Penyakit "SCABIES"

"Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal?"

Atau bahkan menggigiti bagian-bagian tertentu pada tubuhnya? Apabila demikian, kemungkinan besar sapi tersebut sedang terserang kudis (scabies), yaitu jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh hewan tungau.

Kudis termasuk salah satu penyakit yang sangat mudah menyebar. Penyebarannya terjadi melalui hewan perantara seperti nyamuk dan lalat atau melalui kontak langsung dengan hewan yang terkena. Selain itu, penularan kudis sebenarnya tidak hanya terjadi dari hewan ke hewan yang lain, tetapi juga dari hewan ke manusia, dan dari manusia ke manusia lain.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penyakit ini membawa dampak buruk berupa wabah yang bisa cepat meluas. Apabila dilihat secara kasatmata, tungau yang terdapat pada tubuh ternak sapi tidak selalu terlihat karena pergerakannya dilakukan di bawah lapisan kulit sehingga menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Apabila bagian yang gatal itu terus-menerus digosok-gosokkan ke kandang, maka akan menimbulkan kerontokan pada bulu-bulu sapi.

Tidak hanya itu, kulit ternak sapi juga akan mengelupas sehingga terbentuk kerak berwana abu-abu, luka, dan bahkan pada kasus yang parah, luka tersebut akan mengeluarkan nanah. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, penyakit tersebut juga dapat menyebabkan kematian.

Para pelaku usaha di bidang peternakan, khususnya ternak sapi baik sapi potong maupun sapi perah, selalu berusaha untuk meminimalkan datangnya penyakit di peternakan sapi mereka. Walaupun tidak tergolong penyakit yang berbahaya, keberadaan kudis cukup meresahkan. Beberapa faktor yang dapat memicu penyebaran kudis pada sapi adalah sebagai berikut:

  • Kebersihan sapi dan kandang.
  • Intensitas cahaya di kandang.
  • Kontak dengan ternak lain, seperti kambing dan domba.
  • Banyaknya lalat di sekitar kandang sebagai salah satu hewan penyebar tungau.

 

Oleh karena itu, untuk menanggulangi kudis pada ternak sapi, berikut ini adalah usaha-usaha pencegahan yang perlu Anda lakukan.

  • Untuk menjaga kebersihan tubuh sapi sekaligus mengurangi kemungkinan adanya tungau yang menempel di tubuh sapi, maka sapi perlu dimandikan setiap hari.
  • Kandang sapi juga harus sering dibersihkan supaya lalat tidak mudah datang dan beterbangan di sekitar kandang untuk membawa tungau.
  • Kondisi kandang sebaiknya dibuat dengan jumlah aliran udara dan intensitas cahaya yang cukup tinggi. Kandang yang lembap menyebabkan tungau lebih mudah berkembang biak.
  • Sapi yang sudah terserang kudis harus dijauhkan (diisolasi) supaya kudis yang diderita tidak menyebar pada sapi-sapi yang masih sehat.
  • Untuk mengurangi risiko penularan kudis ke manusia, sebaiknya lokasi kandang dibuat berjauhan dari tempat tinggal.
  • Pemotongan sapi penderita kudis untuk diambil dagingnya tetap bisa Anda lakukan dengan terlebih dahulu membuang dan memusnahkan bagian kulit yang rusak lalu membakarnya.

 

Pengobatan pada kudis ternak sapi dapat Anda lakukan melalui dua cara, yaitu pengobatan medis dan tradisional. Pengobatan medis pada kudis sapi biasanya dilakukan oleh dokter hewan melalui suntik Ivermectin. Sementara itu, pengobatan tradisional dapat Anda lakukan dengan cara menggosokkan minyak kelapa yang sudah dicampur dengan kapur barus pada bagian yang terkena kudis.

Bahan lain yang juga bisa Anda gunakan adalah campuran serbuk belerang dengan kunyit dan minyak kelapa yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Sebelum melakukan pengobatan, pastikan bahwa sapi sudah dalam keadaan bersih atau sudah dimandikan supaya kulit yang diobati berada dalam kondisi steril, tidak terkontaminasi kotoran.

Sampai saat ini, kudis masih menjadi wabah yang menghantui para peternak sapi. Keberadaan penyakit ini  juga menyebabkan menurunnya tingkat produktivitas hasil ternak. Semoga penjelasan tentang kudis pada ternak sapi beserta cara penanggulangannya di atas dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi permasalahan pada peternakan Anda.

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

  • Sapi Milking Shorthorn Sapi Milking Shorthorn
    "Ternak sapi ini aslinya berasal dari Inggris, dengan ciri bertanduk pendek dan termasuk ras yang dapat menghasilkan daging dan susu."

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang.