Loading...
iden

Obat Sakit Mata Yang Ampuh Untuk Sakit Mata Merah dan Bengkak Pada Sapi

Banyak peternak mencari informasi tentang obat sakit mata yang ampuh untuk sapi peliharaan mereka yang terkena penyakit tersebut. Namun tidak semua jenis penyakit mata bisa disembuhkan dengan obat yang  sama. Maka dari itu peternak sapi harus mempelajari gejala-gejala yang tampak, sehingga tidak terjadi kesalahan pada saat memberikan obatnya.  Salah satu penyakit mata yang umum menyerang sapi adalah Pink Eye.

 

Pink eye berawal dari iritasi pada mata yang disebabkan oleh kibasan atau gesekan ekor, bisa juga karena rumput dan debu. Setelah itu matanya tampak lembap, ada pembengkakan dan pembekuan darah yang terkontrol oleh mengerutnya pembuluh darah, sapi tampak menghindari cahaya dengan menutupi matanya, keluar air mata berlebihan, kemudian matanya menjadi keruh.

Memberikan antibiotik sebagai obat sakit mata yang ampuh untuk penyakit pink eye cukup efektif jika masih dalam tahap ringan. Akan tetapi untuk yang sudah akut membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara pengobatan lain yang dapat dilakukan pada sapi yang terkena sakit mata:

  • Pemberian salep mata langsung pada mata yang sakit, memakai sulfathiazole 5%, zinc sulfat 2,5%, salep bacitrasin (R282), atau campuran anti bakterial lokal dan anestesial lokal.
  • Mengoleskan salep tetracycline atau oritromycin 3 sampai 4 kali sehari.
  • Menginjeksikan oxytetracycline dengan dosis 10-20 mg per kg berat badan sapi.
  • Obat obat sakit mata yang ampuh lainnya adalah furazone powder atau LA 200.

 

Pink eye sangat merugikan peternak sapi karena berat badan sapi yang terkena pink eye akan menurun, susu sapi yang terkontaminasi harus dibuang, penurunan harga jual sapi, dan pengeluaran tambahan untuk biaya pengobatan. Maka dari itu peternak sapi harus mempelajari gejala dan cara penanggulangan penyakit ini.

Penyakit pink eye pada sapi disebabkan oleh bakteri Moraxella bovis yang bersifat hemolitik. Bakteri ini bisa saja terdapat pada mata sapi yang terlihat sehat. Bakteri ini juga bisa terbawa oleh vektor, misalnya lalat, dari satu hewan ke hewan lain.

Pink eye menyerang semua tingkatan usia sapi tapi sapi muda lebih rentan terkena penyakit ini. Pada saat musim panas atau kemarau, sakit mata merah dan bengkak ini lebih mudah terjadi, karena pada saat itu terdapat banyak debu dan populasi lalat meningkat.

Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Kontak tidak langsung melalui vektor yang bersentuhan dengan sekresi mata yang berasal dari hewan yang terinfeksi atau melalui percikan air yang tercemar bakteri M.bovis.

Faktor lingkungan lain yang membuat sapi ternak rentan terkena penyakit pink eye adalah sapi sedang dalam keadaan lelah karena menempuh perjalanan jauh, perubahan cuaca yang mendadak, populasi sapi yang terlalu padat dalam sebuah kandang, dan rendahnya kualitas pakan.

Sapi dengan jumlah pigmen yang rendah pada kelopak matanya lebih rentan terhadap penyakit ini karena lebih sensitif terhadap ultraviolet. Contoh sapi yang berpigmen rendah pada kelopak matanya adalah sapi Hereford, Holstein, dan Shorthorn. Masa inkubasi bakteri penyebab sakit mata merah dan bengkak ini biasanya selama 2-3 hari, ada juga kasus yang lamanya hingga 3 minggu.

Namun demikian, penyakit ini tergolong self-limiting disease yang dapat sembuh dengan sendirinya. Sapi yang terinfeksi akan menunjukkan tanda kesembuhan pada hari ke 10-15 dan sembuh total pada hari ke 25-50.

Adapun upaya pencegahan penyebaran penyakit ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang, menjaga kualitas pakan sapi, memilih lokasi penggembalaan yang minim paparan ultraviolet, dan mengatur populasi sapi dalam kandang agar tidak terlalu padat.

Membatasi jumlah lalat yang masuk ke kandang juga bisa dilakukan dengan memasang perangkap atau obat anti serangga. Jika terdapat sapi yang terindikasi terkena penyakit ini maka perlu dilakukan karantina dan diobati sampai sembuh.

Walaupun sudah ada beberapa obat sakit mata yang ampuh, vaksin untuk sakit mata merah dan bengkak yang ada saat ini dinilai masih belum efektif mencegahnya.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Muhammad Sholeh, Tukang Tambal Ban yang Menjadi Contoh Pengusaha Sukses Di Bidang Peternakan Sapi

Tidak ada yang bisa menebak nasib seseorang. Tak ada pula yang bisa menentukan secara pasti rejeki seseorang. Namun, satu hal yang pasti kerja keras adalah resep mujarab untuk menjadi contoh pengusaha sukses. Hal ini pun telah pula dibuktikan oleh Muhammad Sholeh. Pria paruh baya yang dulu berprofesi sebagai tukang tambal ban itu, kini menjelma menjadi peternak sapi sukses Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.