yang sangat disukai bakteri Campylobacter.

Bakteri yang menginfeksi sapi tidak mengakibatkan daya rusak mencolok di jaringan tubuh penderitanya. Dengan demikian, pemillik peternakan sapi mungkin saja baru mengetahui adanya infeksi ini ketika ditemukan hewan yang telah mati.

 

 

Gejala Penyakit Penyebab Keguguran Pada Sapi

Pemeriksaan secara berkala perlu dilakukan untuk menemukan gejala awal vibriosis seperti:

  • Infertilitas atau ketidaksuburan; Ditandai dengan catatan inseminasi sapi betina yang kawin berulang namun tidak terjadi pembuahan. Selain itu juga melihat tingkat kehamilan sapi betina, jika rendah, maka sapi tersebut bisa dicurigai menderita Bovine Genital Campylobacteriosis.
  • Terjadi keguguran pada usia muda saat sapi bunting. Tidak hanya itu, beberapa kasus menunjukkan adanya peradangan ringan pada endometrium sapi.
  • Calving internal; Tanda yang muncul berupa siklus estrus yang tidak teratur.

Dari sekian gejala awal yang terlihat di sapi betina, hal itu tidak berlaku bagi sapi jantan. Pejantan yang bertindak sebagai pembawa (carrier) penyakit penyebab keguguran, tidak menunjukkan gejala apapun, bahkan hewan ini tampak sehat. Deteksi vibriosis baru terlihat jika alat reproduksi pejantan diperiksa di laboratorium untuk kemudian diisolasi.

 

 

Pengobatan Penyakit Penyebab Keguguran Pada Sapi

Pengobatan sapi penderita Bovine Genital Campylobacteriosis dilakukan dengan memberi antibiotik, yaitu penstrep dan streptomisin dengan cara injeksi serta infuse intra-uterine pada sistem reproduksinya.

Antibiotik ini dilakukan satu kali setelah ditemukan gejala awal dan diberikan kembali sebelum memasuki musim kawin. Namun mengingat kemunculan tanda awal tidak terlihat dengan mudah, upaya pencegahan lebih baik dilakukan oleh pemilik peternakan.

 

 


Penyakit Penyebab Keguguran Pada Sapi Dapat Dicegah

Pencegahan dilaksanakan dengan memberi vaksin pada sapi sehat. Tidak hanya itu, pelaksanaan inseminasi buatan juga harus bersih atau bebas penyakit. Pemeliharaan hewan ternak memang tidak cukup pada pemberian makanan saja, namun juga kebersihan kandang serta pemeriksaan kesehatan secara berkala. Dengan demikian, pertumbuhan hewan ternak di Indonesia semakin pesat demi memenuhi standar gizi masyarakat.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.
kandang sapi Adikelana Adiwoso

Adikelana Adiwoso: Dari Kantor Mewah Kini Berkutat di Kandang Sapi

Bisnis memang identik dengan keberanian mengambil keputusan, sekalipuan terdengar ‘tidak enak’ pada awalnya. Pengalaman ini pula yang sempat dirasakan oleh Adikelana Adiwoso, pendiri PT Juang Jaya Abadi Farm (JJAF). Sebelum akhirnya sukses mengelola kandang sapi miliknya sendiri, ia harus mengambil keputusan berani untuk mundur dari jabatan mentereng di sebuah perusahaan konglomerat Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.