Loading...
iden

Cara Merawat Bayi Sapi (Pedet) Sebelum Dan Sesudah Kelahiran

Peternak harus memiliki kemampuan merawat bayi sapi (pedet) mulai dari kandungan hingga proses kelahiran. Karena, tingkat kematian anak sapi perah (pedet) cukup tinggi, bisa mencapai 10% dari jumlah kelahirannya dalam setahun. Jumlah ini bisa saja meningkat atau menurun. Semuanya tergantung dari kemampuan peternak sapi perah dalam memberikan perlakuan terbaik kepada pedet, mulai dari kandungan hingga kemudan lahir.

 

Pemeliharaan Sapi Perah Bunting

Bagaimana jenis dan jumlah pakan yang harus diberikan?

  • Pedet yang sehat akan lahir dari induk bunting yang memperoleh pakan dengan asupan gizi yang cukup. Pakan dengan kandungan protein tinggi adalah yang paling disarankan untuk diberikan kepada induk sapi yang sedang bunting. Penambahan molase pada pakan juga direkomendasikan untuk menambah bobot sapi.
  • Sapi yang sedang bunting harus terus dijaga dalam kondisi kenyang. Hal ini akan membantu produksi susu yang melimpah dan perkembangan tubuh pedet di dalam kandungan secara optimal. Asupan air minum yang bersih juga sangat penting untuk selalu tersedia di dalam kandang.

 

Sanitasi

  • Sapi yang sedang bunting sangat membutuhkan kondisi yang relatif hangat dan bersih. Peternak harus selalu memastikan kandang dalam kondisi kering dan tidak pengap. Tubuh sapi perah yang bunting harus dimandikan sekali setiap pagi dengan campuran air bersih dan antihama ringan.

 

 

Kandang

  • Ketika sapi perah betina telah dipastikan berada dalam kondisi bunting, maka peternak harus menyediakan ruangan kandang yang lebih luas. Peternak bisa memindahkan sapi yang sedang bunting ke kandang khusus. Pastikan juga kandang yang akan digunakan jauh dari kebisingan dan gangguan lainnya.

 

 

Olahraga

  • Peternak dapat membawa sapi yang sedang bunting ke lahan terbuka, dan membiarkannya bergerak di alam lepas selama 1 sampai 2 jam. Sebaiknya peternak melakukan hal ini secara rutin. Tujuannya, selain akan memberikan kesempatan bagi sapi perah meperoleh udara dan sinar matahari, gerakan di ruang terbuka akan melancarkan peredaran darahnya. Tubuh sapi bunting akan semakin siap dan sehat hingga menyambut persalinan.

 

 

Cara Merawat Bayi Sapi (Pedet) dan Teknis Pemeliharaan Setelah Lahir

Jelang waktu persalinan, sapi perah bunting harus ditempatkan di kandang yang bersih, kering, dan hangat. Alasi lantainya dengan jerami kering yang bersih. Selain itu, lokasi kandang persalinan dijauhkan dari kandang lainnya. Tatkala pedet lahir, peternak harus segera melakukan beberapa tahapan penting berikut ini.

 

1. Memastikan Pedet Bernapas dan Sehat

Pastikan tidak terdapat lendir yang menyumbat mulut, hidung dan saluran pernapasannya. Jika pedet tampak belum atau kesulitan bernapas, berikan bantuan dengan menggerakkan kaki bagian depannya. Lalu keluarkan lidahnya serta membersihkan rongga mulutnya dari lendir dengan menggunakan jari telunjuk. Langkah selanjutnya adalah menjaga agar tali pusat bersih dan tidak mengalami pendarahan. Caranya, peternak dapat mengoleskan larutan iodin 7% kepada potongan tali pusat agar steril, lalu mengikat potongan tersebut.

 

 

2. Membersihkan dan Menghangatkan Tubuh Pedet

Cara merawat bayi sapi (pedet) yang baru lahir, yang utama adalah  harus segera dibersihkan tubuhnya. Biarkan induknya menjilati tubuh pedet, sehingga lendir pada tubuhnya lekas bersih. Peternak dapat membantu dengan menaburkan sejumput garam ke permukaan tubuh pedet, agar induknya menjilati tubuh anaknya.

 

 

3. Pakan dan Minum Pedet

Kurang lebih satu jam setelah lahir, pedet perlu segera mengonsumsi kolostrum. Konsumsi kolostrum harus berlanjut hingga 4 hari. Perut pedet belum berkembang sempurna. Untuk itu, dari hari ke-4 hingga disapih, peternak bisa memilih untuk memberikan pakan berupa susu murni, kolostrum asam, susu pengganti, atau susu afkiran. Pemberian pakan bagi pedet harus diberi berdasarkan perhitungan bobot tubuhnya. Peternak dapat mulai menghentikan pemberian susu setelah dia mampu mengonsumsi konsentrat calf starter 0,5 kg/ekor per hari atau jika pedet telah berusia 1 sampai dengan 2 bulan.

Cara merawat bayi sapi (pedet) dan perlakuannya sebelum dan sesudah lahir ini dapat diaplikasikan dengan penyesuaian terhadap kondisi ternak yang dimiliki. Beternak sapi perah dapat dikatakan sukses apabila tingkat kematian pedet rendah, serta pertumbuhan anak sapi perah berlangsung optimal.

Artikel terkait

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Ir. Pius P. Ketaren, M.Sgr.Sc, PhD., Pakar Unggas Yang Tetap Setia Membimbing Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Sebelum diangkat sebagai Peneliti di Balai Penelitian Ternak pada tahun 1977, yang bersangkutan bekerja sebagai pegawai Kartika Poultry Farm di Ciawi pada tahun 1970-1973, sebagai pegawai P.T Hidon Poultry Breeding Farm di Bogor dari tahun 1974-1977. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:
Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Try Bone Carving to Complete Your Traveling in Bali

Its natural beauty and unique culture make Bali become one of the most famous and popular tourist destinations in the world. This island of gods is always crowded with visitors and tourists all over the year. Besides its culture and nature, the arts also become one of the tourist attractions in Bali. From dances, paintings, sculptures, and carvings. For you who love carvings, you should try bone carvings when you are traveling to Bali, especially to Tampak Siring.