Perlengkapan Yang Harus Tersedia Pada Konstruksi Bangunan Kandang Sapi Potong

Membangun kandang bukan sekadar menyediakan tempat berlindung dari panas atau hujan. Konstruksi bangunan kandang melibatkan berbagai aspek, baik sarana maupun prasarana pendukungnya. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan kandang sapi potong yang dibutuhkan untuk mendukung dan mengoptimalkan usaha penggemukan sapi.

 

 

1. Palung untuk Wadah Pakan dan Air

Palungan merupakan wadah pakan dan air yang bisa dibuat dari kayu atau campuran semen. Untuk memaksimalkan fungsinya, buatlah palungan menjadi dua kolom untuk memisahkan tempat makanan dan air, dengan proporsi wadah air lebih kecil dari wadah pakan.

Ukuran palungan mengikuti panjang konstruksi bangunan kandang (untuk kandang kelompok) atau sekitar 60cmx40cmx50cm untuk kandang individu. Penyediaan palung difungsikan untuk mengefisienkan pemberian pakan & menjaga kebersihan kandang, sebab jika hanya diletakkan di lantai, makanan akan berserakan dan lebih banyak terbuang, selain itu  kandang juga menjadi lebih cepat kotor.

 

 


2. Saluran Drainase

Saluran drainase atau selokan sejak awal perlu dimasukkan dalam rancangan konstruksi bangunan kandang, untuk mengalirkan kotoran ke tempat penampungan. Saluran ini dibuat di sisi belakang, tempat sapi membuang kotorannya. Panjang selokan disesuaikan dengan panjang kandang, dengan lebar sekitar 30-40cm dan kedalaman 5-10cm.

Untuk dapat mengalirkan air dan kotoran ke saluran drainase, lantai harus dibuat agak miring sekitar 5° ke arah selokan. Sebagai contoh, ketinggian lantai bagian depan dan belakang, dengan jarak sekitar 1,5m memiliki perbedaan ketinggian sekitar 5cm.

 

 

3. Tempat Penampungan Kotoran

Limbah kotoran sapi dalam jumlah besar tidak bisa dibuang atau dibiarkan begitu saja karena akan menimbulkan bau dan menjadi sumber penyakit. Untuk itu perlu disediakan wadah penampungan khusus yang berfungsi untuk menyimpan, membusukkan, dan mengeringkan feses sapi hingga menjadi kompos.

Adapun limbah cair dari urine sapi dan sisa pembersihan kandang juga bisa dialirkan ke digester gas untuk diolah menjadi biogas. Wadah penampungan ini biasanya diposisikan di belakang konstruksi bangunan kandang atau di luar lahan, disesuaikan dengan tipe dan model kandang sapi potong

 

 

4. Gudang Pakan

Gudang pakan perlu disiapkan untuk menyimpan berbagai jenis bahan pakan khususnya pakan konsentrat. Untuk itu, pastikan bahwa gudang selalu dalam keadaan bersih, memiliki aliran udara yang baik dan tidak lembab. Hal ini penting untuk menghindari datangnya serangga dan binatang pembawa penyakit dan tumbuhnya jamur di bahan pakan yang disimpan di gudang tersebut.  

 

 

5. Peralatan Kandang

Kebersihan kandang adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan sapi. Usahakan agar kandang selalu kering dan tidak terdapat genangan-genangan air untuk menghindari berkumpulnya lalat atau binatang lainnya yang bisa mengganggu dan membawa penyakit bagi sapi.  

Untuk itu peralatan kebersihan yang harus disediakan untuk mendukung kebersihan kandang di antaranya adalah ember, sapu lidi, sikat, selang, tali, dan sekop. Selain alat kebersihan, perlu disediakan juga beberapa peralatan pendukung makan sapi, seperti arit untuk memotong pakan hijauan dan garpu untuk meratakan dan merapihkan makanan.

Jika berbagai urusan perkandangan sapi potong telah selesai, Anda sudah bisa mulai memesan bibit bakalan dan menyiapkan pakan untuk memulai proses pemeliharaan. Selamat beternak sapi potong dan semoga sukses.

Di tag dibawah

Artikel terkait

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...