Loading...
iden

Tikus Kecil Ataupun Besar Adalah Pembawa Utama Penyakit "LEPTOSPIROSIS" Pada Sapi

Seperti halnya Masuk Angin Perut Kembung, penyakit Leptospirosis lebih dikenal sebagai penyakit yang menjangkiti manusia daripada hewan ternak, namun demikian peternak sapi harus tetap waspada. Hampir semua hewan ternak mudah terserang penyakit ini, namun sapi lebih kerap terjangkit daripada hewan ternak lainnya. Rodentia atau hewan pengerat seperti tikus kecil ataupun besar, adalah pembawa utama Leptospirosis.

Penyebabnya adalah bakteri bernama Leptospira sp. dari famili Leptospiraceae, yang bersifat zoonosis, artinya dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan sebaliknya.

Bakteri Leptospira sp. yang bersifat aerobik dan motil (bisa bergerak) memiliki ukuran 6-20 mm dengan diameter 0,1-0,2 mm. Beberapa spesies bakteri ini yang cukup sering menjadi penyebab Leptospirosis adalah L. pomona, L. grippotyphosa, dan L. hardjo. Anggota spesies ini dikelompokkan secara serologis menjadi serovar dan diperkirakan ada ± 175 serovar.

 

Penularan dan Gejala Penyakit Leptospirosis yang Dibawa oleh Tikus Kecil ataupun Besar

Penularan Leptospirosis terjadi begitu cepat terutama saat terjadi hujan atau banjir, sebab air yang sering dilewati oleh tikus kecil ataupun besar, menjadi media utama penyebaran penyakit ini. Bakteri Leptospira dapat bertahan hingga beberapa minggu di lingkungan lembap.

Dengan demikian, kemungkinan Leptospirosis pada hewan ternak sangat berpengaruh pada kondisi lingkungan peternakan. Salah satu spesies, L. hardjo, yang menjangkit sapi potong bahkan diketahui memiliki prevalensi tinggi di dalam tubuh ketika tanah di peternakan sapi becek.

Gejala Leptospirosis pada sapi terbagi menjadi 2 fase, yaitu:

  • Fase akut; Apabila hewan ternak mengalami infeksi berat, beberapa gejala yang muncul adalah penurunan kondisi badan, produksi susu sapi perah, dan nafsu makan lalu diikuti anemia, demam, dan anoreksia. Abortus dapat terjadi pada sapi bunting dan parahnya lagi infeksi pada sapi berusia muda lebih berat dibandingkan infeksi pada sapi dewasa.
  • Fase kronis; Sapi bunting yang terinfeksi akan melahirkan anak sapi dengan kondisi lemah dan muncul cairan keruh dari alat kelamin. Selain itu, saat induk sapi berada dalam kondisi menyusui, warna air susu menjadi kuning dan terdapat gumpalan.

Patogenesis Leptospirosis pada sapi dimulai sejak Leptospira masuk serta berkembang dalam darah dengan masa inkubasi 4 sampai 10 hari. Kemudian bakteri Leptospira keluar melalui air susu dan mulai terjadi kerusakan ginjal.

Pada 5 – 10 hari berikutnya akan terbentuk antibodi di dalam sirkulasi darah dan bakteri menetap di beberapa organ tubuh. Kemudian Leptospira menetap di uterus sehabis masa infeksi dan akan menular ke fetus. Feses yang dikeluarkan sapi telah mengandung bakteri Leptospira yang dapat menularkan ke manusia ataupun hewan lain saat terjadi kontak langsung.

  

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Leptospirosis yang Dibawa oleh Tikus Kecil ataupun Besar

Seperti yang telah dituliskan di atas bahwa infeksi pada sapi muda lebih berat daripada sapi dewasa, maka perawatannya akan berbeda. Sapi dewasa penderita akan sembuh dengan sendirinya. Namun lain halnya dengan sapi muda, perlu diberikan antibiotik untuk memutus siklus hidup Leptospira. Beberapa antibiotik guna mengurangi infeksi persistensi adalah chlortetracycline, streptomycin, dan oxytetraxycline.

Untuk upaya pencegahan infeksi pada ternak sapi dapat dilakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Memusnahkan atau dekontaminasi semua fetus abortus, ekskreta serta membrane fetus.
  • Menjaga air minum hewan ternak agar tidak terkontaminasi dengan urine hewan yang terinfeksi.
  • Menyingkirkan daerah lumpur.
  • Melakukan pemeriksaan secara berkala pada semua hewan di peternakan.
  • Memisahkan hewan bunting dan tidak bunting.

Usaha pencegahan bisa dilakukan pada sapi sehat yang tidak terjangkit, yakni dengan memberikan vaksin enam bulan sekali maupun satu tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh dari penyakit. Kemudian upaya yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan peralatan makan dan kandang dengan ketat.

Demikian informasi singkat mengenai penyakit Leptospirosis yang dibawa oleh tikus kecil ataupun besar dan menular pada hewan ternak sapi. Semoga bermanfaat.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Dr. Ir. Rochadi Tawaf, MS., Pakar Sosial Ekonomi Dari Universitas Padjadjaran Bandung Yang Sangat Peduli Dengan Nasib Peternak

Rochadi Tawaf memang terkenal sebagai aktifis di organisasi profesi, sejak ia masih menjadi mahasiswa jenjang S-1 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung. Bahkan dipercaya untuk menjabat Ketua Senat Mahasiswa. Suatu hari Rochadi diundang oleh suatu organisasi profesi untuk melakukan kegiatan di bidang peternakan. Sejak saat itulah ia mulai berpikir akan dunia dan masa depan bidang yang ia geluti. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.